[X]

Cara Restart dan Shutdown Linux Menggunakan Shortcut Keyboard – SUDOWAY.ID

Cara Restart dan Shutdown Linux Menggunakan Shortcut Keyboard

Cara Restart dan Shutdown Linux Menggunakan Shortcut Keyboard

Cara Restart dan Shutdown Linux Menggunakan Shortcut Keyboard

Menggunakan shortcut keyboard untuk mematikan (shutdown) dan menghidupkan ulang (restart) perangkat menjadi hal yang sangat penting ketika mematikan perangkat dengan cara biasanya, seperti menggunakan tombol melalui interface desktop atau menggunakan command line untuk mematikan perangkat tidak dimungkinkan lagi.

Misalnya dalam kasus Linux kamu sedang mengalami masalah dan menjadi blank, jangankan untuk menekan menekan tombol shutdown atau membuka Terminal untuk melakukan restart atau mematikan komputer, dalam kondisi seperti itu menggerakkan kursor menggunakan mouse saja tidak memungkinkan.

Dalam keadaan ini, alih-alih menggunakan tombol fisik untuk mematikan komputer secara paksa yang bisa berbahaya pada kondisi sistem dan disk kamu, akan jauh lebih baik kamu melakukan menghidupkan ulang atau mematikan komputer kamu dengan menggunakan shortcut keyboard.

Untuk menghidupkan ulang atau mematikan Linux dengan menggunakan shortcut keyboard, kamu bisa melakukannya dengan menggunakan Magic SysRq. Magic SysRq adalah sebuah kombinasi tombol yang bisa dibaca oleh kernel Linux, yang mengizinkan pengguna untuk menggunakan berbagai perintah low-level yang terpisah dengan sistem.

Ada banyak fungsi yang bisa dilakukan dengan menggunakan kombinasi tombol ini, salah duanya adalah mengirim perintah untuk melakukan restart dan shutdown sistem. Dengan menggunakan Magic SysRq ini kamu bisa melakukan restart dan shutdown yang aman dengan menggabungkannya dengan beberapa fungsi yang lain sehingga tidak akan membahayakan sistem atau file kamu.

Pada layout keyboard (QWERTY) umumnya, tombol SysRq berada pada tombol yang sama dengan tombol Print Screen. Karena itu, untuk mendapat fungsi dari Magic SysRq kamu harus menekan tombol alt + Print Screen.

Cara Restart Ubuntu Menggunakan Shortcut Keyboard

Untuk menghidupkan ulang (restart) Linux kamu dengan menggunakan shortcut keyboard, kamu bisa melakukannya dengan menekan tombol alt + Print Screen secara bersamaan dan menahannya sambil menekan tombol R + E + I + S + U + B.

Tombol huruf-huruf ini (R, E, I, S, U, B) ditekan satu-satu persatu dan dilakukan secara berurutan sambil terus menahan tombol alt + Print Screen. Kemudian Linux kamu akan mengirim perintah kepada kernel agar melakukan restart atau menghidupkan ulang perangkat.

Cara Shutdown Ubuntu Menggunakan Shortcut Keyboard

Untuk mematikan Linux dengan menggunakan shortcut keyboard, kamu dapat melakukannya dengan menggunakan cara yang hampir sama, hanya saja jika untuk melakukan restart kamu harus menekan tombol R + E + I + S + U + B, untuk melakukan shutdown kamu dapat melakukannya dengan menekan tombol R + E + I + S + U + O.

Atau dengan kata lain, kamu dapat mengganti tombol B (yang digunakan untuk menghidupkan ulang perangkat) dengan tombol O untuk mematikan perangkat. Tekan tombol alt + SysRq secara bersamaan dan tahan, kemudian tekan tombol R + E + I + S + U + O satu persatu. Kemudian Ubuntu kamu akan langsung melakukan proses shutdown secara otomatis.

Sudoway.id

Related Post