Manjaro
Manjaro

Cara Membuat Koneksi Modem di Linux Manjaro





Jika kita adalah seorang yang baru menggunakan Linux, sangat wajar jika kita memiliki kebingungan dalam melakukan beberapa hal yang butuh untuk dilakukan, padahal itu adalah hal yang mudah dan mendasar dalam pengoperasian sistem operasi, seperti bagaimana mengatur folder, penginstalan aplikasi dan sebagainya.

Sebenarnya itu bukanlah hal yang sulit untuk di lakukan, namun sebagai pengguna yang baru, kita tidak terbiasa dalam hal mendasar tersebut. Oleh karena itu, pada postingan ini saya akan memberikan tutorial tentang hal dasar, yaitu bagaimana membuat koneksi atau menyambungkan modem pada pada linux, khususnya Linux Manjaro dengan desktop KDE.

Langkah-langkah Membuat Koneksi Modem di Linux Manjaro

Tancapkan modem atau mobile broadband yang anda miliki pada port usb, pastikan modem tersebut terbaca yang ditandakan dengan menyalanya lampu indikator pada modem.

Setelah modem terbaca, pada toolbar bagian kanan bawah desktop manjaro anda, pilih lah icon yang berbentuk komputer. Kemudian muncul serangkaian menu, pilih icon configure netwrok connection yang berada paling kanan seperti pada gambar.

Cara Membuat Koneksi Baru Modem di Linux Manjaro
Pilih “configure network connection”

Maka akan terbuka menu connection editor, klik Add dan pilih Mobile Broadband untuk untuk membuat koneksi modem baru.

Cara Membuat Koneksi Baru Modem di Linux Manjaro
Klik Add, pilih Mobile Broadband

Anda akan diminta untuk memilih perangkat mobile broadband atau modem yang akan anda gunakan untuk membuat koneksi baru, pilih lah perangkat anda atau biasanya akan terpilih otomatis bila anda sudah menancapkan perangkat anda.

Namun jika perangkat anda tidak terbaca atau anda tidak menancapkan modem, pilih saja salah satu diantara Any GSM Connection atau Any CDMA Connection sesuai perangkat GSM atau CDMA, kemudian klik Next

Cara Membuat Koneksi Baru Modem di Linux Manjaro
Pilih Jenis Modem yang Anda Gunakan

Pilih negara provider (sim card) atau penyedia layanan internet anda gunakan, pilih Indonesia dan klik Next.

Cara Koneksi Modem di Linux Manjaro
Pilih Negara Provider Modem Anda





Selanjutnya pilih provider yang anda gunakan pada modem anda, jika anda menggunakan kartu atau sim card Simpati atau AS pilihlah Telkomsel, begitu juga dengan yang lainnya dan klik Next

Pilih Provider

Setelah itu anda akan diminta untuk mengatur settingan APN sim card anda, pilih saja APN default, jika anda menggunakan Telkomsel maka APN defaultnya adalah Internet, kemdudian klik Next.

Cara Koneksi Modem di Linux Manjaro
Pilih APN

Anda akan diminta untuk mengonfirmasi settingan yang anda buat, klik Finish untuk mengonfirmasinya.

Cara Koneksi Modem di Linux Manjaro
Konfirmasi Setingan Koneksi Modem

Kemudian akan muncul menu untuk mengatur koneksi yang anda buat, anda akan diminta untuk memberikan nama pada koneksi yang telah anda buat tadi, berikan nama sesuka anda.

Anda juga bisa mengatur ulang APN yang telah pilih, serta memberikan user dan password pada settingan APN. Jika anda tidak ingin mengaturnya atau membiarkannya default, klik saja OK.

Cara Koneksi Modem di Linux Manjaro
Mengatur Koneksi Modem

Pembuatan koneksi modem selesai.

Cara Koneksi Modem di Linux Manjaro
Pembuat Koneksi Baru Modem Selesai

Sebelum memulai koneksi, cabut terlebih dahulu perangkat modem anda dan tancapkan kembali. Pilih koneksi modem yang sudah anda buat tadi dan klik Connect untuk mulai mengkoneksikan modem dan terhubung dengan internet. Selamat!!

Cara Koneksi Modem di Linux Manjaro
Connect Modem

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here