Belajar Terminal #13 : Cara Membuat Group dan Menambah User ke Group

Cara Membuat Group dan Menambah User ke Group

Cara Membuat Group, Menambah User ke Group dan Mengubah Group Primary dari Sebuah User

Pada tutorial Belajar Terminal bagian sebelumnya kita sudah belajar bagaimana caranya mengubah user pemilik sebuah file serta group yang diberikan akses terhadap file tersebut. Group tersebut berisi kumpulan user yang telah diatur sebelumnya berdasarkan spesifikasi yang diinginkan.

Pengelompokan user ke dalam group berdasarkan hak akses yang akan diberikan penting dalam manajemen file dan user. Dengan begitu kamu akan bisa mengatur kelompok-kelompok user mana saja yang memiliki akses terhadap sebuah layanan, sebuah file, folder atau lainnya.

Pada tutorial kali ini, kita akan belajar tentang group pada Linux, bagaimana caranya membuat sebuah group user yang baru, bagaimana caranya menambah user ke sebuah group dan bagaimana mengubah group primary dari sebuah user.

Cara Membuat Sebuah Group Baru

Pertama, kita akan belajar terlebih dahulu bagaimana caranya membuat sebuah group baru. Untuk membuat sebuah group baru, caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menggunakan perintah groupadd dan diikuti dengan nama group baru yang akan dibuat.

Untuk membuat, menghapus atau mengganti group sebuah user, kamu harus menggunakan super user “root” atau user biasa yang memiliki hak akses administratif atau kemampuan untuk menjalankan perintah sudo.

Misalnya kamu ingin membuat sebuah group baru dengan nama “sudoway”, kamu dapat melakukannya dengan menggunakan perintah berikut:

sudo groupadd sudoway

Kemudian akan dibuat sebuah group baru dengan nama “sudoway”. Untuk membuktikan apakah kamu sudah berhasil membuat sebuah group baru, kamu dapat menggunakan perintah seperti berikut:

cut -f1 /etc/group

Kemudian akan muncul sebuah daftar kumpulan group yang ada pada komputer kamu lengkap dengan dengan daftar user yang ada di dalam group tersebut seperti pada gambar berikut:

Melihat Daftar Group Yang Ada Pada Linux

Melihat Daftar Group Yang Ada Pada Linux

Pada bagian paling bawah gambar tersebut kita bisa melihat group yang baru saja kita buat bernama “sudoway”, group tersebut belum memiliki user di dalamnya.

Cara Menambahkan User ke Group

Secara default setiap group dalam keadaan kosong tanpa user di dalamnya. Untuk menambahkan sebuah user ke dalam sebuah group, kamu dapat menggunakan perintah usermod dan menggunakan parameter-a -G” di depannya.

Misalnya kamu inginkan menambah sebuah user bernama “ikhsan” (yang sudah ada sebelumnya) ke dalam group bernama “sudoway” yang baru saja kita buat, kamu dapat melakukannya dengan menggunakan perintah seperti berikut:

sudo usermod -a -G sudoway ikhsan

Kemudian user yang bernama “ikhsan” tersebut akan menjadi anggota group “sudoway”. Untuk membuktikannya, kamu dapat melihat group dari sebuah user dengan menggunakan perintah groups dan diikuti dengan username dari user yang ingin kamu lihat didepannya, seperti berikut:

groups ikhsan

Kemudian kamu akan muncul daftar group dari user bernama “ikhsan” seperti pada gambar di bawah. Disana kamu akan melihat group “sudoway” di daftar group dari user “ikhsan”, yang berarti perintah yang kita gunakan sebelumnya untuk menambah user “ikhsan” ke group “sudoway” sudah berhasil.

Menambahkan Sebuah User ke Group di Linux

Menambahkan Sebuah User ke Group di Linux

Cara Merubah Group Primary Sebuah User

Di Linux, sebuah user bisa memiliki lebih dari satu group. Diantara banyak group dimana sebuah user bisa menjadi anggota di dalamnya, salah satu diantaranya akan menjadi group primary dari user tersebut.

Group primary adalah group utama dari sebuah user. Ketika sebuah file dibuat, secara default, user pembuat file tersebut akan menjadi pemilik file tersebut dan group primary dari user pembuat file tersebut akan menjadi group yang memiliki hak akses terhadap file yang dibuat.

Sebuah user hanya bisa memiliki satu buah group primary, semua group lain selain group primary disebut dengan group secondary. Kamu dapat mengubah group primary dari sebuah user dengan menggunakan perintah usermod dan menambahkan parameter “-g” di depannya.

Misalnya kamu ingin membuat group “sudoway” menjadi group primary dari user bernama “ikhsan” sebelumnya, kamu dapat melakukannya dengan menggunakan perintah seperti berikut:

sudo usermod -g sudoway ikhsan

Untuk membuktikan apakah kamu dapat menggunakan perintah groups ikhsan seperti pada gambar di bawah:

Mengubah Group Primary dari Sebuah User di Linux

Mengubah Group Primary dari Sebuah User di Linux

Pada gambar dibawah kamu akan melihat group “sudoway” berada di urutan pertama daftar group dari user “ikhsan”, yang berarti “sudoway” sudah menjadi group primary dari user “ikhsan”.

Sudoway.id

Related Post