Install MusixMatch di Ubuntu
Install MusixMatch di Ubuntu

Install MusixMatch di Linux, Aplikasi Pemutar Musik Dengan Lirik




MusixMatch adalah sebuah aplikasi yang dapat menampilkan lirik dari lagu yang sedang diputar.

Jika lagu yang diputar sudah tersinkronisasi dengan benar, maka lirik dari lagu yang diputar tersebut akan tampil melayang dan berjalan secara otomatis berdasarkan lagu tersebut.

Tersedia lebih dari 12.4 juta lirik lagu yang ada dalam 50 bahasa dalam MusixMatch. Aplikasi ini dapat memutar lagu dari perpustakaan lokal perangkat atau melalui layanan-layanan streaming yang tersedia seperti Spotify, Google Play Music, dan lainnya.

Untuk menggunakannya agar dapat menampilkan lirik dari lagu yang sedang diputar, perangkat harus terhubung dengan internet. Kemudian MusixMatch akan mencari lirik yang sesuai dengan lagu yang diputar berdasarkan dengan judul, penyanyi, album dan tag lainnya dari lagu yang diputar.

MusixMatch tersedia pada berbagai perangkat, dari perangkat mobile, desktop, smart TV sampai perangkat wearable seperti Apple Watch dan Android Wear. MusixMatch pada awalnya merupakan aplikasi untuk sistem operasi mobile seperti Android, iOS, dan Windows Phone.

Kemudian seiring perkembangan aplikasi ini juga hadir untuk perangkat desktop, yang tersedia pada sistem operasi Windows dan Mac OS. Sekarang, akhirnya MusixMatch juga hadir untuk pengguna sistem operasi GNU/Linux.


Install MusixMatch di Ubuntu, Debian dan Turunannya

Jika kamu menggunakan distribusi Debian, Ubuntu dan turunannya seperti Linux Mint dan lainnya. Kamu dapat memasang MusixMatch pada perangkat kamu dengan menggunakan file package “.deb”.

Unduh file package instalasi berformat “.deb” dari MusixMatch langsung di halaman download website MusixMatch.

Kemudian tunggu proses unduhan hingga selesai. Jika proses unduhan sudah selesai, buka folder “Downloads” untuk memastikan bahwa file package instalasi dari MusixMatch tersebut ada pada folder tersebut.

Untuk menginstall file package “.deb” dari MusixMatch, kamu bisa meggunakan tool “dpkg” melalui Terminal.

Buka Terminal pada Linux kamu dengan menekan kombinasi keyboard (CTRL + ALT + T) atau buka Terminal melalui menu aplikasi.

Kemudian masuk ke direktori “Downloads” karena file package tersebut berada dalam folder “Downloads” dengan menggunakan perintah berikut:

cd Downloads

Install aplikasi MusixMatch pada perangkat kamu dengan menggunakan perintah berikut:

sudo dpkg musixmatch_0.19.1_amd64.deb

Sesuaikan kata “musixmatch_0.19.1_amd64” pada perintah tersebut dengan nama file package instalasi yang kamu unduh. Karena file tersebut bisa memiliki nama dan versi yang berbeda jika kamu mengunduhnya di waktu yang berbeda.



Kemudian tunggu proses instalasi hingga selesai. Setelah proses instalasi selesai, kamu dapat membuka aplikasi MusixMatch para perangkat kamu melalui launcher atau menu aplikasi.

Buka, silahkan daftar atau buat akun untuk mulai menggunakan MusixMatch, atau jika kamu sudah memiliki akun, kamu hanya perlu melakukan login yang sudah kamu miliki tersebut untuk mulai menggunakannya.

Namun sayangnya, saat ini aplikasi MusixMatch untuk Linux masih dalam tahap beta dan hanya bisa digunakan untuk memutar lagu dari layanan musik streaming Spotify. Untuk menggunakannya, silahkan lakukan instalasi aplikasi Spotify terlebih dahulu di perangkat kamu dengan menggunakan tutorial berikut.

Untuk cara menginstall aplikasi yang lebih lengkap dengan menggunakan file package “.deb”, seperti MusixMatch di atas, kamu bisa mengunjungi tautan Cara Menginstall Aplikasi Menggunakan File Package Deb ini.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here