Ubah Hostname di Linux
Ubah Hostname di Linux

Cara Mengganti Hostname di Linux





Hostname adalah sebuah nama yang diberikan pada sebuah perangkat komputer. Dengan adanya hostname kita dapat mengenali sebuah perangkat komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan dengan mengidentifikasi label hostname tersebut.

Pada Linux, pemberian nama hostname dilakukan pada saat instalasi. Namun faktanya beberapa pengguna tidak mengetahui fungsi dari hostname, sehingga memberikan nama yang asal-asalan.

Tidak perlu khawatir jika anda memiliki nama hostname yang asal-asalan, anda bisa menggantinya dengan sangat mudah. Oleh karena itu, pada postingan ini saya akan memberikan tutorial cara mengganti nama hostname di Linux.

Buka terminal pada perangkat komputer anda. Kemudian buka file /etc/hostname dengan mengetikkan perintah seperti berikut pada terminal:

sudo nano /etc/hostname

Setelah file terbuka anda akan melihat sebuah teks yang merupakan hostname anda di dalam file tersebut. Ganti teks tersebut dengan hostname yang anda inginkan.

Kemudian tekan kombinasi CTRL + O pada keyboard untuk menyimpan, lalu tekan enter. Jika sudah menyimpan, tekan kombinasi CTRL + X untuk keluar dan kembali ke terminal

Cara Mengganti Nama Hostname di Linux
Ganti dengan hostname yang anda inginkan

Buka file /etc/hosts dengan mengetikan perintah berikut pada terminal:

sudo nano /etc/hosts

Dalam file tersebut terdapat beberapa teks, di bawah teks localhost seperti pada gambar dibawah, merupakan hostname pada kumputer anda, ganti teks tersebut dengan nama hostname yang anda inginkan.

Kemudian simpan dengan menekan kombinasi CTRL + O dan tekan enter, tekan CTRL + X untuk keluar.

Cara Mengganti Nama Hostname di Linux
Ganti dengan hostname yang anda inginkan

Restart komputer anda, dan lihat apakah anda sudah berhasil mengganti hostname komputer anda. Selamat.

Cara Mengganti Nama Hostname di Linux
Hostname sudah diganti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here