Install Node.js di Ubuntu
Install Node.js di Ubuntu

Install Node.js dan NPM Terbaru di Ubuntu



Apa itu Node.js?

Node.js adalah sebuah runtime Javascript yang dibangun menggunakan Chrome’s V8 JavaScript engine yang berfungsi untuk mengeksekusi kode Javascript di sisi server. Jika biasanya Javascript digunakan untuk mengeksekusi kode di sisi client, dengan menggunakan Node.js, Javascript bisa digunakan pada sisi server.

Dengan adanya Node.js membuat Javascript sebagai bahasa pemrograman yang ada dimana-dimana. Sehingga kamu bisa membuat sebuah aplikasi web hanya dengan menggunakan sebuah pemrograman Javascript.

Node.js pertama kali diciptakan oleh Ryan Lienhart Dahl. Pada pertama kali kemunculannya pada tahun 2009, Node.js diciptakan dan diperkenalkan untuk sistem Linux, namun sekarang Node.js sudah menjadi software cross platform.

Node.js merupakan software open source dan cross platform yang bisa digunakan di berbagai platform, baik di Linux, Mac OS X, Solaris, FreeBSD, OpenBSD ataupun Windows. Sebagai aplikasi open source Node.js berada dibawah lisensi MIT License.

Node.js menggunakan sebuah event-driven, non-blocking I/O model yang membuatnya menjadi ringan dan mampu bekerja dengan efisien. Node.js menggunakan npm sebagai package manager, yang merupakan ekosistem terbesar dari library open source di dunia.


Install Node.js dan NPM di Ubuntu

Node.js sudah tersedia secara default di official repository Ubuntu. Jika kamu menggunakan distro Ubuntu atau turunannya, dan ingin menginstall Node.js pada perangkat kamu, kamu bisa langsung menginstalnya tanpa perlu menambahkan repository tambahan lain.

Buka Terminal dengan menekan kombinasi keyboard CTRL + ALT + T atau melalui menu aplikasi. Kemudian masukkan perintah berikut di Terminal untuk melakukan update repository dan menginstall Node.js:

sudo apt-get update 
sudo apt-get install nodejs

Tunggu proses update dan instalasi Node.js hingga selesai. Pastikan instalasi berhasil dan tidak ada error. Di Node.js kamu akan membutuhkan npm sebagai package manager.

Untuk menginstall npm di Ubuntu atau turunannya, kamu hanya perlu masukkan perintah berikut di Terminal:

sudo apt-get install npm

Tunggu proses instalasi hingga selesai dan pastikan instalasi berhasil dengan baik tanpa adanya error.


Install Node.js Terbaru dan NPM Terbaru di Ubuntu Menggunakan PPA Repository

Pada official repository Ubuntu, biasanya Node.js yang disediakan bukan merupakan versi yang terbaru. Jika kamu ingin menggunakan versi terbaru dari Node.js, baik versi terakhir LTS atau versi terbaru saat ini. Kamu dapat menginstallnya dengan menggunakan PPA repository.

Node.js tersedia dalam dua versi yang bisa kamu gunakan yaitu versi LTS dan versi saat ini. Versi LTS adalah versi yang lebih stabil dan mendapat dukungan yang lama. Sedangkan versi saat ini adalah versi terbaru dengan berbagai fitur-fitur baru. Pilih versi Node.js yang ingin kamu gunakan.

Versi terkahir dari Node.js LTS adalah Node.js 6.11.0. Node.js 6.11.0 akan memiliki dukungan hingga April 2018.

Jika kamu ingin menggunakan Node.js versi LTS terakhir, masukkan perintah berikut di Terminal untuk menambahkan PPA repository. Kamu dapat meng-copy perintah tersebut dan kemudian paste di Terminal dengan menekan kombinasi keyboard CTRL + ALT +T:

curl -sL https://deb.nodesource.com/setup_8.x | sudo -E bash -

Sedangkan versi terbaru dari Node.js saat ini adalah Node.js 8.1.3. Jika kamu ingin menggunakan Node.js versi terbaru saat ini, masukkan perintah berikut di Terminal untuk menambahkan PPA repository dari Node.js versi saat ini.

Kamu dapat meng-copy perintah berikut dan kemudian paste di Terminal dengan menekan kombinasi keyboard CTRL + ALT +T:

curl -sL https://deb.nodesource.com/setup_6.x | sudo -E bash -

Tunggu proses penambahan PPA repository hingga selesai dan pastikan tidak error pada saat proses instalasi.

Jika sudah selesai dan berhasil dengan baik, sekarang kamu dapat menginstall Node.js dan npm. Ketika menginstall Node.js, npm juga akan ikut terinstall secara otomatis karena sudah berada dalam satu paket. Jadi kamu tidak perlu menginstall npm secara manual.



Masukkan perintah berikut di Terminal untuk menginstall Node.js:

sudo apt-get install nodejs

Tunggu proses instalasi hingga selesai dan pastikan instalasi berhasil tanpa adanya error. Jika sudah berhasil, cek versi Node.js dan npm yang terinstall dengan menggunakan perintah berikut:

node -v 
npm -v

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here