Cara Ekstrak File RAR Menjadi ISO Di Android Untuk Game PPSSPP

Posted on

Cara Ekstrak File RAR Menjadi ISO Di Android Dengan Zarchiver

Cara Ekstrak File RAR Menjadi ISO Di Android – Ada begitu banyak jenis format ekstensi file, dalam dunia game sendiri mungkin agan & sista sering menemukan format file seperti .zip, .rar, .iso, .cso, .apk dsb. Format file tersebut biasanya agan & sista temukan saat mendownload game atau mendownload aplikasi pendukung game, misal aplikasi emulator atau aplikasi untuk melakukan hack dan cheat.

Salah satu yang akan sudoway.id bahas adalah file dengan format ISO. File ISO sendiri identik dengan file hasil salinan data dari CD-ROM atau DVD-ROM maka dari itu icon file ISO adalah berbentuk optical disk atau CD. Dalam dunia game, biasanya agan & sista akan menemukan file ISO saat mendownload game yang ingin dimainkan dengan emulator PPSSPP.

Ada banyak sekali aplikasi emulator PPSSPP yang bisa agan & sista gunakan agar bisa memainkan game PSP di perangkat mobile android, namun seluruh emulator PPSSPP biasanya hanya membaca dua jenis format file saja yakni file ISO dan CSO. Nah, seperti yang agan & sista ketahui pula, game PPSSPP sendiri biasanya memiliki ukuran file yang cukup besar, rata-rata hampir atau kadang lebih dari 1 GB.

Terbayang kan sudah pasti kuota agan & sista akan tersedot banyak hanya untuk download 1 game PPSSPP saja. Maka dari itu biasanya para uploader game PPSSPP akan mengextract file ISO atau CSO game PPSSPP ke bentuk .rar atau .zip. Tujuannya agar ukuran file game nya menjadi lebih ramping, sehingga hemat kuota serta waktu untuk mendownload nya menjadi lebih cepat.

Mungkin ada sebagian dari agan & sista yang bingung saat menggunakan emulator PPSSPP, emulator tidak bisa membaca file game yang sudah agan download. Masalahnya bukan karena file corrupt sehingga tidak terbaca, tapi masalahnya adalah emulator hanya bisa mendeteksi file ISO dan CSO saja, sedangkan file yang agan & sista download masih berbentuk file RAR atau ZIP.

Untuk itu, yang perlu agan & sista lakukan adalah melakukan ekstrak file rar menjadi iso di android. Bagaimana cara ekstrak file rar menjadi iso di android? Simak tutorial berikut ini.

Cara Ekstrak File RAR menjadi ISO di Android

Sebelum masuk ke penjelasan cara ekstrak file rar menjadi iso di android, agan & sista harus menginstall satu aplikasi di android yaitu aplikasi file ekstraktor. Salah satu file ekstraktor yang sering digunakan adalah Zarchiver. Namun jika agan & sista punya aplikasi ekstraktor sendiri tidak masalah.

Oke sekarang masuk ke pembahasan cara ekstrak file rar menjadi iso di android, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka aplikasi file ekstraktor (Zarchiver dsb.), lalu buka folder tempat file game .rar atau .zip tersimpan. Pada android biasanya file akan otomatis tersimpan ke folder download.
  2. Tap atau centang pada file tersebut lalu pilih pilihan ekstrak file.
  3. Setelah selesai proses ekstrak file, buka folder baru hasil dari ekstrak tadi. Nantinya agan & sista akan temukan banyak sekali file dalam folder tersebut. Namun agan & sista harus mencari file dengan format .rar kembali.
  4. Jika sudah ketemu file dengan ekstensi .rar tap atau centang pada file tersebut lalu pilih ekstrak file kembali.
  5. Nah, jika sudah di ekstrak, barulah agan & sista akan menemukan file dengan format ISO.
  6. Setelah itu, buka emulator PPSSPP dan pilih folder tempat file iso game tadi berada maka emulator sudah bisa mendeteksi game tersebut dan agan & sista sudah bisa memainkan game nya di PPSSPP.

Jika agan & sista cermati, akan ada perbedaan ukuran file yang cukup besar antara file .rar dengan file ISO hasil dari extract file. Sebelum di extract, file RAR game bisanya berukuran kurang dari 1 GB, namun setelah di ekstrak menjadi ISO maka ukuran file nya bisa melebihi 1 GB loh.

Jadi, sekarang agan & sista sudah paham kan bagaimana cara ekstrak file rar menjadi iso di android, serta memahami juga mengapa perlu merubah file iso menjadi file rar. Demikian informasi dan penjelasan mengenai cara ekstrak file rar menjadi iso di android, semoga bermanfaat bagi agan & sista yang membacanya.