Install MyPaint di Linux
Install MyPaint di Linux

Install MyPaint 1.2.0, Aplikasi Digital Painting dan Drawing Open Source





MyPaint adalah sebuah aplikasi digital painting dan drawing yang simpel dan powerful untuk keperluan menggambar. MyPaint ditujukan bagi pengguna yang membutuhkan aplikasi digital painting dan drawing untuk digunakan dalam keperluan sehari-hari, hobbi, hingga untuk keperluan profesional atau pekerjaan.

MyPaint merupakan aplikasi open source yang multi-platform. Bukan hanya untuk sistem operasi GNU/Linux, MyPaint juga memiliki versi yang tersedia untuk digunakan pada sistem operasi Windows dan Mac OSX

Jika anda juga termasuk atau pernah menggunakan sistem operasi Microsoft Windows, tentu tidak akan asing dengan aplikasi digital painting yang ada pada sistem operasi tersebut, Microsoft Paint. MyPaint memiliki fungsi dan kegunaan yang mirip dengan aplikasi Microsoft Paint.

MyPaint bisa menjadi jawaban jika anda pengguna baru sistem operasi GNU/Linux yang baru saja migrasi dari sistem operasi Windows dan sedang mencari alternatif aplikasi Microsoft Paint pada Windows di Linux.

Namun rasanya tidak cocok menyebut MyPaint sebagai alternatif Microsoft Paint, karena MyPaint memiliki kemampuan yang jauh lebih baik dan memiliki lebih banyak fitur jika dibandingkan dengan aplikasi Paint yang ada di sistem operasi Microsoft Windows.

MyPaint pertama kali dibuat oleh Martin Renold pada tahun 2004, dia menginginkan sebuah aplikasi digital painting yang bagus yang bisa membantunya untuk melakukan painting dan drawing yang memiliki kemampuan yang seperti diharapkannya, berbeda dalam penekanan dan kecepatan dari aplikasi digital painting dan drawing lainnya.

Fitur-fitur pada MyPaint sangat berguna dan bisa diatur sesuai dengan keinginan oleh pengguna, dan membuat pengguna menjadi lebih produktif karena memiliki fitur-fitur yang dimilikinya.

MyPaint mendukung banyak perangkat yang biasa digunakan untuk keperluan menggambar seperti perangkat tablet Wacom dan perangkat-perangkat digital painting dan drawing lainnya.

Install MyPaint di Ubuntu, Linux Mint, Elementary dan turunan lainnya.

Untuk menginstall MyPaint pada distro Ubuntu dan turunanya seperti Linux Mint dan sebagainya. Buka terminal dengan menekan kombinasi CTRL + ALT + T pada keyboard.

Kemudian ketikkan perintah berikut untuk menambah repositry PPA dan menginstal aplikasi MyPaint.

sudo add-apt-repository ppa:achadwick/mypaint-testing
sudo apt-get update
sudo apt-get install mypaint mypaint-data-extras

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here