Belajar Terminal #3 : Cara Pindah Folder Menggunakan Terminal

January 29, 2018

Belajar Terminal #3 Cara Masuk, Keluar dan Pindah Folder

Belajar Terminal #3 : Cara Masuk, Keluar dan Pindah Folder Menggunakan Terminal

Pada bagian tutorial sebelumnya, kita sudah belajar tentang Cara Melihat Isi dari Sebuah Folder dengan menggunakan perintah ls.

Selanjutnya kita akan belajar bagaimana caranya masuk ke dalam sebuah folder, keluar dari sebuah folder atau pindah ke sebuah folder dengan menggunakan perintah cd, “cd” sendiri merupakan singkatan dari change directory.

Langsung saja, misalnya kamu sedang berada pada direktori Home, kamu dapat melihat isi dari direktori Home tersebut dengan menggunakan perintah ls seperti yang kita sudah kita pelajari sebelumnya.

Pada direktori Home tersebut, terdapat sebuah folder “Downloads”, lalu bagaimana caranya agar kita bisa masuk ke dalam folder terserbut. Caranya mudah, kamu dapat melakukannya dengan menggunakan perintah seperti berikut:

cd Downloads

Maka kemudian kamu akan berada folder “Downloads” tersebut, untuk memastikannya kamu bisa menggunakan perintah pwd seperti yang sudah kita pelajari bagian pertama tutorial:

pwd

Kemudian akan keluar output seperti gambar berikut yang memperlihatkan kamu sedang berada pada direktori mana:

Melihat Direktori Saat Ini Setelah Pindah Direktori

Melihat Direktori Saat Ini Setelah Pindah Direktori

Gambar di atas memperlihatkan kita sedang berada pada folder “Downloads” yang ada pada direktori Home, ini berarti sebelumnya kita sudah berhasil masuk ke dalam folder “Downloads” tersebut.

Cara Kembali ke Folder Parent (Satu Tingkat ke Atas)

Untuk kembali ke folder sebelumnya — yang mana berada satu tingkat dari folder kita berada saat ini — kamu bisa melakukannya dengan menggunakan perintah :

cd ..

Dua buah tanda titik “..” pada perintah tersebut merepresentasikan direktori satu tingkat di atas dari direktori kita berada saat ini.

Untuk membuktikan apakah kita sudah berhasil naik satu tingkat ke atas atau kembali ke parent direktori, kamu bisa menggunakan perintah pwd seperti sebelumnya:

pwd

Kemudian akan tampil direktori dimana kamu sedang berada pada saat ini seperti gambar di bawah yang menandakan kita sudah kembali ke folder sebelumnya:

Melihat Isi Direktori Setelah Kembali

Melihat Isi Direktori Setelah Kembali

Untuk masuk ke dalam sebuah direktori yang lebih dari satu tingkat, misalnya saat ini kamu sedang berada pada direktori Home. Di dalamnya terdapat folder “Downloads” yang memiliki sub folder lagi, yaitu “Pictures”.

Kamu dapat masuk ke dalam folder tersebut dengan menggunakan perintah seperti berikut:

cd Downloads/Pictures

Kemudian kamu akan langsung masuk ke folder “Pictures” tersebut. Untuk membuktikannya, kamu dapat menggunakan perintah pwd seperti gambar berikut:

Berpindah Direktori Lebih Dari Satu Tingkat

Berpindah Direktori Lebih Dari Satu Tingkat

Cara ini juga berlaku jika kamu ingin masuk ke dalam sub folder dengan struktur direktori yang lebih banyak, kamu bisa melakukannya dengan cara yang sama.

Saat ini kita sedang berada dua tingkat di bawah direktori Home, yaitu direktori “Downloads/Pictures”, hampir sama dengan cara sebelumnya, untuk naik tingkat ke atas, kamu dapat menggunakan dua buah tanda titik “..”.

Karena pada contoh ini kita akan naik dua tingkat ke atas, kamu dapat melakukannya dengan menggunakan perintah berikut:

cd ../..

Cara ini juga berlaku jika kamu ingin naik lebih dari dua direktori dengan jumlah yang tidak terbatas, kamu hanya perlu menambahkan  dua buah tanda titik lagi yang dipisahkan dengan tanda slash “/” seperti sebelumnya.

Pada perintah diatas, kita naik dua tingkat ke atas ke direktori Home

Sebenarnya untuk berpindah ke direktori Home, tidak perduli kamu sedang berada pada direktori mana atau berapa tingkat di bawanya, kamu bisa melakukannya hanya dengan menggunakan perintah seperti berikut:

cd ~

Perintah ini akan membuat kamu kembali ke direktori Home. Ini dikarenakan tanda cacing tersebut “~” adalah tanda yang merepresentasikan Home, kamu bisa kembali ke Home dengan menggunakan tanda tersebut dari direktori mana saja.

Cukup sekian tutorial belajar terminal tentang cara berpindah direktori pada Linux dengan menggunakan perintah CD. Pada bagian selanjutnya, kita akan belajar bagaimana caranya membuat sebuah direktori baru menggunakan command line interface.

Sudoway.id

Related Post