Install Kalendar, Aplikasi Kalender Ringan dan Penuh Fitur untuk Linux





Kalendar adalah sebuah aplikasi kalender yang ditulis dengan menggunakan C++ dan menggunakan Qt5 library untuk Graphic User Interfaces. Aplikasi ini memiliki tampilan yang mirip dengan Gnome Calendar, karena memang terinspirasi dari Gnome Calender, tapi dibuat ulang dari awal.

Kalendar memiliki keunggulan karena keringanan dan fungsionalitasnya yang tidak membutuhkan banyak depedensi.

Target utama pembuatan Kalendar adalah untuk para pengguna yang menggunakan lingkungan desktop KDE, tapi tidak masalah jika kamu menggunakan aplikasi ini meski kamu tidak menggunakan lingkungan desktop KDE, Kalendar akan berjalan sama baiknya.

Kalendar memiliki user interface yang simple dan intuitif. Para pengguna bisa dengan mudah untuk mengatur jadwal sebuah acara and daftar jadwal hal-hal yang harus dilakukan pada waktu dekat. Kamu hanya perlu melakukan sekali klik pada tanggal di aplikasi Kalendar, kemudian Kalendar akan menampilkan pop-up untuk menambahkan jadwal acara.

Acara yang ditambahkan ditampilkan dengan tanggal dan diberi kode kategori berwarna. Kamu bisa mengatur apakah acara yang ditambahkan tersebut diulangi secara setiap tahun atau bulan hanya dengan mengeklik checkbox yang ada pada menu tersebut.

Jadi kamu tidak perlu takut melewatkan perayaan ulang tahun seseorang, perayaan sebuah acara atau momen-momen penting lainnya.

Kalendar memungkinkan kamu untuk membuat kategori dengan kode warna. Ini membantu kamu untuk mengorganisir dan membedakan acara kerja atau sekolah, kuliah, pribadi, komunitas, organisasi dengan mudah hanya menggunakan satu aplikasi.

Kalendar juga memungkinkan kamu untuk melakukan export/import acara dari/ke aplikasi kalender lainnya dengan menggunakan file berformat “.ics”. Kebanyakan aplikasi kalender pada umumnya mendukung penggunaan file kalender berformat “.ics” ini.

Dengan begitu kamu juga bisa melakukan backup jadwal jika kamu ingin melakukan instalasi ulang perangkat kamu, atau ketika ingin menggunakan perangkat yang lain, kamu dapat memiliki jadwal yang sama yang telah dibuat sebelumnya dengan mengembalikan database dari aplikasi perangkat sebelumnya.

Pada saat artikel ini ditulis, menurut pengembangnya aplikasi ini masih belum final atau sempurna,. Tapi ketika dijalankan aplikasi Kalendar berjalan dengan baik tanpa ada masalah apapun.



Cara Install Aplikasi Kalendar di Linux

Kalendar adalah aplikasi yang baru, sejauh ini aplikasi ini belum tersedia di repository pada distribusi Linux manapun. Sehingga untuk melakukan instalasi Kalendar kamu harus melakukannya secara manual.

Unduh file source code dari aplikasi ini yang berformat “.zip” di halaman Github pengembang Kalendar berikut. Kemudian tunggu proses unduhan hingga selesai, file hasil unduhan tersebut akan berada pada folder Downloads.

Kemudian buka Terminal pada Linux kamu dengan menekan kombinasi keyboard atau buka Terminal melalui menu aplikasi. Karena file tersebut berada pada folder Downloads, masukkan perintah berikut pada Terminal untuk masuk ke folder Downloads:

cd ~/Downloads

File hasil unduhan tersebut masih dalam bentuk archive dengan format “.zip”, ekstrak terlebih dahulu file tersebut dengan memasukkan perintah berikut di Terminal:

unzip kalendar-master.zip

Setelah berhasil melakukan ekstrak, masuk ke folder hasil ekstrak tersebut yaitu terminal-master, kemudian masuk ke sub-folder “src” yang merupakan tempat source code dari aplikasi Kalendar, masukkan perintah berikut di Terminal untuk masuk ke folder tersebut:

cd kalendar-master/src/

Kemudian jalankan perintah berikut satu per satu di Terminal:

qmake
make

Tunggu proses dari langkah tersebut satu persatu hingga selesai. Setelah selesai, kamu dapat membuka aplikasi dengan melakukan double klik pada file binary  ‘Kalendar’ yang ada pada folder “/bin”.

Jika pada saat membukanya keluar sebuah menu pop-up, pilih “make executable and run” agar file tersebut dapat dijalankan sebagai sebuah aplikasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here