Belajar Terminal #8 : Cara Memindahkan File Menggunakan Terminal

February 2, 2018

Belajar Terminal #8 Cara Memindahkan File Menggunakan Terminal

Cara Memindahkan File Menggunakan Terminal

Pada bagian sebelumnya kita sudah belajar bagaimana caranya menggandakan dan mengubah nama sebuah file. Pada tutorial Belajar Terminal kali ini, kita akan belajar bagaimana caranya memindahkan file dari sebuah folder ke folder lainnya.

Untuk memindahkan sebuah file dari sebuah folder ke folder yang berbeda, kamu bisa melakukannya dengan menggunakan perintah mv, sama seperti perintah yang digunakan untuk mengubah nama sebuah file.

Alasan kenapa pada tutorial sebelumnya perintah ini juga bisa digunakan untuk mengubah nama sebuah file adalah sebenarnya perintah mv ini membuat sebuah duplikat sebuah file dengan nama file yang baru, dan kemudian menghapus file asalnya.

Begitulah cara kerja perintah mv.

Untuk memindahkan file dengan menggunakan perintah mv sebenarnya cukup mudah, hampir sama dengan perintah cp. Hanya saja pada perintah cp file dasarnya tidak hapus, sedangkan pada perintah mv file dasarnya akan dihapus.

Misalnya kamu memiliki sebuah file bernama “footer.php” dan sebuah folder bernama “folder1” yang memili sub folder bernama “sub” seperti gambar di bawah:

Melihat Isi Folder Menggunakan Terminal

Melihat Isi Folder Menggunakan Terminal

Kamu bisa memindahkan file “footer.php” ke dalam sebuah sub folder dari “folder1” yang bernama “sub” dengan menggunakan perintah berikut :

mv footer.php folder1/sub

Dengan menjalankan perintah di atas, file bernama “footer.php” tersebut akan dipindahkan ke folder “sub” yang ada pada folder “folder1” tersebut.

Untuk memastikan apakah file tersebut sudah berpindah kamu dapat memeriksanya dengan menggunakan perintah ls seperti gambar berikut:

Cara Memindah Sebuah File Menggunakan Terminal

Cara Memindah Sebuah File Menggunakan Terminal

Pastikan file yang kita pindahkan sebelumnya sudah berhasil berpindah ke folder “sub” tersebut seperti pada gambar di atas.

Selanjutnya, jika kamu ingin mengembalikan file tersebut dari sub folder “sub” yang berada pada folder “folder1” ke folder dimana kamu berada saat ini (semula), kamu bisa melakukannya dengan menggunakan perintah:

mv folder1/sub/footer.php .

Tanda titik “.” pada perintah tersebut merepresentasikan folder dimana kamu sedang berada saat ini. Kemudian periksa kembali apakah folder tersebut berhasil berpindah dengan menggunakan perintah ls seperti gambar di bawah ini:

Cara Memindahkan File ke Folder Saat Ini

Cara Memindahkan File ke Folder Saat Ini

Pastikan file bernama “footer.php” sudah kembali folder kamu berada saat ini seperti pada gambar di atas. Pada contoh kasus di atas, folder kamu berada saat ini adalah direktori Home.

Sebenarnya, kamu juga bisa memindahkan sebuah file secara langsung ke direktori Home dengan cara yang lebih mudah, kamu bisa melakukannya dari direktori mana saja, yaitu dengan menggunakan tanda cacing (~) sebagai representasi dari direktori Home.

Misalnya pada pada folder “sub” yang merupakan sub folder dari “folder1” masih terdapat sebuah file bernama “footer.php” seperti sebelumnya. Kamu dapat memindahkan file tersebut langsung ke direktori Home dengan menggunakan perintah seperti berikut:

mv folder1/sub/footer.php ~

Tanda cacing (~) pada perintah tersebut merepresentasikan direktori Home.

Kemudian periksa dan pastikan file “footer.php” sudah berhasil berpindah ke direktori tersebut dengan menggunakan perintah ls seperti sebelumnya.

Cukup sekian bagian tutorial Belajar Terminal kali ini tentang bagaimana caranya memindahkan sebuah file dengan menggunakan command line interface di Linux. Kita akan berjumpa di bagian selanjutnya dengan pembahasan yang lebih seru.

Sudoway.id

Related Post