Install Brackets di Linux
Install Brackets di Linux

Install Brackets 1.9 (Terbaru) di Ubuntu, Text Editor untuk Web Development





Brackets adalah sebuah text editor open source yang dibuat dengan menggunakan HTML, CSS, dan Javascript. Brackets dibuat untuk keperluan web development, khususnya untuk web design dan front end development yang fokus pada development dalam HTML, CSS dan Javascript.

Brackets adalah project open source yang diusung oleh Adobe Systems dan kemudian dikembangkan secara aktif dan terus menerus oleh komunitas open source dan web developer. Brackets dilesensikan dibawah MIT License.

Brackets memiliki tampilan yang sederhana. Meskipun tampilannya sederhana, Brackets memiliki tampilan modern yang membuatnya terlihat elegan dan cukup cantik. Dibuat dengan teknologi HTML, CSS dan Javascript membuat Brackets tidak berat dan tidak menghabiskan banyak memori, Brackets tergolong sangat ringan.

Karena dikembangkan langsung oleh para komunitas web developer, Brackets dibuat dengan fitur-fitur untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan oleh para pengembang web. Brackets memiliki fitur-fitur yang membuat para web developer lebih mudah dalam mengerjakan pekerjaannya, seperti:

  1. Live Preview. Live Preview adalah fitur yang memungkinkan setiap code yang ditulis akan secara langsung dikirim ke web browser dan ditampilkan secara langsung atau secara real time ketika code diketik atau diubah. Dengan begitu seorang developer tidak harus menyimpan dan memuat ulang halaman terlebih dahulu untuk menampilkan hasil dari code yang ditulis tersebut. Fitur ini sangat membantu para developer sehingga pekerjaan developer menjadi lebih praktis.
  2. Split View. Dengan menggunakan fitur split view, kamu bisa menampilkan Brackets dalam dua buah tampilan yang membuat kamu bisa membuka dua file secara bersamaan. Kamu bisa memisahkan program secara horizontal ataupun vertikal. Fitur ini memungkinkan untuk melihat dan mengedit dua buah file dalam waktu yang bersamaan. Kamu bisa membuka dua buah file dari dua jenis file yang berbeda.
  3. Theseus Integration. Brackets menginstegrasikan Theseus. Dengan menggunkan fitur ini kamu dapat memanfaatkan Theseus untuk melakukan inspeksi dan debugging Javascript yang akan membuat kamu lebih mudah dalam menginspeksi nilai dari sebuah variable secara real time, mengatur break point dan mengatur control flow, bahkan secara synchronous.
  4. Quick Edit. Dengan menggunakan fitur ini, kamu dapat langsung mengedit rule CSS langsung dari elemen HTML yang menggunakan rule tersebut tanpa harus menutup dan berpindah file/dokumen terlebih dahulu. Tidak hanya pada file HTML, fitur ini juga berlaku sama pada file Javascript di Javascript function.
  5. Quick Edit Color. Salah satu keunggulan dari text editor Brackets adalah fitur quick editor color. Dimana kamu akan lebih mudah dalam mengubah warna suatu tampilan prorgam tanpa harus repot-repot lagi menuliskan code HEX, RGB / HUE ke dalam text editor. Cukup dengan melakukan blok warna yang dipilih lalu tekan CTRL + E maka akan tampil warna yang kamu ubah.
  6.  Extension Support. Dengan adanya extension support, kamu bisa memiliki fungsi tambahan dengan menambahkan ekstensi sesuai yang kamu butuhkan. Dukungan ektensi diterapkan untuk mempermudah kebutuhan dari para pengguna jika harus menambahkan ekstensi-ekstensi lain. Kamu bisa menginstall ekstensi-ekstensi tambahan dari menu extension manager, Brackets memiliki cukup banyak ekstensi yang siap digunakan.

 

Brackets adalah aplikasi yang open source dan cross platform. Brackets bisa digunakan pada sistem operasi Windows, OS X dan GNU/Linux. Saat ini Brackets sedang dalam tahap pengembangan Brackets versi 1.10. Sedangkan versi stable terbaru dari Brackets adalah Brackets 1.9.




Install Brackets 1.9 di Ubuntu dan Turunannya

Versi stable terbaru dari Brackets adalah Brackets 1.9. Untuk menginstall Brackets 1.9 di Ubuntu 16.10, Ubuntu 16.04 LTS, Ubuntu 15.10, Ubuntu 15.04, Ubuntu 14.10, Ubuntu 14.04 LTS dan turunannya, kamu bisa melakukan instalasi melalui PPA repository.

Buka Terminal dengan menekan kombinasi keyboard / shortcut CTRL + ALT + T atau buka Terminal melalui Dash Ubuntu / Menu Aplikasi.

Kemudian masukkan perintah berikut di Terminal untuk menambahkan PPA repository untuk menginstall Brackets. Kamu dapat meng-copy perintah tersebut dan kemudian paste pada Terminal dengan menekan kombinasi keyboard / shortcut CTRL + SHIFT + V:

sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/brackets

Masukkan perintah perintah berikut untuk melakukan update agar daftar aplikasi dari repository diperbaharui:

sudo apt-get update

Tunggu proses update hingga selesai dan pastikan tidak ada pemberitahuan error pada saat proses update. Setelah update selesai, install Brackets dengan memasukkan perintah berikut di Terminal:

sudo apt-get install brackets

Tunggu proses instalasi Brackets hingga selesai dan pastikan tidak ada error pada saat proses instalasi.

Jika proses instalasi sudah selesai, kamu dapat mulai menggunakan Brackets. Buka Brackets melalui Dash Ubuntu atau menu aplikasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here