Install GIMP di Ubuntu
Install GIMP di Ubuntu

Install GIMP 2.8.20 (Terbaru) di Ubuntu, Aplikasi Editing dan Manipulasi Gambar Alternatif Photoshop





GIMP atau akronim dari GNU Image Manipulation Program adalah sebuah aplikasi editing foto atau manipulasi gambar yang open-source dan gratis. Sebagai aplikasi editing poto atau manipulasi gambar yang gratis dan open-source, GIMP dijadikan sebagai alternatif dari aplikasi Adobe Photoshop yang merupakan aplikasi editing poto atau manipulasi gambar berlisensi.

Menjadikan GIMP sebagai alternatif sangat masuk akal bagi pengguna-pengguna biasa yang tidak menggunakannya setiap hari – kecuali kamu adalah seorang profesional dan bekerja di bidang tersebut – mengingat lisensi dari Adobe Photoshop tidak murah, dan pengguna harus melakukan pembayaran lisensi tersebut per bulan.

Terlebih jika kamu adalah pengguna sistem operasi GNU/Linux dan pecinta open-source, kamu tentu tidak akan berpikir banyak untuk menggunakan GIMP, dibandingkan menggunakan Adobe Photoshop.

Pada awal peluncurannya, GIMP adalah aplikasi khusus untuk sistem operasi GNU/Linux. Namun sekarang ini, GIMP adalah aplikasi yang cross-platform, tidak hanya untuk sistem operasi GNU/Linux, GIMP juga tersedia untuk digunakan di sistem operasi Windows dan OS X.

Gambar atau foto yang dibuat dengan menggunakan aplikasi GIMP di simpan dalam format XCF, yang kemudian dapat diekspor ke dalam berbagai format gambar seperti png, jpg, gif, pdf, svg, tiff, bmp dan banyak lainnya.

GIMP pertama kali dirilis pada Tahun 1996, tepatnya bulan januari, yang berarti GIMP sudah ada dan dikembangan sejak lama. Dalam pengembangannya GIMP memiliki fitur-fitur dan plugin yang sangat banyak sehingga dapat memudahkan penggunanya dalam melukan editing foto.

Versi terbaru dari GIMP versi stable adalah GIMP 2.8.20 yang dirilis pada 1 Februari 2017 lalu. GIMP 2.8.20 adalah rilis minor yang merupakan pembaruan dan perbaikan dari versi sebelumnya yaitu GIMP 2.8.18. Untuk melihat perubahkan dan perbaikan dari GIMP 2.8.18 ke GIMP 2.8.20, silahkan klik link ini.

GIMP sebenarnya sudah merilisi versi 2.9.4, namun GIMP 2.9.4 adalah GIMP versi development yang akan menjadi acuan untuk perilisan GIMP versi stable selanjutnya, GIMP 3.0 (GIMP tidak jadi merilis GIMP 2.10). Dan kami menganjurkan untuk menggunakan GIMP versi stable.



Install GIMP 2.8.20 di Ubuntu dan Turunannya

Untuk menginstall GIMP versi stable terbaru, GIMP 2.8.20 melalui PPA repository. Buka Terminal dengan menekan shortcut / kombinasi CTRL + ALT + T pada keyboard atau buka Terminal melalui Dash Ubuntu atau menu aplikasi.

Ketikkan atau paste perintah berikut di Terminal untuk menambahkan repository GIMP (bukan official dan untrusted) berikut:

sudo add-apt-repository ppa:alex-p/gimp

Kemudian lakukan update untuk menambahkan daftar paket terbaru yang ditambahkan dari repository tadi dengan mengetikkan perintah berikut :

sudo apt-get update

Setelah berhasil melakukan update, install GIMP 2.8.20 di komputer kamu dengan perintah berikut :

sudo apt-get install gimp

Tunggu proses instalasi hingga selesai. Setelah proses instalasi GIMP selesai dan tidak ada error, kamu dapat membuka aplikasi GIMP melalui Dash Ubuntu atau melalui menu aplikasi. Selamat menggunakan GIMP terbaru.

Untuk melakukan uninstall GIMP dari komputer kamu (yang kamu install dengan menggunakan tutorial ini), ketikkan perintah berikut di Terminal :

sudo add-apt-repository -r ppa:alex-p/gimp
sudo apt-get update
sudo apt-get remove gimp

Tunggu proses remove atau penghapusan GIMP hingga selesai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here