Install dan Konfigurasi Web Server di Debian 8

October 20, 2017

Install dan Konfigurasi Web Server di Debian

Install dan Konfigurasi Web Server di Debian 8

Pengertian dan Fungsi Web Server

Web Server adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari client dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman website umumnya yang berbentuk HTML atau PHP.

Web server bukanlah website, web server adalah perangkat lunak tempat website berjalan, yang menangani permintaan para pengguna untuk mengakses website, kemudian mengirimkan halaman website tersebut kepada para pengguna untuk dibuka melalui HTTP client atau yang juga dikenal dengan web browser.

Karena itu, agar dapat memasang website pada sebuah server dibutuhkan aplikasi web server. Ada banyak aplikasi web server yang tersedia, beberapa aplikasi web server yang paling terkenal adalah Nginx, Lighttpd, Litespeed dan Apache.

Web server menggunakan protokol HTTP dan HTTPS dalam melakukan tugasnya menangani permintaan dari client, masing-masing protokol tersebut secara default berjalan pada port 80 dan 443.

Meski ada banyak aplikasi web server yang bisa digunakan, pada tutorial ini kita akan belajar bagaimana caranya menginstal dan melakukan konfigurasi web server di Debian menggunakan web server yang paling umum dan mudah digunakan, yaitu web server Apache.

Sebelum mengikuti tutorial ini, akan lebih baik jika kamu sudah melakukan konfigurasi DNS server. Karena website yang digunakan untuk mencoba menjalankan web server akan membutuhkan alamat domain yang harus kamu daftarkan pada DNS server terlebih dahulu.

Jika kamu belum menginstal dan melakukan konfigurasi DNS server, kamu bisa mengikuti tutorial install dan konfigurasi DNS server di Debian 8 berikut. Konfigurasi-konfigurasi seperti IP address dan domain pada tutorial tersebut dibuat sama dengan tutorial ini agar mudah dipahami dan dilanjutkan.

Install Web Server Apache di Debian 8

Apache adalah salah satu aplikasi web server yang paling banyak digunakan pada server-server untuk menangani website-website. Apache sudah tersedia secara default pada Debian 8, baik pada repository atau pada file iso yang tersedia dalam beberapa binary DVD yang bisa kamu unduh di website Debian langsung.

Jika kamu ingin menginstall Apache menggunakan repository, pastikan kamu sudah terhubung ke internet dan sudah menambahkan repository dari Debian 8 pada komputer kamu, atau jika kamu menggunakan DVD, masukkan DVD Binary 1 yang merupakan letak dimana aplikasi Apache tersedia.

Untuk menginstall Apache pada komputer kamu, cukup masukkan perintah seperti berikut:

# apt-get install apache2

Tekan Enter jika keluar sebuah output yang menanyakan apakah benar kamu ingin menginstalnya.

Kemudian tunggu proses instalasi Apache hingga selesai dan pastikan berhasil  dengan baik. Apache yang kita install disini adalah Apache 2 yang merupakan versi terbaru dari Apache.

Selanjutnya : Konfigurasi Web Server Apache di Debian 8 >>

Related Post

10 comments on “Install dan Konfigurasi Web Server di Debian 8”

  • azz

    Hi, thks for the tutorial. But i have many trouble with my debian, like could not lock /var/lib/dpkg/lock.

    • Yaumil Ikhsan

      Biasanya ini karena ada proses instalasi aplikasi/dependensi lain yang lagi berjalan juga Mas, coba di tunggu proses instalasinya selesai dulu, baru kemudian jalanin instalasi yang lain, kalau masih tidak bisa, coba di restart terlebih dahulu, ulangi proses instalasi aplikasinya

  • kausar

    cara buat warna giaman bang biar web nyan keren

    • Yaumil Ikhsan

      Bikin file HTML website seperti biasa Gan, make CSS, JS dsb biar tampilannya cantik dan interaktif

  • fy

    thx! for the tutorial!

    gracias:D

    • Yaumil Ikhsan

      Sama-sama Gan

  • Fawwaz

    Ok Terimakasih Sangat Membantu saya dalam mengerjakan tugas…

    • Yaumil Ikhsan

      Senang bisa membantu, Gan 🙂

  • Mohammad Setiawan Modeong

    Bang, gimna ya caranya kita copy koding html yg sudah kita buat di luar dan paste ke file directorynya debian yg /var/www/index.html ????

Tinggalkan Komentar

Email kamu tidak akan dipublikasikan