Cara Install Aplikasi Menggunakan File Package Deb
Cara Install Aplikasi Menggunakan File Package Deb

Cara Install Aplikasi yang Menggunakan File Package Deb di Linux



Apa Itu File Package Deb?

Deb adalah jenis file package aplikasi yang digunakan pada distribusi Debian. File package ini memiliki format atau ekstensi “.deb”. Deb merupakan salah satu file package standar pada sistem Unix.

Debian adalah salah satu distribusi Linux paling lama dan populer. Banyak distribusi-distribusi baru Linux yang muncul setelahnya berbasis pada Debian, seperti Ubuntu, Kali Linux dan lain sebagainya

Selain Debian, distribusi-distribusi Linux lain yang berbasis pada Debian tersebut juga menggunakan file package yang sama, yaitu Deb.

Jika kamu ingin menginstall atau memanipulasi sebuah file package yang menggunakan format “.deb”, kamu bisa menggunakan sebuah tool bernama dpkg. Dpkg adalah sebuah tool package management berbasis command line yang digunakan untuk menginstall atau memanipulasi file package Deb melalui Terminal.

Selain menggunakan dpkg melalui Terminal, kamu juga bisa menginstall file package Deb dengan menggunakan aplikasi package management lain yang menggunakan Graphic User Interfaces (GUI) seperti Ubuntu Software Center, Gdebi Package Installer dan lainnya.


Cara Menginstall File Package Deb Menggunakan Terminal

Untuk menginstall aplikasi yang menggunakan file package Deb melalui Terminal, kamu bisa menggunakan sebuah tool Debian packages management system berbasis command line yang bernama dpkg.

Dpkg digunakan untuk menginstall, menghapus, atau memanipulasi file package Deb. Ada banyak opsi-opsi yang bisa kamu gunakan dari dpkg untuk memanipulasi file package Deb.

Buka Terminal pada Linux kamu dengan menekan shortcut untuk Terminalatau Buka Terminal melalui menu aplikasi. Untuk menginstall file package Deb, kamu harus berada pada direktori dimana file tersebut tersimpan.

Kemudian masuk ke direktori dimana file package Deb tersimpan. Jika file package Deb yang ingin kamu install tersimpan pada direktori Downloads, masuk ke folder Downloads dengan menggunakan perintah “cd” seperti berikut:

cd ~/Downloads

Begitu juga jika file package Deb aplikasi yang ingin kamu install berada pada direktori lainnya. Silahkan masuk ke direktori dimana file tersebut tersimpan.

Jika kamu sudah berada pada direktori dimana file package tersebut tersimpan. Selanjutnya kamu dapat menginstall file package Deb dengan memasukkan perintah berikut di Terminal:

sudo dpkg -i nama_file.deb

Sesuaikan kata “nama_file.deb” pada perintah tersebut dengan nama file package dari file aplikasi yang ingin kamu install. Jangan lupa untuk menggunakan perintah “sudo” jika kamu login dengan user biasa. Kamu tidak perlu mengetikkan perintah “sudo” jika kamu login dengan user root.

Kemudian tunggu proses instalasi file package atau aplikasi tersebut hingga selesai. Pastikan proses instalasi berhasil dengan baik. Jika proses instalasi selesai, kamu dapat membuka aplikasi yang kamu install melalui menu aplikasi.



Install File Package Deb di Ubuntu Menggunakan Software Center

Jika kamu menggunakan distro Ubuntu atau turunan Ubuntu seperti Elementary OS dan lainnya. Kamu dapat menginstall aplikasi dari file package Deb dengan mudah hanya dengan menggunakan Ubuntu Software Center.

Ubuntu Software Center sudah ada secara default pada distro Ubuntu dan turunannya sebagai aplikasi package management atau software management yang berbasi grafis (GUI).

Buka file package Deb dari aplikasi yang ingin kamu install dengan melakukan double klik pada file tersebut. Kemudian file package tersebut akan terbuka atau dimuat pada aplikasi Ubuntu Software Center seperti berikut:

Install Package Deb Menggunakan Ubuntu Software Center
Install File Package Deb Menggunakan Ubuntu Software Center

Untuk menginstalnya, kamu hanya perlu menekan tombol install pada Ubuntu Software Center tersebut. Ubuntu Software Center akan otomatis mengeksekusi file package Deb tersebut untuk diinstall. Kemudian cukup tunggu proses instalasi tersebut hingga selesai.


2 COMMENTS

    • Kalau mau install banyak package deb sekaligus dalam sebuah folder bisa pakai perintah “sudo dpkg -i *.deb” Gan.

      Kalau misalnya package-nya tidak dalam satu folder, satukan terlebih dulu dalam satu folder yang sama 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here