Ubuntu 17.10 Artful Aardvark
Ubuntu 17.10 Artful Aardvark

Window Button di Ubuntu 17.10 Akan Berada di Sebelah Kanan

Ubuntu 17.10 Akan Memiliki Window Button di Sebelah Kanan
Illustrasi Window Button di Sebelah Kiri atau Kanan (OMG! Ubuntu)
Kabar tentang bagaimana tampilan Ubuntu desktop pada Ubuntu 17.10 mulai muncul, ada perubahan besar yang terjadi.





Canonical akhirnya membuat sebuah keputusan yang cukup berani dan cukup kontroversi tentang bagaimana tampilan dari Ubuntu 17.10. Keputusan ini membuat Ubuntu seolah menjadi tidak konsisten akan tampilan yang sudah menjadi ciri khasnya.

Pada Ubuntu 17.10 window button pada sebuah jendela di Ubuntu akan ditempatkan di posisi sebelah kanan, atau mungkin lebih tepatnya Canonical akan mengembalikan posisi window button pada Ubuntu kembali ke sebelah kanan.

Seperti yang sudah kita ketahui, pada tahun 2010 Canonical memilih untuk menempatkan window button ke posisi di sebelah kiri jendela pada Ubuntu. Pada saat keputusan itu diambil, ada banyak pengguna yang tidak setuju dan menolak.

Mungkin hal tersebut juga bisa terjadi pada keputusan yang dibuat oleh Canonical kali ini. Pasti akan ada pengguna Ubuntu yang tidak setuju atau menolak keputusan pemindahan window button ke sebelah kanan pada Ubuntu kali ini.

Jika kamu tidak setuju dengan keputusan yang diambil Canonical kali ini dan merasa sudah nyaman dan terbiasa dengan posisi window button di sebelah kiri, kamu tidak perlu merasa khawatir akan menjadi tidak nyaman dengan posisi window button yang akan berubah ke sebelah kanan.

Kamu bisa memindahkan window button tersebut dengan menggunakan GNOME Tweak Tool. Dengan menggunakan GNOME Tweak Tool kamu bisa mengubah window button yang ada pada Ubuntu nantinya dengan mudah ke tempat yang kamu inginkan.

Meski akan kembali menggunakan GNOME, Ubuntu 17.10 akan tetap menampilkan tombol-tombol “minimize”, “maximize”, dan tombol “close” secara default seperti sebelumnya. Hal ini berbeda dengan window button yang ada pada GNOME yang hanya menampilkan tombol tombol “close”.

Canonical mengambil keputusan itu bukan tanpa alasan, berdasarkan survei GNOME Desktop User kepada para pengguna GNOME, menunjukkan hasil bahwa mayoritas pengguna yang menggunakan Ubuntu menginginkan agar posisi window button berada di sebelah kanan.

Apakah kamu setuju dengan keputusan yang diambil oleh Canonical ini? Tuliskan pendapat kamu di komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here