Belajar Menggunakan Terminal Linux – Tutorial Set

Belajar Menggunakan Terminal Linux

Belajar Menggunakan Terminal di Linux – Tutorial Set



Command line interface adalah sebuah antarmuka yang mengizinkan pengguna untuk berinterkasi dengan sistem melalui baris-baris perintah. Command line interface memberi pengguna akses yang lebih dalam mengelola sistem dibanding GUI (Graphic User Interface).

Seorang programmer, network atau server adminitrator dan sejenisnya harus bisa menggunakan command line interface. Karena banyak pekerjaan yang perlu dilakukan harus menggunakan command line interface.

Bahkan bagi seorang pengguna biasa sekalipun, tetap penting bisa menggunakan command line interface. Karena banyak hal seperti memasang dan menghapus aplikasi, memperbaiki error dan lainnya mesti atau bisa dilakukan dengan lebih mudah menggunakan command line interface.

Pada tutorial set kali ini kita akan belajar bagaimana caranya menggunakan command line interface ini untuk berinteraksi dengan sistem, yang akan disebut sebagai tutorial set Belajar Terminal.

Ada banyak command-command atau baris perintah yang digunakan untuk berinterakasi dengan sistem pada Linux. Namun disini kita akan belajar dari perintah-perintah dasar, dan akan dilanjutkan dan ditingkatkan secara bertahap.

Sebenarnya selain pada Linux, baris-baris perintah ini juga bisa digunakan pada sistem operasi lain yang juga berbasis pada Unix, seperti OS X, BSD dan lainnya. Hanya saja, beberapa perintah seperti untuk package management tidak sama.

Kita akan belajar tentang management file dan folder, hak akses, management usermanagement package dan aplikasi, management sistem, dan lain sebagainya yang akan dibagi ke dalam beberapa bagian agar lebih mudah untuk di pelajari.

Pada distribusi-distribusi Linux yang menggunakan desktop environment atau GUI, kamu bisa mengakses command line interface ini melalui sebuah aplikasi yang disebut Terminal emulator.


Untuk lebih jelasnya, langsung saja ke tutorial bagian pertama yang akan mengenalkan kamu dengan Terminal atau command line interface, direktori Home, user dan sebagainya.

Belajar Terminal #1 : Mengenal Tampilan Terminal, Struktur Direktori dan User

Belajar Terminal #2 : Cara Melihat Isi dari Sebuah Folder di Terminal

Belajar Terminal #3 : Cara Masuk, Keluar dan Pindah Folder Menggunakan Terminal

Belajar Terminal #4 : Cara Membuat Folder Baru Menggunakan Terminal

Belajar Terminal #5 : Cara Membuat File Baru Menggunakan Terminal

Belajar Terminal #6 : Cara Menghapus File Folder Menggunakan Terminal

Belajar Terminal #7 : Cara Mengopi File dan Mengubah Nama File

Belajar Terminal #8 : Cara Memindahkan File ke Folder Lain

Belajar Terminal #9 : Cara Mengunduh File Melalui Terminal Menggunakan Wget

Belajar Terminal #10 : Cara Mengatur Hak Akses File di Linux

Belajar Terminal #11 : Cara Menambah dan Menghapus Hak Akses File di Linux

Belajar Terminal #12 : Cara Mengubah File Ownership dan Group Permission di Linux