Putar Lagu di YouTube Menggunakan Aplikasi Pemutar Musik
Putar Lagu di YouTube Menggunakan Aplikasi Pemutar Musik

Install Headset, Putar Musik dari YouTube Menggunakan Aplikasi Desktop





YouTube adalah sebuah situs web atau platform yang memungkinkan para pengguna untuk membagikan berbagai konten dalam format video yang kemudian dapat ditemukan atau ditonton oleh para pengguna lainnya.

Di YouTube terdapat berbagai jenis konten video seperti video pembelajaran, video olahraga, berita, film, web atau televisi series, video blog, video musik dan berbagai jenis konten video lainnya yang dibagikan oleh para penggunanya yang bisa berasal dari konten peorangan atau konten kelompok seperti perusahaan dan sebagainya.

Salah satu jenis konten video yang paling populer di YouTube adalah video musik. Video-video musik di YouTube bisa memiliki viewer hingga ratusan juta atau bahkan miliaran. Musisi-musisi di seluruh dunia menggunakan YouTube sebagai media untuk berkreasi, membagikan dan mendapatkan penghasilan dengan musik yang mereka ciptakan.

Dengan perkembangan teknologi yang terjadi saat ini dan berubahnya trend menjadi era internet, para musisi tersebut lebih mudah dalam membagikan karya mereka agar dapat dinikmati oleh banyak orang. Dengan kemudahan dari internet tersebut pula, YouTube banyak mencetak talenta-talenta musik baru yang luar biasa.

YouTube juga dijadikan acuan bagi berbagai tangga-tangga musik terkenal untuk membantu memeringkatkan lagu-lagu yang sedang populer dengan menggunakan jumlah penonton YouTube.

Dengan banyaknya konten musik video di YouTube, YouTube menjadi salah satu platform paling populer dan banyak digunakan oleh para pengguna atau penikmat musik yang ingin mendengarkan musik atau lagu.

Namun seperti yang diketahui YouTube adalah platform untuk video yang harus diakses menggunakan browser atau peramban web. Mungkin bagi beberapa pengguna, mendengarkan musik melalui browser bukanlah hal yang menarik, mereka lebih menyukai sebuah aplikasi seperti aplikasi pemutar musik yang memiliki interfaces yang lebih mudah digunakan.

Jika kamu adalah pengguna yang memiliki masalah seperti tersebut, kamu bisa menggunakan sebuah aplikasi bernama Headset yang bisa memutar audio dari video-video di YouTube dengan format aplikasi yang memiliki tampilan seperti pemutar musik biasa ditambah dengan fitur-fitur lainnya.



Apa Itu Headset?

Headset adalah sebuah aplikasi gratis yang berfungsi untuk memutar audio-audio dari video yang bersumber dari YouTube seperti lagu, podcast dan sebagainya melalui aplikasi desktop dengan tampilan seperti pemutar musik pada umumnya.

Headset dibuat dengan menggunakan Electron framework. Aplikasi Headset tersedia untuk digunakan pada sistem operasi Linux, Windows dan OS X.

Headset memilki tampilan yang cantik, modern dan simple yang membuat para pengguna bisa menggunakannya dengan mudah. Untuk memutar sebuah lagu kamu hanya perlu mengetik judul lagu, nama penyanyi, atau nama video dari video yang ingin kamu putar menggunakan aplikasi Headset untuk mencarinya.

Kemudian kamu dapat memilih judul yang ingin kamu putar dari hasil pencarian yang muncul. Headset juga memungkinkan untuk melakukan pemutaran dari playlist-playlist yang telah dibuat di Youtube.

Saat lagu sedang diputar kamu bisa menampilkan panel Now Playing yang akan menampilkan thumbnail dari video yang sedang diputar, menambahkannya ke daftar suka atau favorit, mempercepat atau memperlambat track dengan memilih pada menit tertentu yang sedang diputar serta memilih next atau previous untuk memutar track sebelum atau selanjutnya.

Kamu bisa melakukan sign up atau pendaftatan untuk bisa menikmati fitur-fitur lainnya. Sign up dapat dilakukan dengan gratis, kamu tidak akan dikenakan biaya.

Aplikasi ini memiliki kekurangan yang mungkin tidak kamu sukai, ketika sedang memutar audio dari sebuah video yang kamu pilih, akan terbuka sebuah jendela lain diluar jendela utama aplikasi untuk memutar video dari audio yang sedang kamu putar.

Kamu tetap bisa menutupnya dengan me-minimize jendela tersebut. Video yang diputar pada jendela tersebut adalah video dengan kualitas atau resolusi terendah, sehingga bisa menghemat bandwitdh internet. Kualitas video yang sengaja dipilih rendah tersebut, tidak akan mempengaruhi kualitas suara.



Install Headset di Ubuntu dan Turunannya

Untuk menginstall Headset di Ubuntu dan turunannya seperti Linux Mint, Elementary dan sebagainya. Kamu bisa mengunduh file instalasi dengan ekstensi “.Deb” di rujukan ini.

Saat ini Headset untuk Linux hanya tersedia untuk sistem 64 bit. Para pengguna Linux yang masih menggunakan sistem 32 bit tidak dapat menggunakan Headset pada Desktop mereka.

Unduh file instalasi di rujukan atau link tersebut. Setelah unduhan selesai, pindahkan saja file instalasi atau hasil unduhan ke folder “/home” agar kamu lebih mudah melakukan instalasi, kecuali jika kamu tahu bagaimana cara melakukan instalasinya.

Kemudian kamu dapat menginstall Headset dengan menggunakan seperti perintah berikut:

sudo dpkg --install Headset_x.x.x_amd64.deb

“x.x.x” pada perintah tersebut menandakan versi dari Headset yang kamu unduh, jangan lupa ganti “x.x.x” pada perintah tersebut dengan versi Headset yang kamu unduh. Jika kamu mengunduh Headset versi 1.5.3, kamu bisa menginstalnya dengan menggunakan perintah berikut:

sudo dpkg --install Headset_1.5.3_amd64.deb

Silahkan sesuaikan perintah instalasi tersebut dengan versi dari Headset yang kamu unduh. Pastikan proses instalasi selesai tanpa terjadi error.

Jika proses instalasi sudah selesai, kamu dapat membuka Headset melalui Dash atau menu aplikasi untuk mulai menggunakannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here