Install dan Konfigurasi Webmail di Debian 8

October 24, 2017

Install dan Konfigurasi Webmail di Debian 8

Install dan Konfigurasi Webmail di Debian 8

Pengertian dan Fungsi Webmail

Webmail (Web-based Mail) adalah aplikasi email client yang berbasis web. Jika sebelumnya kamu pernah melihat atau menggunakan layanan email seperti Yahoo dan Gmail. Mereka menggunakan webmail sebagai email client untuk setiap penggunanya, misalnya Gmail yang bisa diakses di alamat www.gmail.com.

Webmail adalah salah satu jenis aplikasi email client. Selain webmail, aplikasi email client lainnya yang bisa juga digunakan adalah email client berbasis aplikasi seperti Mozilla Thunderbird ataupun Microsoft Outlook dan lainnya.

Kelebihan dari webmail sendiri adalah bisa digunakan dimana saja, kapan saja, dan menggunakan perangkat apa saja baik desktop maupun mobile, asalkan pengguna terkoneksi ke internet atau server dari webmail itu sendiri, tanpa harus memasang aplikasi.

Webmail hanyalah alat untuk mengelola email seperti membaca email, menulis email, mengirim email dan sebagainya. Untuk proses pengiriman kita tetap membutuhkan aplikasi-aplikasi mail server seperti SMTP, POP3 dan lainnya.

Untuk membuat webmail atau email client yang berbasis web, kita membutuhkan CMS (Content Management System) yang dikhususkan untuk webmail. Ada banyak CMS yang dikhususkan untuk webmail yang tersedia, diantaranya adalah Squirrelmail, RoundCube dan lain-lain.

Pada tutorial ini kita akan fokus belajar bagaimana caranya menginstal dan mengkonfigurasi webmail dengan menggunakan Squirrelmail.

Sebelum menginstall dan mulai melakukan konfigurasi Squirrelmail sebagai webmail di server Debian. Pastikan kamu sudah menginstall dan melakukan konfigurasi web server dan DNS server pada komputer server kamu.

Karena Webmail adalah aplikasi email client yang berbasis web, maka webmail membutuhkan web server agar dapat berjalan.

Jika kamu belum melakukan konfigurasi web server, kamu bisa mengikuti tutorial install dan konfigurasi web server di Debian 8 berikut. Dan jika kamu belum melakukan konfigurasi DNS server, kamu bisa mengikuti tutorial install dan konfigurasi DNS server pada Debian berikut ini.

Install Squirrelmail Sebagai Webmail di Debian 8

Squirrelmail adalah salah satu aplikasi webmail yang paling terkenal. Fitur-fitur yang dimiliki Squirrelmail tergolong cukup lengkap dan mudah untuk dikonfigurasi.

Squirrelmail sudah tersedia secara default pada Debian, baik pada repository maupun pada file iso atau DVD binary. Pada tutorial ini saya menggunakan Debian 8, namun tutorial ini juga bisa digunakan pada Debian 9 atau versi Debian sebelumnya seperti Debian 7 dan Debian 6.

Jika kamu melakukan instalasi melalui repository, pastikan kamu sudah terhubung di internet, atau jika kamu melakukan instalasi melalui DVD binary, masukkan DVD binary lokasi paket squirrelmail berada. Pada Debian 8.6, paket Squirrelmail berada pada DVD binary 3.

Kemudian untuk melakukan instalasi Squirrelmail, masukkan perintah seperti berikut:

# apt-get install squirrelmail

Tekan Enter jika keluar output yang menanyakan apakah kamu yakin ingin melakukan instalasi. Kemudian tunggu proses instalasi hingga selesai dan pastikan berhasil dengan baik.

Jika kamu melakukan instalasi melalui DVD, karena Squirrelmail juga membutuhkan paket-paket lain, maka pada saat instalasi Squirrelmail, kamu akan diminta memasukkan DVD binary lain untuk menginstal paket yang akan dibutuhkan untuk menjalankan Squirrelmail.

Lanjutan : Konfigurasi Webmail Menggunakan Squirrelmail di Debian 8 >>

Tinggalkan Komentar

Email kamu tidak akan dipublikasikan