Install dan Konfigurasi NTP di Debian
Install dan Konfigurasi NTP di Debian

Install dan Konfigurasi NTP Server (Network Time Protocol) di Debian 8




Pengertian dan Fungsi NTP Server (Network Time Protocol)

NTP atau Network Time Protocol adalah sebuah protocol yang digunakan untuk membuat beberapa komputer atau perangkat jaringan yang berada dalam sebuah jaringan yang sama dapat memiliki waktu (tanggal dan jam) yang sama diantara satu dengan yang lain.

NTP server sangat berfungsi bagi sebuah perusahaan, lembaga pemerintahan, sekolah, atau institusi apapun yang membutuhkan setiap perangkat mereka memiliki waktu yang sama atau tersinkron antara satu dengan yang lain.

Terlebih lagi jika sebuah institusi dengan skala yang besar, NTP server sangat membantu seorang System Administrator. Dengan adanya NTP server, seorang System Administrator tidak perlu mengatur waktu satu persatu pada masing-masing perangkat.

Dalam proses kerjanya mengirim dan menerima data untuk menyinkronkan waktu, NTP server menggunakan User Datagram Protocol (UDP) dan berjalan pada port 123. NTP (Network Time Protocol) dirancang oleh David L. Mills. Sejak pengoperasiannya sebelum tahun 1985, NTP adalah salah satu protocol tertua yang masih digunakan sampai saat ini.

NTP (Network Time Protocol) biasanya digunakan dalam topologi jaringan dengan arsitektur client-server, dimana pada server berjalan NTP server yang telah diinstal dan waktunya telah dikonfigurasi sesuai yang diinginkan, sedangkan client hanya perlu menyinkronkan waktu dari server tersebut.

Meskipun demikian, NTP juga bisa berjalan pada jaringan dengan arsitektur peer to peer dimana pada waktu masing-masing perangkat akan dipertimbangkan untuk menjadi sumber pengaturan waktu yang akan digunakan.

Instalasi Paket NTP (Network Time Protocol) di Debian 8

Sebelum menginstall dan mulai mengkonfigurasi NTP server di Debian 8. Pastikan kamu telah mengatur network interfaces atau pengaturan IP address pada komputer server sesuai dengan  yang diinginkan.

Akan lebih baik lagi, jika komputer server tersebut sudah terinstal paket DNS server dan DHCP server. Kamu bisa mengikuti tutorial sebelumnya untuk melukan konfigurasi DNS dan DHCP server. Dengan adanya DHCP server kamu tidak perlu mengatur IP address secara manual pada komputer client agar dapat terhubung dengan komputer server. Sedangkan dengan adanya DNS server, kamu dapat melakukan sinkronisasi waktu dengan menggunakan domain.

Jika sudah melakukan konfigurasi yang dibutuhkan, minimal mengatur network interfaces atau pengaturan IP address.

Langkah pertama dalam melakukan konfigurasi NTP server adalah dengan menginstall paket yang digunakan untuk NTP server. Pada Debian, paket yang digunakan untuk menjalankan NTP server adalah “ntp”.

Install paket ntp di Debian dengan perintah berikut :

apt-get install ntp

Pastikan proses instalasi selesai dengan sukses. Setelah instalasi paket ntp berhasil, kita akan melajutkan proses konfigurasi NTP server



Selanjutnya : Konfigurasi NTP (Network Time Protocol) di Debian 8 >>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here