Install dan Konfigurasi NFS (Network File System) di Debian 8

Posted on

Install dan Konfigurasi NFS (Network File System) di Debian 8

Pengertian dan Fungsi NFS (Network File System)

NFS (Network File System) adalah sebuah protokol berbagi file terdistribusi yang memungkinkan pengguna atau sebuah komputer client untuk mengakses sebuah  berkas file atau folder pada komputer server melalui media jaringan.

NFS pada umumnya berjalan menggunakan protokol Remote Procedure Call (RPC) yang berjalan di atas UDP dan membuka port UDP nomor 2049 untuk melakukan komunikasi antara client dan server.

NFS client akan mengimpor sistem berkas secara remote dari NFS server, sementara NFS server akan mengekspor sistem berkas lokal kepada client sehingga pengguna yang melakukan pengaksesan file pada komputer server seperti sedang mengakses file pada penyimpanan lokalnya sendiri.

Selain NFS, mungkin kamu juga mengenal sistem file sharing lainnya seperti SAMBA ataupun FTP Server. Namun berbeda dengan SAMBA yang bisa melalukan file sharing dengan sistem operasi Windows, NFS khusus untuk bisa berbagi file dengan komputer yang menggunakan sistem Unix, seperti Linux.

Install Network File System (NFS) di Debian 8

Selain paket utama NFS, NFS juga membutuhkan paket lain agar NFS dapat berjalan. Karena NFS berjalan menggunakan protokol Remote Procedure Call (RPC), maka NFS membutuhkan portmap untuk berjalan.

Sebelum mulai menginstall paket-paket yang dibutuhkan tersebut dan mulai melakukan konfigurasi NFS, pastikan terlebih dahulu kamu sudah menambahkan repository pada Debian kamu jika kamu melakukan instalasi melalui repository.

Atau jika kamu melakukan instalasi paket-paket tersebut secara offline menggunakan DVD, pastikan kamu sudah menambahkan DVD binary yang dibutuhkan untuk NFS pada Debian. Pada Debian 8.6, paket yang dibutuhkan untuk NFS terletak pada DVD binary 1.

Jika sudah, kemudian install paket-paket yang dibutuhkan dengan menggunakan perintah berikut:

# apt-get install nfs-kernel-server portmap nfs-common

Kemudian tekan Enter, jika keluar output yang menanyakan apakah kamu yakin ingin melakukan instalasi paket tersebut. Tunggu proses instalasi hingga selesai.

Lanjutan : Konfigurasi NFS (Network File System) di Debian 8 >>