Tampilan Stress Terminal UI
Tampilan Stress Terminal UI

Install Stress Terminal UI, Monitoring CPU Lewat Terminal





Bicara tentang Linux, tidak akan lengkap tanpa menyebut Terminal. Terminal pada Linux memang bisa melakukan banyak hal, dari sekedar mencari file, membuat bootable flashdisk, hingga membuat animasi GIF dan lainnya bisa dilakukan melalui Terminal di Linux.

Bagi para pengguna yang mencintai Terminal, sesuatu hal yang bisa dilakukan dengan Terminal akan lebih mudah dan asik dilakukan pada Terminal daripada harus melakukannya melalui GUI.

Lebih banyak tool Terminal berarti komputer kamu menjadi lebih menyenangkan.

Ada banyak tool Terminal yang bisa digunakan pada Linux, sebelumnya saya sudah pernah menulis tool terminal seperti Music Player CMus, GPing, Neofetch dan lainnya. Kali ini saya akan menulis sebuah tool Terminal lainnya, yang bisa melakukan monitoring dan memvisualisasikan penggunaan CPU melalui Terminal bernama Stress Terminal UI.

Stress Terminal UI atau yang juga disingkat dengan nama s-tui adalah sebuah tool untuk melakukan monitoring CPU yang sedang berjalan pada perangkat kamu melalui Terminal. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Python.

Tool ini mempunyai tampilan visual yang bersih dan cantik sehingga nyaman digunakan. Kamu bisa mengatur tampilan Stress Terminal UI jika ingin mempunyai tampilan grafik yang lebih smooth.

Pada Stress Terminal UI, kamu bisa mengatur bagian-bagian tertentu yang ingin kamu tampilkan dan menyembunyikan bagian yang tidak kamu butuhkan dengan memilihnya pada bagian kanan tampilan.

Stress Terminal UI juga mendukung stress testing CPU milik kamu, yang akan menggunakan tool CLI “stress” untuk melakukan stressing pada CPU.



Jika kamu ingin memilih Stress Operation mode, kamu tinggal memilihnya pada bagian kanan tampilan tool ini. Kamu juga bisa mengatur Stress Testing parameter dari the Stress Options.

Jika kamu ingin untuk mengamati berbagai parameter CPU dari kamputer kamu dan kamu harus atau suka menggunakan Terminal, Stress Terminal UI adalah sebuah tool yang cocok kamu gunakan.

Tapi Stress Terminal UI tidak menampilkan informasi secara spesifik tentang proses yang sedang berjalan pada sistem, ia hanya menampilkan informasi keseluruhan secara umum.

Jadi jika kamu membutuhkan sebuah tool yang menampilkan informasi tentang invidual process secara spesifik, Stress Terminal UI bukan tool yang cocok.

Cara Install Stress Terminal UI di Ubuntu dan Turunannya

Untuk menginstall Stress Terminal UI di Ubuntu dan turunannya, kamu bisa memasangnya dengan menggunakan PPA repository.

Buka Terminal pada Linux kamu dengan menekan kombinasi keyboard (CTRL + ALT + T) atau buka Terminal melalui menu aplikasi.

Kemudian masukkan perintah berikut pada Terminal untuk menambah PPA repository dari Stress Terminal UI:

sudo add-apt-repository ppa:amanusk/python-s-tui

Setelah proses penambahan PPA repository selesai, lakukan update untuk memperbaharui daftar repository dan aplikasi dengan menggunakan perintah berikut di Terminal:

sudo apt-get update

Tunggu proses update hingga selesai, kemudian install Stress Terminal UI pada Linux kamu dengan memasukkan perintah berikut di Terminal:

sudo apt-get install python-s-tui

Tunggu proses instalasi hingga selesai dan berhasil. Sejauh ini proses pemasangan Stress Terminal UI sudah selesai dan kamu bisa menggunakannya dengan mengetikkan perintah “s-tui” pada Terminal.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here