Install QupZilla di Linux, Aplikasi Web Browser Open Source yang Ringan dan Cepat

QupZilla adalah sebuah aplikasi browser QtWebEngine open source yang ringan dan cepat. QupZilla disebut sebagai aplikasi browser paling ringan dan memakan sumber daya paling sedikit dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi browser lainnya seperi Google Chrome, Mozilla Firefox dan lainnya.

QupZilla adalah aplikasi cross platform, selain tersedia untuk berbagai distribusi dari sistem operasi GNU/Linux, QupZilla juga bisa digunakan pada berbagai sistem operasi lainnya seperti sistem operasi Windows, MacOS, FreeBSD, Haiku dan lainnya.

Pada awalnya aplikasi ini sebenarnya dikembangkan hanya untuk kepentingan pendidikan, tapi kemudian seiring waktu dan mulai tumbuh QupZilla memiliki banyak fitur dan dukungan sehingga banyak digunakan.

QupZilla ditulis dengan menggunakan Python dan PyQt4 bindings ketika ia pertama kali dirilis pada Desember 2010. Tapi saat ini QupZilla sudah ditulis ulang sepenuhnya dengan menggunakan bahasa C++ dan menggunakan Qt framework.

QupZilla memiliki fungsi layaknya aplikasi browser pada umunya yang mendukung penggunaan tab, bookmark, history penjelajahan, dan juga sebuah plugin AdBlock yang sudah tersedia secara default. Selain AdBlock, pada QupZilla juga tersedia banyak plugin lainnya seperti GreaseMonkey, Mouse Gesture, Access Keys Navigation dan lainnya.

Kamu juga bisa mengakses dan mengatur bookmark dan history dengan mudah hanya dengan menggunakan satu buah halaman tunggal pada QupZilla, QupZilla juga mendukung untuk melakukan streaming dari PulseAudio dan masih banyak fitur-fitur lainnya pada QupZilla.

Cara Install QupZilla di Linux

Jika kamu menggunakan distribusi Ubuntu, Debian dan turunannya, kamu bisa langsung memasang QupZilla karena sudah tersedia secara default pada repository, kamu dapat memasangnya dengan menggunakan perintah berikut di Terminal:

sudo apt-get install qupzilla

Kemudian tunggu proses instalasi hingga selesai dan berhasil.

Namun sayangnya QupZilla yang tersedia pada official repository secara default tersebut bukan merupakan versi terbaru dari QupZilla.

Jika kamu ingin menggunakan versi terbaru dari QupZilla kamu dapat mengunduh QupZilla versi AppImage yang ada pada halaman download QupZilla berikut.

AppImage adalah format file aplikasi yang bisa digunakan pada semua distribusi Linux dan dijalankan secara portable. Kamu bisa mengikuti tutorial berikut untuk mengetahui cara menjalankan aplikasi secara portable dengan menggunakan format file AppImage pada Linux.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here