Install Krita di Ubuntu
Install Krita di Ubuntu

Install Krita, Aplikasi Digital Painting dan Drawing Profesional





Krita adalah sebuah sebuah aplikasi  dan drawing yang merupakan bagian dari Calligra Suite, dibuat dan dikembangkan oleh para developer KDE.
Krita digunakan oleh para pekerja seni gambar atau ilustrator professional dalam menghasilkan karya-karya seperti, ilustrasi, komik, storyboard, lukisan dan karya-karya kreatif painting lainnya.

Dengan Krita pengguna dapat melakukan pekerjaan dalam keperluan seperti membuat sketsa, menggambar, mewarnai, melukis, mengolah gambar dan lainnya.
Karena memiliki banyak fitur yang sangat lengkap untuk keperluan seperti tersebut. Krita membuat penggunanya yang bekerja dalam bidang tersebut menjadi lebih kreatif dalam menghasilkan karya. Krita memiliki kemampuan yang sangat handal, cepat dan fleksibel.

Krita adalah aplikasi gratis dan open source yang berada di bawah lisensi GNU Public License. Krita merupakan aplikasi multi-platform, tidak hanya tersedia untuk sistem operasi GNU/Linux saja, Krita juga tersedia untuk digunakan pada sistem operasi Microsoft Windows dan OS X.

Cara Install Krita di Ubuntu, Linux Mint, Elementary dan Lainnya.

Pada beberapa distro, Krita sudah tersedia secara default. Atau pengguna dapat menginstallnya melalui Software Centre atau Software Manager.

Namun Krita yang tersedia tersebut adalah versi yang sudah lama atau tidak termutakhir. Pengguna tentu menginginkan versi terbaru atau termutakhir, dengan  berbagai peningkatan kinerja dan fitur yang tentu dimiliki oleh aplikasi terbaru tersebut.

Ada beberapa cara untuk menginstall Krita di Ubuntu, Linux Mint dan lainnya. Bisa dengan menggunakan AppImage dan PPA repository.



Cara Install Krita di Ubuntu Menggunakan AppImage

Setelah setahun pengembangan sejak versi 2.9 dirilis di tahun 2015, pada pertengahan tahun 2016, developer Krita merilis secara resmi versi terbaru Krita, yaitu versi 3.0. Dengan memiliki perbaikan, peningkatan dan penambahan banyak fitur pada versi terbaru ini, membuat Krita lebih handal.

Krita 3.0 dirilis dengan tersedianya AppImage yang tersedia untuk semua distribusi dari sistem operasi GNU/Linux. Namun versi AppImage ini hanya tersedia untuk sistem operasi Linux dengan versi 64 bit.

Download versi Krita dengan AppImage di website resmi Krita. Download AppImage tersebut pada tab GNU/Linux seperti gambar berikut.

Install Krita di Ubuntu dan Lainya. Aplikasi Digital Painting Profesional Open Source
Download AppImage Krita

Tunggu hingga proses download selesai.

Setelah proses download selesai, ubah hak akses agar file tersebut bisa di eksekusi atau executable dengan mengetikkan perintah berikut di Terminal.

chmod a+x krita-3.0-x86_64.appimage

Setelah selesai, buka dengan cara klik dua kali pada file tersebut untuk menginstalnya. Atau dengan mengetikkan perintah berikut.

./krita-3.0-x86_64.appimage

Cara Install Krita di Ubuntu Menggunakan Repository

Selain menggunakan AppImage. Untuk Ubuntu, Linux Mint, Elemenatary dan distro turunan Ubuntu lainnya juga dapat melakukan proses instalasi melalui PPA repository. Namun untuk versi Krita yang terbaru, lebih dan sangat dianjurkan untuk menginstall Krita menggunakan AppImage.

Untuk menginstall Krita menggunakan PPA repository. Sebelumnya pastikan anda terhubung dengan internet. Kemudian buka Terminal dengan menekan kombinasi CTRL + ALT + T pada keyboard untuk membuka Terminal.
Masukkan perintah berikut pada Terminal untuk menambahkan repository dan menginstall Krita.

sudo add-apt-repository ppa:dimula73/krita
sudo apt-get update
sudo apt-get install krita3-testing

Tunggu proses update dan penginstalan hingga selesai. Kemudian buka Krita melalui Launcher, Dash atau Menu Aplikasi di desktop anda. Good Luck.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here