Belajar Terminal #7 : Cara Copy dan Ubah Nama File Menggunakan Terminal

February 1, 2018

Belajar Terminal #7 Cara Mengopi dan Mengubah Nama File Menggunakan Terminal

Cara Copy dan Ubah Nama File Menggunakan Terminal

Sebelumnya kita sudah belajar bagaimana caranya menghapus sebuah file dan folder dengan menggunakan command line interface atau Terminal pada Linux, sebelum itu juga kita juga sudah pernah belajar bagaimana caranya membuat sebuah file baru.

Pada bagian Belajar Terminal kali ini kita akan belajar bagaimana caranya menggandakan sebuah file (copy) dan mengubah nama sebuah file dengan menggunakan command line interface atau Terminal di Linux.

Pertama, kita akan belajar lebih dahulu bagaimana caranya mengandakan atau mengopi sebuah file dengan menggunakan command line interface atau Terminal.

Cara Mengopi File Menggunakan Terminal – cp

Untuk menggandakan sebuah file dengan menggunakan command line interface, kamu bisa melakukannya dengan menggunakan perintah cp.

Caranya mudah, kamu hanya perlu memilih sebuah file yang ingin digandakan dengan mengetikkannya setelah perintah cp, kemudian beri nama untuk file yang akan menjadi hasil copy  setelahnya.

Misalnya kamu memiliki sebuah file bernama “header.php” dan kamu ingin menggandakannya dan file hasil copy-nya memiliki nama “footer.php”, kamu bisa melakukannya dengan menggunakan perintah:

cp header.php footer.php

Kemudian akan dibuat sebuah file duplikat dari “header.php” bernama “footer.php” yang memiliki isi yang sama. Untuk memastikan apakah file “footer.php” sudah dibuat, kamu bisa menggunakan perintah ls seperti gambar berikut:

Cara Copy atau Menggandakan File Menggunakan Terminal

Cara Copy atau Menggandakan File Menggunakan Terminal

Selain menggandakan file yang berada pada folder yang sama. Kamu juga bisa menggandakan file ke folder yang berbeda. Misalnya kamu memiliki sebuah folder bernama “folder1” yang di dalamnya terdapat sebuah file bernama “index.php”.

Kemudian kamu juga memiliki sebuah folder lainnya bernama “folder2”. Kamu bisa menggandakan atau meng-copy file “index.php” dari “folder1” ke “folder2” dengan menggunakan perintah seperti berikut:

cp folder1/index.pxp folder2

Untuk memastikan apakah file tersebut sudah berhasil di-copy ke “folder2”, kamu dapat memeriksanya dengan menggunakan perintah ls seperti gambar dibawah:

Cara Copy File ke Folder Lain Menggunakan Terminal

Cara Copy File ke Folder Lain Menggunakan Terminal

Jika pada “folder2” sudah terdapat file “index.php”, berarti kamu sudah berhasil menggandakan atau meng-copy file dengan menggunakan command line interface.

Cara Mengubah Nama File Menggunakan Terminal – mv

Untuk mengubah nama sebuah file dengan menggunakan command line interface atau Terminal di Linux, kamu bisa menggunakan perintah mv.

Misalnya kamu memiliki sebuah file bernama “header.php”, kemudian kamu ingin mengubah nama dari file tersebut menjadi “page.php”, kamu bisa melakukannya dengan menggunakan perintah:

mv header.php page.php

Kemudian file yang sebelumnya memiliki nama “header.php” akan berubah nama menjadi “page.php”.

Untuk memastikannya, kamu bisa melakukannya dengan menggunakan perintah ls, seperti gambar dibawah:

Cara Ubah Nama File Menggunakan Terminal

Cara Ubah Nama File Menggunakan Terminal

Pastikan pada folder tersebut kamu tidak lagi melihat file bernama “single.php” dan memiliki sebuah file baru yang memiliki nama “page.php”. Jika ada, berarti kamu sudah berhasil mengubah nama sebuah file dengan menggunakan command line interface.

Itu dia tutorial Belajar Terminal bagian ini , pada bagian selanjutnya kita akan belajar bagaimana caranya memindahkan sebuah file dengan menggunakan command line interface atau Terminal di Linux.

Sudoway.id

Related Post