Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan yang Hilang Secara Online

October 15, 2018

Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan yang Hilang Secara Online

Lupa nomor kartu BPJS kesehatan atau ketenagakerjaan karena hilang atau tidak sobek ? Nah untuk mengetahui nomor BPJS yang hilang kamu perlu mempelajari cara caranya di artikel ini. Karena pada tutorial series kali ini kami akan menjelaskan cara cek nomor pesera BPJS kesehatan atau ketenagakerjaan dengan lengkap.

Kartu BPJS hilang atau tersobek yang mengakibatkan nomor kartu BPJS tidak hilang atau tidak bisa terbaca lagi merupakan kejadian yang sangat menyebalkan. Karena kartu BPJS adalah salah satu kartu penting yang harus selalu dijaga dan jangan sampai hilang. Namun karena faktor keteledoran atau lupa menyimpan kartu BPJS membuat kartu BPJS hilang.

Tanpa menggunakan kartu BPJS kesehatan kita tidak bisa menggunakan layanan gratis dari BPJS kesehatan, karena ketika menggunakan layanan kesehatan BPJS peserta harus menunjukan nomor BPJS yang tertera di kartu BPJS kesehatan tersebut. Begitu juga dengan kartu BPJS ketenagakerjaan yang sangat penting bagi kamu yang ingin mencairkan saldo BPJS ketenagakerjaan.

Karena untuk mengurus BPJS ketenagakerjaan setelah berhenti kerja dai perusahaan,  peserta harus membawa kartu BPJS ketenagakerjaan sebagai syarat utamanya. Lantas bagaimana cara cek nomor kartu BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan yang hilang ? Nah, cara mengetahui nomor kartu BPJS yang hilang sebenarnya sangat mudah tapi sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui cara caranya.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tutorialnya secara lengkap langkah langkah yang harus kamu lakukan untuk mengetahui nomor kartu peserta BPJS yang hilang atau tersobek. Yuk lihat selangkapnya dibawah ini.

Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan Secara Online

Cara cek nomor BPJS kesehatan yang hilang secara online ini sangat mudah, cara ini sebenarnya cara yang digunakan untuk mengecek tagihan iuran bulanan BPJS. Hanya saja dengan menggunakan cara ini juga kamu bisa mengetahui nomor kartu BPJS yang hilang.

Namun sebelum melakukan tutorial cara mengetahui nomor BPJS yang hilang secara online, kamu harus pinjam kartu BPJS saudara atau orang tua yang namanya ada dalam kartu keluarga (kartu KK).  Karena pada saat membuat kartu BPJS kesehatan maka nama nama yang ada dalam kartu KK tersebut semuanya wajib mendaftarkannya juga.

Nah setelah kamu mendapat pinjam kartu BPJS dari saudara, atau orang tua kamu, selanjutnya silahkan kamu kunjungi situs resmi BPJS kesehatan DISINI. Kemudian silahkan kamu isi data-data seperti berikut ini.

  1. No Kartu : Isi dengan menggunakan nomor kartu BPJS saudara atau keluraga yang kamu pinjam tersebut
  2. Tanggal Lahir : ISi tanggal lahir sesuai dengan yang tertera pada kartu BPJS tersebut
  3. Angka Validasi : Isi dengan angka yang muncul di gambar diatas

Nah setelah kamu isi semua data-data tersbut, setelah itu silahkan kamu klik tombol cek dan tunggu beberapa saat hinggamuncul informasi data peserta BPJS kesehatan seperti nama peserta, nomor peserta, status kepesertaan, jenis peserta, jumlah anggota keluarga dan lainnya. Silahkan kamu cek nama kamu dan catat nomor PBJS yang tertera di webiste tersebut.

Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS Ketenagakerjaan Yang Hilang

Jika untuk cek nomor BPJS kesehatan yang hilang bisa dilakukan dengan secara online. Berbeda dengan cara cek nomor BPJS ketenagakerjaan yang harus kamu lakukan secara manual seperti berikut ini.

1. Minta asip peserta BPJS di perusahaan tempat kamu bekerja

Silahkan kamu laporkan secara tertulis terkait kartu BPJS ketenagakerjaan atau kartu jamsostek yang hilang ke perusahaan. Setelah itu perusahan nantinya akan memberikan surat pengantar terkaait data diri kamu dan memberikan keterangan bahwa kartu BPJS ketenagakerjaan kamu hilang dengan dilengkapi stempel resmi dari perusahaan.

2. Cek Nomor KJP di Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Datang ke kantor BPJS ketenagakerjaan dan kamu bisa meminta bantuan kepada petugas dibagian pelayanan yang mengurus kartu BPJS ketenagakerjaan yang hilang. Setelah itu petugas akan meminta data data yang terkait BPJS ketenagakerjaan seperti NOmor KTP, nama perushaan, nomor telepon, dan alamat email. Nah setelah itu petugas akan memberitahu nomor BPJS Ketenagakerjaan atas nama kamu.

3. Membuat Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian

Setelah kamu mendapatkan surat pengatar dari perusahaan dan nomor kartu BPJS yang hilang. Selanjutnya silahkan kamu membuat laporan kehilangan ke kantor polisi dengan melampirkan data data tersebut sebagai data untuk bukti kehilangan. Kemudian pihak kepolisian akan memberikan surat keterangan kehilangan resmi dilengkapi dengan setmpel resmi kepolisian.

4. Mengajukan Duplikasi Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Langkah selanjutnya yaitu mengajukan duplikasi kartu BPJS ketenagakerjaan yang hilang ke kantor BPJS agar kamu bisa menggunakan kembali kartu BPJS untuk keperluan cek saldo ataupun klaim. Nah untuk mengajukan duplikat kartu BPJS kamu perlu membawa berkas berikut ini.

  1. Foto Copy KTP
  2. Foto Copy KArtu Keluarga
  3. Surat Kehilangan dari Kepolisian
  4. Surat Pengantar dari Perusahaan
  5. Surat Pengantar yang berisi pernyataan kehilangan kartu BPJS ketenagakerjaan

SIlahkan serehkan semua berkas berkas tersebut ke petugas BPJS untuk memproses duplikasi kartu BPJS kamu yang hilang dan tunggu hingga kamu mendapatkan kartu duplikasi BPJS yang baru.

SudoWay

Related Post