Install Ramme, Aplikasi Instagram Untuk Linux
Install Ramme, Aplikasi Instagram Untuk Linux

Install Ramme di Linux, Aplikasi Instagram Desktop





Instagram adalah sebuah sosial media yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto, mengeditnya dengan berbagai filter yang tersedia dan membagikannya kepada pengikut dan sosial media.

Siapa yang tidak menggunakan, atau tidak tahu instagram. Instagram adalah salah satu media sosial paling populer di dunia saat ini. Ribuan, bahkan jutaan bisnis atau mungkin lebih berjalan disana.

Instagram digunakan oleh hampir semua kalangan, dari sekedar remaja-remaja, orang-orang kreatif untuk berbagi karyanya, perusahaan-perusahaan, pebisnis, kalangan artis, hingga pejabat negara sekalipun.

Aplikasi Instagram tersedia untuk berbagai sistem operasi seperti Android, iOS, dan Windows Phone. Sedangkan untuk Ubuntu Touch, meski tidak memiliki aplikasi Instagram secara official, pengguna bisa menggunakan sebuah aplikasi Instagram unofficial yang bernama Instagraph.

Namun berbeda halnya dengan perangkat Desktop, khususnya sistem operasi GNU/Linux, pengguna tidak memiliki aplikasi Instagram. Sebenarnya, pengguna tetap bisa menggunakan atau membuka Instagram melalui situs resmi Instagram di browser, meski dengan aksi yang terbatas. Tetapi tetap saja, membuka langsung melalui aplikasi memiliki kenyamanan lebih.

Masalah itu terjawab dengan hadirnya Ramme.

Ramme adalah sebuah aplikasi Desktop untuk Instagram yang gratis, open source dan cross-platform. Ramme dibuat menggunakan menggunakan sebuah teknologi yang bernama Electron.

Ramme memiliki fitur yang sebenarnya sama seperti saat kita membuka Instagram melalui browser.

Kita bisa melihat postingan-postingan orang yang kita ikuti, membuka profil orang lain, menyukai foto, berkomentar pada postingan dan menyebutnya ke pengguna yang lain, memilih hashtag dan menemukan postingan-postingan dengan hashtag yang sama.

Hal-hal tersebut bisa kita lakukan di aplikasi Ramme, tidak akan dialihkan atau redirect ke browser dalam setiap aksinya.

Seperti halnya ketika membuka Instagram melalui browser, pengguna tidak bisa menambahkan foto melalui Ramme, atau mungkin belum bisa saat ini. Hal ini disebabkan oleh terbatasnya akses API yang diberikan oleh Instagram.

Lalu apa bedanya dengan mengakses Instagram melalui browser? Dengan tampilan yang responsive membuat Ramme lebih mudah dan nyaman digunakan. Ramme juga memiliki opsi untuk menggunakannya dalam mode malam (Dark Mode) dengan menekan kombinasi CTRL + D pada keyboard.

Selain mampu beralih ke Dark Mode, berikut kombinasi-kombinasi keyboard yang ada pada Ramme:

  1. Beralih ke dark mode : CTRL + D
  2. Refresh : CTRL + R
  3. Kembali : CTRL + 1
  4. Masuk tab pencarian : CTRL + 2
  5. Masuk tab pemberitahuan : CTRL + 3
  6. Masuk tab profil : CTRL + 4
  7. Menggeser ke bawah : Shift + Down
  8. Menggeser ke atas : Shift + Up




Cara Install Ramme di Semua Distro Linux

Untuk menginstall Ramme di Linux, caranya cukup mudah. Cukup download Ramme untuk Linux di Github sesuai dengan versi arsitektur sistem operasi yang anda gunakan.

Setelah selesai, beri hak akses pada file tersebut agar bisa di jalankan atau executable dengan perintah perikut di Terminal:

chmod a+x Ramme*AppImage

Setelah selesai memberikan hak akses, cukup jalankan file Download aplikasi Ramme tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here