Cara Cek Nomor KK (Kartu Keluarga) Secara Online

Cara Cek Nomor KK (Kartu Keluarga) Secara Online

Cara Cek Nomor KK Secara Online – KK atau kartu keluarga merupakan salah satu dokumen kependudukan yang wajib dimiliki oleh setiap keluarga berstatus WNI (warga negara Indonesia). KK merupakan dokumen yang berisi data-data identitas kepala keluarga beserta seluruh anggota keluarga seperti nama, hubungan dalam keluarga, serta identitas anggota keluarga seperti umur, jenis kelamin, status perkawinan, status pekerjaan, dsb. KK sendiri sangat dibutuhkan dalam banyak pengurusan dokumen kependudukan maupun dokumen lainnya.

Sebut saja dalam membuat eKTP, KIS, BPJS, SKCK, Kartu Kuning, dan masih banyak lagi dokumen yang dibuat dengan persyaratan melampirkan KK pada proses pembuatannya. Untuk itu, setiap warga negara yang sudah berkeluarga, wajib memiliki KK. Salah satu fungsinya adalah untuk memudahkan kehidupan anggota keluarganya dalam menjalankan kehidupan di Tanah Air tercinta ini. Bisa dibayangkan jika satu keluarga tidak memiliki KK, pasti akan sangat sulit bagi anak-anak mereka untuk bersekolah apalagi di sekolah negeri. Bahakn untuk registrasi kartu prabayar saja sekarang harus menyetorkan data nomor KK

Satu hal yang identik dari KK adalah adanya nomor KK. Nomor KK merupakan nomor identik yang diterbitkan untuk satu kartu keluarga saja, jadi sama halnya dengan eKTP, tidak akan terjadi duplikasi atau nomor KK yang sama. Nomor KK terletak pada bagian paling atas KK tepat dibawah tulisan KARTU KELUARGA.

Saat ini sudah masuk zaman digital. Pemerintah Indonesia pun tak ketinggalan turut melakukan reformasi pelayanan mereka agar semakin kekinian dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Berbagai produk e-government pun mulai dibuat. Tak ketinggalan dengan urusan kependudukan. Saat ini, agan & sista sudah bisa mengecek sendiri nomor KK secara online. Hal semacam ini sangat berguna, terutama saat berada dalam kondisi membutuhkan nomor KK tapi tak memiliki dokumentasi KK, atau sedang tidak membawa KK. Digit nomor KK sendiri cukup banyak, jadi jarang sekali ada orang yang ingin menghafalnya.

Cara Cek Nomor KK Secara Online

Kemendagri menyediakan sebuah website untuk mengecek status NIK dan No KK, yakni di http://dukcapil.kemendagri.go.id/. Namun sayangnya, saat ini, halaman website tersebut sudah ditutup dan tidak bisa diakses oleh publik.Dan sampai saat ini, belum ada web terpadu yang bisa digunakan seluruh masyarakat untuk melakukan cek nomor KK.

Hanya beberapa dinas dukcapil di beberapa kabupaten saja yang sudah menyediakan layanan cek nomor KK secara online. Dan berikut beberapa website disdukcapil beberapa Provinsi dan kabupaten/kota yang memberikan layanan cek NIK bagi para penduduk.

  • DISDUKCAPIL Kalimantan Barat : https://dukcapil.kalbarprov.go.id/cek-kk
  • DISDUKCAPIL Kota Bekasi : http://simpaduk.bekasikota.go.id/website/ceknik
  • DISDUKCAPIL PATI : https://dispendukcapil.patikab.go.id/cekdata/nik
  • DISDUKCAPIL BATAM : https://disdukcapilbisa.batam.go.id/periksa/nik
  • DISDUKCAPIL KOTA TANGERANG : https://disdukcapil.tangerangkota.go.id/ceknik/
  • DISDUKCAPIL DI YOGYAKARTA : https://kependudukan.jogjaprov.go.id/olah.php?module=nik
  • DISDUKCAPIL KABUPATEN TEGAL : https://disdukcapil.tegalkab.go.id/informasi/cek_nik
  • DISDUKCAPIL SURABAYA : http://dispendukcapil.surabaya.go.id/ceknik_sby/
  • DISDUKCAPIL SRAGEN : http://dukcapil.sragenkab.go.id/informasi/cek_nik
  • DISDUKCAPIl SURAKARTA : http://dispendukcapil.surakarta.go.id/20XIV/index.php/en/pelayanan-kami/capil/pelayan-online/cek-status-data-ktp-el
  • DISDUKCAPIL KOTA BOGOR : http://disdukcapil.kotabogor.go.id/v1/ektp/cek_cetak
  • DISDUKCAPIL JEPARA : http://220.247.173.11/cekdata/
  • DISDUKCAPIL PEKALONGAN : http://e-adminduk.pekalongankota.go.id/ol/cekdata
  • DISDUKCAPIL BOYOLALI : http://sapidukcapil.boyolali.go.id/cekdata
  • DISDUKCAPIL BREBES : http://dindukcapil.brebeskab.go.id/satu-pintu
  • DISDUKCAPIL WONOGIRI : http://lapornik.disdukcapil.wonogirikab.go.id/

Jika daerah yang agan & sista tempati tidak memiliki website seperti di atas, jangan khawatir karena agan & sista masih bisa mengecek nik dan nomor kk milik agan & sista namun tidak secara online, melainkan lewat bantuan customer service dinas kependudukan dan catatan sipil.

Agan & sista bisa menanyakan berbagai masalah dokumen kependudukan kepada customer service Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil via telepon ke 1500537 namun tentu saja cara ini membutuhkan sedikit uang karena call center disdukcapil menggunakan tarif telepon biasa (Tidak gratis)

Demikian sedikit informasi mengenai cara cek nomor kk secara online, semoga informasi ini bermanfaat bagi agan & sista yang membacanya.

Ellis Khairunnisa