Install SoundNode di Linux, Aplikasi Desktop SoundCloud
Install SoundNode di Linux, Aplikasi Desktop SoundCloud

Install SoundNode di Linux, Aplikasi Desktop SoundCloud





SoundCloud adalah sebuah platform layanan music streaming yang cukup populer. SoundCloud menjadi wadah bagi penggemar musik, baik para pencipta musik, penikmat musik, atau keduanya.

Pencipta musik dapat membagikan karya-karyanya atau sekedar project isengnya di SoundCloud agar dapat didengar oleh orang lain. Penikmat musik dapat mendengar lagu-lagu dari musisi favoritnya, atau sekedar lagu-lagu cover yang dinyanyikan oleh pengguna lain.

Di Indonesia sendiri banyak pengguna SoundCloud yang menggunakan SoundCloud. Di SoundCloud kamu bisa mendengarkan musik-musik dan project dari berbagai musisi Indonesia dan dunia yang di-upload di SoundCloud.

Kamu juga bisa menemukan karya-karya musik dari musisi amatir atau pengguna biasa, yang juga memiliki bakat dalam musik, namun kurang mendapat tempat dan apresiasi dalam dunia musik, sehingga berkekspresi di SoundCloud. Karya-karya mereka tidak bisa dianggap remeh dan beberapa bahkan layak disejajarkan musisi profesional.

Pengguna perangkat smartphone bisa mengakses dan menggunakan SoundCloud melalui aplikasi mobile yang tersedia untuk Android dan iOS. Untuk pengguna perangkat Desktop bisa mengakses SoundCloud melalui Web Browser pada umumnya seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Ice Weasel dan lain sebagainya.

Meski SounCloud bisa diakses melalui browser. Menggunakan SoundCloud versi aplikasi memiliki kenikmatannya sendiri bagi pengguna perangkat desktop. Jika kamu ingin memutar lagu-lagu di SoundCloud dengan menggunakan aplikasi di Linux kamu, kamu bisa mencoba sebuah aplikasi desktop bernama SoundNode.

Apa itu SoundNode?

SoundNode adalah sebuah aplikasi open source dan gratis yang dibuat oleh seorang developer bernama Michael Lancaster. SoundNode dibuat sebagai aplikasi desktop untuk SoundCloud. SoundNode adalah aplikasi cross platform yang tersedia untuk digunakan pada sistem operasi Windows, OS X, dan Linux.




SoundNode bukanlah aplikasi official dari SoundCloud. Aplikasi official dari SoundCloud sudah tidak dikembangkan lagi. SoundNode Dibuat dengan menggunakan Node.js dan Angular. SoundNode memiliki tampilan atau User Interfaces (UI) yang modern dan cantik sehingga cukup nyaman untuk digunakan.

Fitur-fitur SoundNode sebagai Aplikasi Unofficial SoundCloud Desktop

SoundNode menggunakan fitur-fitur yang dimiliki oleh SoundCloud, ditambah dengan shortcut-shorcut atau kombinasi keyboard yang memudahkan pengguna untuk mengoperasikan SoundNode.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh SoundNode, antara lain:

  1. Shorcut atau kombinasi keyboard yang memudahkan pengguna menggunakan SoundNode.
  2. Fitur pencarian untuk lagu baru.
  3. Navigasi yang mudah.
  4. Memutar lagu dari dari playlist yang kamu buat, dari lagu-lagu yang kamu sukai, orang yang kamu ikuti dan sebagainya.
  5. Menyukai lagu, dan menyimpannya ke playlist lagu-lagu yang kamu sukai.
  6. Fitur playlist yang lengkap.
  7. Mengikuti dan batal mengikuti pengguna lain
  8. Dan sebagainya.

Install SoundNode untuk menggunakan SoundCloud di Linux.

Ada dua cara yang bisa kamu pilih untuk memasang SoundNode di Linux kamu. Kamu bisa mengunduh dan menggunakan SoundNode secara portable, atau menginstallnya secara permanent melalui repository.

Install dan Gunakan SoundNode Secara Portable

Salah satu kemudahan yang SoundNode berikan adalah SoundNode bisa digunakan secara portable.

Download file paket SoundNode dalam bentuk “.zip” untuk Linux di website SoundNode, pilih sesuai dengan artsitektur Linux yang kamu gunakan (32 bit atau 64 bit).

Install SoundNode di Linux, Aplikasi Desktop SoundCloud
Download SoundNode

Kemudian setelah proses download selesai, ekstrak file paket hasil download tersebut.

Untuk menjalan SoundNode, kamu hanya perlu klik pada file bernama soundnode di hasil ekstrak tersebut, seperti gambar berikut:

Install SoundNode di Linux, Aplikasi Desktop SoundCloud
Gunakan SoundNode Secara Portable

Kemudian SoundNode akan terbuka, kamu akan dimintai untuk melakukan login dengan akun SoundCloud kamu yang sudah terdaftar atau kamu bisa mendaftar untuk membuat sebuah akun SoundCloud untuk mulai menggunakannya.

Login jika kamu sudah memilki akun SoundCloud. Kamu dapat mendaftarkannya terlebih dahulu jika belum memilki akun SoundCloud.



Install SoundNode di Ubuntu dan Debian Sistem Menggunakan Repository

Jika kamu menggunakan Ubuntu, Debian atau Debian sistem dan turunan Ubuntu lainnya, kamu bisa menginstall SoundNode melalui repository dengan mengetikkan perintah berikut di Terminal:

curl -s https://packagecloud.io/install/repositories/JonasGroeger/soundnode/script.deb.sh | sudo bash
sudo apt-get install soundnode

Tunggu proses download dan instalasi hingga selesai.

Setelah selesai, kamu bisa membuka SoundNode dengan mencarinya melalui Dash Ubuntu jika kamu menggunakan Ubuntu, atau di Menu Aplikasi Linux kamu. Kamu juga bisa membuka SoundNode lewat terminal dengan mengetikkan perintah “soundnode” pada Terminal.

Setelah berhasil menjalankan SoundNode, login dengan akun SoundCloud kamu jika kamu sudah memiliki akun SoundCloud, atau kamu bisa mendaftar SoundCloud terlebih dahulu jika belum memiliki akun. Selamat menggunakan SoundCloud!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here