Belajar Terminal #12 : Cara Mengubah User Pemilik File dan Group Permission

Cara Mengubah User Pemilik File dan Group Permission di Linux

Cara Mengubah User Pemilik File dan Group Permission

Pada tutorial sebelumnya kita sudah belajar bagaimana caranya mengatur hak akses file serta menambah dan menghapus hak akses file pada Linux. Sebuah hak akses file pada Linux diatur berdasarkan tiga objek penerimanya, yaitu user, group dan other.

User yang dimaksud adalah user yang merupakan pemilik file tersebut, secara default user pemilik file adalah user yang membuat file tersebut. Dan group yang dimaksud adalah group user dari file tersebut, secara default group user sebuah file adalah group primary dari user yang membuat file tersebut.

Hak akses yang diberikan pada saat mengatur hak akses adalah hak akses terhadap user pemilik dan group dari file tersebut. Seperti yang sudah disebutkan diatas, secara default user dan group diatur pada saat proses pembuatan file. Namun kamu bisa mengubah user pemilik sebuah file dan group dari file tersebut.

Pada tutorial Belajar Terminal kali ini, kita akan belajar bagaimana caranya mengubah user pemilik sebuah file dan group user yang memiliki hak akses group untuk file tersebut, hal ini juga biasa disebut dengan file ownership.

Cara Mengubah User Pemilik Sebuah File di Linux

Kamu bisa melihat user pemilik sebuah file dan group user dari sebuah file dengan menggunakan perintah ls -l yang diikuti dengan nama dari file yang ingin kamu lihat tersebut, seperti pada gambar berikut:

Melihat Group dan User Pemilik Sebuah File

Melihat Group dan User Pemilik Sebuah File

Setelah tanda hak akses file, tulisan dengan nama “yaumil” adalah user yang memiliki file tersebut. Sedangkan “admin” adalah group user yang diatur untuk memiliki hak akses group kepada file tersebut.

Kamu bisa mengubah kepemilikan sebuah file di Linux dengan menggunakan perintah chown, dengan syarat kamu harus melakukannya dengan user “root” atau user yang yang memiliki hak akses untuk menjalankan sudo, karena alasan keamanan.

Cara mengubah user pemilik sebuah file sangat mudah, kamu hanya perlu menjalankan perintah chown dengan format seperti berikut:

chown nama_user nama_file

Jangan lupa untuk menggunakan perintah sudo jika kamu tidak sedang login dengan user “root”. Misalnya kamu ingin mengubah kepemilikan file “script.js” diatas menjadi milik user “ikhsan”, kamu dapat melakukannya dengan menggunakan perintah seperti berikut:

sudo chown ikhsan script.js

Kemudian file “script.js” tersebut akan menjadi milik user bernama “ikhsan” bukan lagi milik user “yaumil” seperti sebelumnya. Untuk membuktikan apakah perintah tersebut berhasil kamu dapat memeriksanya dengan menggunakan perintah ls -l seperti pada gambar dibawah:

Mengubah User Pemilik Sebuah File

Mengubah User Pemilik Sebuah File

Cara Mengubah Group Pemilik Sebuah File

Sebelum masuk ke cara mengubah group sebuah file. Sebagai informasi, lamu dapat melihat di group mana saja sebuah user tergabung dengan menggunakan perintah groups dan diikuti dengan nama user yang ingin kamu lihat di depannya. Misalnya kamu ingin melihat group dari user “ikhsan”, kamu dapat melakukannya dengan menggunakan perintah seperti berikut:

groups ikhsan

Kemudian akan muncul daftar group mana saja yang terdapat user “ikhsan” di dalamnya, seperti pada gambar dibawah:

Melihat Daftar Group Dari Sebuah User

Melihat Daftar Group Dari Sebuah User

Untuk mengubah group pemilik sebuah file, kamu dapat melakukannya dengan menggunakan perintah chgrp. Misalknya kamu ingin mengubah file “script.js” yang sebelumnya milik group “admin” menjadi milik group “group1” yang merupakan group dari user “ikhsan” diatas, kamu dapat melakukannya dengan menggunakan perintah seperti berikut:

sudo chgrp group1 script.js

Kemudian group dari file “script.js” tersebut akan berubah menjadi group “group1”, untuk membuktikannya kamu dapat memeriksanya dengan menggunakan perintah ls -l seperti pada gambar dibawah, dimana group user dari file tersebut sudah berubah menjadi group “group1”:

Mengubah Group User Pemilik Sebuah File

Mengubah Group User Pemilik Sebuah File

Selain dengan menggunakan perintah “chgrp” kamu juga bisa mengubah group dari sebuah file dengan menggunakan perintah chown. Misalnya kamu ingin mengubah group dari file “script.js” menjadi group “group1” seperti contoh diatas, kamu juga dapat melakukannya dengan menggunakan perintah berikut:

sudo chwon :group1 script.js

Cara Ubah Group dan User Pemilik File Sekaligus

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa mengubah group dari sebuah file dengan menggunakan perintah chwon, dengan menggunakan perintah chown kamu juga bisa mengubah group dan user pemilik sebuah file sekaligus secara bersamaan.

Misal dengan contoh yang sama seperti sebelumnya, kamu ingin mengubah user pemilik file “script.js” menjadi user “ikhsan”, dan kamu juga ingin mengubah group file tersebut menjadi group “group1”, kamu dapat melakukannya hanya dengan menggunakan satu perintah berikut:

sudo chown ikhsan:admin script.js

Kemudian user pemilik file tersebut akan menjadi milik “ikhsan” dan group file tersebut menjadi group “group1”. Meski kamu bisa mengubah user pemilik dan group dari sebuah file secara bersamaan, tetap penting bagi kamu untuk mengetahui cara melakukannya dengan cara satu-persatu seperti sebelumnya.

Sudoway.id

Related Post