Belajar Terminal #11 : Cara Menambah dan Menghapus Hak Akses File di Linux

Cara Menambah dan Menghapus Hak Akses File di Linux

Cara Menambah dan Menghapus Hak Akses File di Linux Menggunakan Perintah chmod

Pada bagian tutorial Belajar Terminal sebelumnya kita sudah belajar bagaimana caranya mengatur hak akses dengan menggunakan perintah chmod. Pada tutorial tersebut, kita menggunakan angka atau format numeric untuk menotasikan hak akses yang akan diberikan.

Selain cara menggunakan angka atau format numeric untuk menotasikan hak akses yang diberikan, sebenarnya ada cara lain yang bisa kita gunakan yaitu dengan menggunakan format huruf “r”, “w”, “x” langsung, serta huruf “u”, “g” dan “o” untuk menotasikan penerima hak aksesnya.

Bagi kamu yang mungkin kesulitan menggunakan format numeric, kamu bisa menggunakan format huruf ini. Cara ini juga lebih fleksibel karena bisa digunakan untuk menambah atau menghapus hanya satu hak akses secara khusus terhadap sebuah file dengan mudah, misalnya hanya menambah atau menghapus hak akses execute pada user, atau lainnya.

Cara Mengatur Hak Akses Menggunakan Format Huruf

Sama seperti pada bagian tutorial sebelumnya, kita akan menggunakan perintah chmod untuk mengatur hak akses terhadap sebuah file, hanya saja cara kali ini menggunakan notasi huruf langsung. Hak akses yang akan diberikan didefinisikan secara langsung dalam notasi “r” untuk hak akses read, “w” untuk hak akses write dan “x” untuk hak akses execute.

Objek penerima hak akses tersebut juga didefinisikan secara langsung dalam notasi huruf-huruf, huruf “u” mewakili user, “g” mewakili group, dan “o” mewakili other yang berarti setiap pengguna lain yang bukan user pemilik dan user dalam group pemilik file tersebut.

Hak akses yang diberikan ditulis langsung setelah objek penerima hak akses tersebut dengan menggunakan tanda penghubung “=” dan setiap objek dipisahkan dengan menggunakan tanda “,” (koma) tanpa perlu tanda spasi setelahnya.

Misalnya kamu ingin memberikan hak akses read dan write untuk user dan group, sedangkan other hanya akan mendapatkan hak akses read terhadap file script.js yang ada di direktori Home, maka kamu dapat melakukannya dengan menggunakan perintah seperti berikut:

chmod u=rw,g=rw,o=r script.js

Kemudian hak-hak akses yang diinginkan tersebut akan diberikan kepada objek tersebut sesuai dengan yang diinginkan, untuk memeriksa apakah hak akses tersebut sudah diberikan sesuai dengan yang diinginkan, maka kamu dapat melakukannya dengan menggunakan perintah ls –, kemudian kamu akan melihat hak akses seperti yang diinginkan seperti pada gambar dibawah:

Mengatur Hak Akses Dengan Menggunakan Format Huruf

Mengatur Hak Akses Dengan Menggunakan Format Huruf

Cara Menambahkan Hak Akses Khusus Terhadap Sebuah File

Dengan menggunakan format huruf ini, kita juga bisa menambahkan dan menghapus hanya satu hak akses khusus kepada satu objek penerima hak akses tanpa perlu menganggu hak akses lain yang sudah ada sebelumnya.

Misalnya kamu ingin menambahkan hak akses execute hanya kepada user pada file script.js sebelumnya, kamu dapat melakukannya dengan menggunakan perintah seperti berikut:

chmod u+x script.js

Kamu dapat menggunakan perintah ls -l untuk memerika apakah user sudah berhasil mendapatkan hak akses yang diberikan, kemudian user akan mendapatkan hak akses execute seperti yang diinginkan sebelumnya seperti pada gambat di bawah berikut:

Menambahkan Hak Akses Hanya Kepada User

Menambahkan Hak Akses Hanya Kepada User

Jika kamu ingin menambahkan hak akses kepada lebih dari satu objek penerima hak akses, misalnya kamu ingin memberikan hak akses execute kepada user dan juga grup, kamu dapat menuliskannya dengan cara memisahkan masing-masing objek tersebut dengan menggunakan tanda koma seperti berikut:

chmod u+x,g+x script.js

Atau dalam kasus lain, jika kamu ingin menambah satu hak akses untuk semua objek (user, group, dan other) sekaligus, misalnya kamu kamu ingin memberikan hak akses execute kepada semua, kamu dapat melakukannya dengan menggunakan perintah seperti berikut:

chmod +x script.js

Kemudian semua objek (user, group, dan other) akan memiliki hak akses execute seperti yang diinginkan seperti pada gambar berikut:

Menambahkan Hak Akses Kepada Semua

Menambahkan Hak Akses Kepada Semua

Cara Menghapus Hak Akses Khusus Terhadap Sebuah File

Seperti yang sudah disebutkan di atas, selain menambah hak akses khusus terhadap khusus satu objek, kamu juga bisa menghapus hak akses khusus yang sudah dimiliki oleh sebuah objek. Misalnya group memiliki hak akses read, write dan execute terhadap file “script.js” seperti pada gambar di atas sebelumnya.

Kemudian kamu ingin menghapus hak akses write dan execute untuk group terhadap file tersebut, kamu dapat melakukannya dengan menggunakan tanda “-” seperti pada perintah berikut:

chmod g-wx script.js

Kemudian hak akses write dan execute untuk group terhadap file “script.js” akan terhapus, untuk membuktikannya kamu dapat menggunakan perintah ls -l untuk melihat hak akses terhadap sebuah file seperti gambar berikut:

Menghapus Hak Akses Hanya Dari Group User

Menghapus Hak Akses Hanya Dari Group User

Sama seperti sebelumnya, jika kamu ingin menghapus hak akses lebih dari satu objek (bukan hanya pada group seperti contoh diatas), kamu dapat melakukannya dengan memisahkan masing-masing objek dengan menggunakan tanda koma seperti pada contoh cara menambahkan hak akses sebelumnya.

Cukup sekian tutorial Belajar Terminal kali ini tentang cara menambah dan menghapus hak akses sebuah file di Linux. Pada bagian selanjutnya kita akan belajar bagaimana caranya mengubah file ownership dan group permission dari sebuah file

Sudoway.id

Related Post