Belajar Terminal #5 : Cara Membuat File Baru Menggunakan Terminal

Posted on

Cara Membuat File Baru Menggunakan Terminal

Sebelumnya kita sudah belajar bagaimana caranya membuat sebuah direktori baru dengan menggunakan command line interface atau dengan menggunakan Terminal di Linux menggunakan perintah mkdir.

Sedangkan untuk membuat file, Linux menyediakan perintah khusus yang bisa kita gunakan, yaitu perintah touch. Membuat file dengan menggunakan perintah touch cukup mudah, caranya hampir sama dengan cara membuat sebuah folder.

Perintah touch bisa digunakan untuk membuat file dengan ekstensi apa saja yang kamu inginkan, kamu hanya perlu menambahkan nama ekstensi dari file tersebut setelah nama file.

Membuat File Menggunakan Perintah Touch

Misalnya kamu ingin membuat sebuah file yang memiliki format “.txt” dengan nama “teks”, kamu bisa melakukan dengan menggunakan perintah seperti berikut:

touch teks.txt

Untuk membuktikan apakah file tersebut berhasil dibuat, kamu bisa memeriksanya dengan menggunakan perintah ls.

ls

Kemudian akan muncul file yang telah kamu buat sebelumnya seperti gambar dibawah:

Membuat File Menggunakan Terminal
Membuat File Menggunakan Terminal

Ini berarti kamu sudah berhasil membuat sebuah file dengan menggunakan perintah touch.

Membuat File Baru di Dalam Sebuah Folder Tertentu

Selain membuat sebuah file langsung pada direktori dimana kamu berada saat ini, kamu juga bisa membuat sebuah file dari pada sebuah folder atau sebuah struktur direktori dengan reference, sama seperti yang bisa lakukan dengan perintah mkdir, perintah cd, dan perintah ls sebelumnya.

Misalnya di direktori kamu berada saat ini terdapat sebuah folder bernama “folder1”, kamu bisa membuat sebuah file baru di dalam “folder1” tanpa perlu masuk terlebih dahulu ke dalam folder tersebut.

Sebagai contoh, kamu akan membuat sebuah file berksekstensi bernama “header.php” di dalam “folder1”, maka kamu bisa membuatnya dengan menggunakan perintah:

touch folder1/header.php

Untuk memeriksa apakah file tersebut sudah berhasil dibuat pada “folder1”, kamu bisa memeriksanya dengan menggunakan perintah “ls” seperti berikut:

ls folder1

Kemudian kamu akan melihat sebuah file bernama “header.php” di dalam “folder1” seperti gambar di bawah ini:

Membuat File di Dalam Folder Menggunakan Terminal
Membuat File di Dalam Folder Menggunakan Terminal

Berarti kamu sudah berhasil membuat sebuah file di dalam sebuah folder atau dengan menggunakan cara reference.

Cukup sekian tutorial bagian kali tentang cara membuat sebuah file dengan menggunakan command line interface.

Sebelumnya kita juga sudah belajar tentang bagaimana caranya membuat sebuah folder, selanjutnya kita akan belajar bagaimana caranya menghapus sebuah folder dan sebuah file di Terminal menggunakan command line interface.

 

Buat kamu yang ingin belajar banyak hal materi pelajaran lengkap, kami sarankan juga untuk mencoba mengakses situs ruangguru.co.id untuk latihan belajar disana

Comments are closed.