GNU Linux-libre Kernel 4.13 Dirilis
GNU Linux-libre Kernel 4.13 Dirilis

GNU Linux-libre Kernel 4.13 Dirilis, Kernel yang 100% Free




GNU Linux-libre adalah sebuah project yang merawat dan mempubilkasikan sebuah kernel yang 100% free dengan cara menghapus software apapun dari Linux kernel utama yang tidak memuat source code.

Kernel GNU Linux-libre diperuntukkan untuk pengguna yang menginginkan penggunaan sistem yang 100% free dan gratis. Kernel ini tetap berbasis pada kernel Linux yang dikembangkan oleh Linus Torvalds.

Hanya saja kernel ini menghapus beberapa software yang disertakan tanpa source code, atau dengan source code yang tidak jelas dan dikabur-kaburkan, yang berada dibawah naungan lisensi non-Free Software.

Kernel GNU Linux-libre biasanya dirilis beberapa hari setelah final rilis secara resmi kernel Linux dari Linus Torvalds.

Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada akhir minggu yang lalu, Linus Torvalds mengumumkan perilisan Linux Kernel 4.13 secara resmi. Dan sekarang waktunya untuk versi baru dari versi GNU Linux-libre dirilis, dalam kasus ini, kali ini merupakan kernel GNU Linux-libre versi 4.13.

Alexandra Olivia, sang pengembang dari GNU Linux-libre project akhirnya mengumumkan dirilisnya GNU Linux-libre 4.13 kernel.

Kernel GNU Linux-libre 4.13 dirilis sebagai sebuah rilis yang besar, rilis ini melakukan lebih banyak deblob driver (menghapus software tanpa source code) dibandingkan dengan rilis-rilis yang dilakukan sebelumnya.

Diantara driver-driver yang di-blob tersebut, kita bisa menyebut diantaranya adalah driver Qualcomm Venus V4L2 encoder dan decoder, Qulcomm ADSP dan WCNSS, dan tool kriptografi Inside Secure SafeXcel.

Driver The Mellanox Technologies Spectrum, Cavium Nitrox CNN55XX, dan Quantenna QSR10g juga membutuhkan deblobbing pada kernel GNU Linux-libre 4.13, yang menambahkan sedikit modifikasi logika deblobbing per-release untuk driver Redpine Signals WLAN, IWLWIFI, dan AMDGPU karena source code-nya sudah diatur ulang.


Setelah melakukan deblobbing, kernel tersebut di-compile kembali seperti biasanya. Menurut pengumuman yang dilakukan lewat mailing list, driver ath10k, Adreno A5xx, brcmfmac, Intel i915 CSR, Silead DMI, dan wil6210 juga harus dilakukan deblobbing.

Jika kamu ingin menggunakan sistem operasi yang 100% bebas pada perangkat kamu, kamu bisa menggunakannya dengan mengunduhnya di halaman resmi dan melakukan compile kernel GNU Linux-libre ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here