Plasma Vault
Plasma Vault

Plasma Vault, Aplikasi Untuk Melakukan Enkripsi Folder Tertentu dari Pengembang KDE




Pada era digital dengan penyebaran informasi yang sangat cepat ini, menjaga privacy adalah hal yang penting. Termasuk menjaga file atau data pribadi milik kamu di perangkat komputer atau smartphone. Bagaimana cara kamu melakukannya selama ini?

Pada sistem operasi Linux, salah satu cara yang bisa kamu bisa kamu lakukan untuk menjaga data atau file kamu adalah dengan melakukan enkripsi pada folder Home.

Jika kamu adalah pengguna sistem operasi Linux yang menggunakan lingkungan desktop KDE, kamu bisa merasa lega karena KDE membuat sebuah aplikasi yang membantu menjaga file dan dokumen kamu bernama Plasma Vault. 

Plasma Vault adalah sebuah aplikasi open source yang diciptakan oleh pengembang KDE untuk lingkungan desktop KDE, yang akan hadir secara stable pada KDE Plasma 5.11 yang akan dirilis pada pertengahan bulan oktober ini.

Plasma Vault memungkinkan kamu untuk melakukan enkripsi pada folder-folder tertentu yang ingin kamu kunci untuk mengamankan file milik kamu dari pihak yang tidak diinginkan.

Jika sebelumnya kamu sudah melakukan enkripsi pada direktori Home di Linux kamu, bukan berarti kamu tidak perlu lagi menggunakan Plasma Vault, karena cara Plasma Vault mengamankan file atau data berbeda dengan cara enkripsi biasa pada folder Home.

Enkripsi direktori Home biasa tersebut tidak melakukan enkripsi pada file atau data kamu saat kamu sedang login dengan sebuah user.

Sehingga ketika seseorang meminjam komputer kamu, kemudian kamu meminkamkannya dalam keadaan komputer sudah login dengan user tersebut, mereka akan tetap bisa mengakses file atau data kamu.

Sedangkan dengan menggunakan Plasma Vault, kamu bisa melakukan enkripsi secara spesifik pada masing-masing folder tertentu yang kamu anggap penting dan tidak boleh tidak dilihat oleh orang lain tanpa izin.

Meski kamu meminjamkan kemputer kamu dalam keadaan sedang login dengan user tersebut, mereka akan tetap tidak bisa mengakses folder yang kamu kunci dengan Plasma Vault tanpa kata sandi yang kamu gunakan.



Plasma Vault mengisi kekosongan dari enkripsi folder Home pada umumnya. Jadi akan sangat baik jika kamu menggunakan Plasma Vault untuk melakukan enkripsi pada folder tertentu dan kamu tetap melakukan enkripsi direktori Home pada umumnya.

Dengan begitu kamu memiliki keamanan ganda. 

Plasma Vault akan tersedia secara native pada distribusi-distribusi Linux yang menggunakan lingkungan desktop KDE Plasma 5.11 nantinya, jadi kamu bisa langsung menggunakannya tanpa perlu melakukan instalasi sendiri.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here