Belajar Terminal #4 : Cara Membuat Folder Baru Menggunakan Terminal

January 29, 2018

Belajar Terminal #4 Cara Membuat Folder Baru Menggunakan Terminal

Cara Membuat Folder Baru Menggunakan Terminal

Pada bagian sebelumnya, kita sudah belajar bagaimana Cara Melihat Isi Dari Sebuah Folder, dan berpindah ke sebuah folder. Kali ini kita akan belajar cara membuat sebuah direktori atau folder di Linux di Terminal menggunakan command line interface.

Jika kamu melihat pada post Daftar Perintah Dasar Linux dan Fungsinya, kamu akan melihat sebuah perintah bernama mkdir. Perintah mkdir inilah yang memiliki fungsi untuk membuat sebuah folder baru menggunakan command line interface.

Untuk menggunakannya kamu bisa menuliskannya dengan menambahkan nama folder yang ingin dibuat di depannya, misalnya kamu ingin membuat sebuah sebuah direktori bernama “folder1”, kamu bisa melakukannya dengan menggunakan perintah:

mkdir folder1

Untuk membuktikan apakah folder “folder1” sudah dibuat, kamu bisa memeriksanya dengan menggunakan perintah ls seperti yang sudah kita pelajari sebelumnya:

ls

Kemudian akan tampil isi dari direktori dimana kamu sedang berada pada saat ini, akan muncul sebuah folder bernama “folder1” seperti gambar dibawah, yang berarti kita sudah berhasil membuat sebuah folder menggunakan command line interface:

Membuat Folder Menggunakan Perintah mkdir

Membuat Folder Menggunakan Perintah mkdir

Perintah mkdir juga bisa digunakan untuk membuat beberapa folder bersamaan dalam sebuah direkori yang sama.

Membuat Banyak Folder Menggunakan Perintah Mkdir

Misalnya kamu ingin membuat tiga buah folder bernama “folder2”, “folder3”, dan “folder4” lagi di dalam direktori kamu berada saat ini. Kamu dapat melakukannya dengan menggunakan perintah seperti berikut:

mkdir folder2 folder3 folder4

Kemudian akan dibuat 3 buah baru folder seperti yang kamu inginkan. Untuk membuktikannya, kamu bisa memeriksanya dengan menggunakan perintah “ls” seperti pada gambar dibawah ini:

Membuat Banyak Folder Bersamaan

Membuat Banyak Folder Bersamaan

Ini berarti kita sudah berhasil membuat 3 buah folder secara bersamaan seperti yang kita inginkan sebelumnya.

Selanjutnya, bagaimana caranya membuat sebuah folder secara reference. Seperti yang sudah kita pelajari sebelumnya, struktur reference direktori juga berlaku pada perintah mkdir.

Membuat Folder di Dalam Sebuah Folder Secara Reference

Misalnya kamu ingin membuat sebuah sub folder dari “folder1” yang bernama “sub” dan folder “sub” ini memiliki sub folder lagi bernama “child”. Kamu bisa membuatnya dengan menggunakan perintah seperti berikut:

mkdir -p folder1/sub/child

Untuk memastikan kamu bisa memeriksanya dengan menggunakan perintah “ls” seperti berikut:

ls folder1/sub

Kemudian akan tampil isi dari direktori “folder1/sub/” yang sudah kita buat sebelumnya seperti gambar di bawah ini, yang berarti kita sudah berhasil membuat sebuah struktur direktori seperti yang kita inginkan:

Membuat Folder Secara Reference Menggunakan Perintah mkdir

Membuat Folder Secara Reference Menggunakan Perintah mkdir

Cara ini juga berlaku jika kamu ingin membuat struktur direktori yang lebih panjang, kamu hanya perlu memisahkan nama sub folder dari setiap parent folder dengan menggunakan tanda slash “/”.

Dengan menggunakan perintah mkdir, kamu juga bisa membuat direktori yang memiliki struktur yang rumit hanya dengan menggunakan satu baris perintah, misalnya kamu ingin membuat sebuah struktur direktori seperti pada gambar di bawah ini:

Struktur Direktori atau Folder

Struktur Direktori atau Folder

Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan perintah mkdir hanya dengan menggunakan satu baris perintah. Untuk caranya, kamu bisa melihatnya pada tutorial Cara Membuat Banyak Folder Menggunakan Satu Perintah di Linux.

Cukup sekian bagian tutorial Belajar Terminal kali ini. Kita sudah belajar bagaimana caranya membuat sebuah direktori atau folder, selanjutnya kita akan belajar bagaimana caranya membuat sebuah file menggunakan command line interface di Linux.

Related Post

Tinggalkan Komentar

Email kamu tidak akan dipublikasikan