Install Terbaru di Linux
Install Terbaru di Linux

Cara Install XAMPP Terbaru di Linux



XAMPP adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk menjalankan sebuah server secara lokal di komputer itu sendiri atau localhost. Dengan menggunakan XAMPP kamu bisa menjalankan atau mengembangkan sebuah website secara lokal atau offline.

XAMPP sendiri merupakan sebuah singkatan dari beberapa kata atau disebut juga dengan akronim. Huruf X mewakili cross atau cross platform yang berarti bisa dijalanlan di berbagai sistem operasi. A adalah singkatan dari Apache yang merupakan sebuah aplikasi web server. M adalah singkatan dari MariaDB yang merupakan sebuah aplikasi database server. Dan dua buah huruf P mewakili dua buah bahasa pemrograman yang tersedia dalam XAMPP yaitu PHP dan Perl.

Sebelumnya XAMPP menggunakan MySQL sebagai aplikasi database sever, namun sejak XAMPP 5.5.30 dan XAMPP 5.6.14, para pengembang menggantikannya dengan MariaDB sebagai aplikasi database server.

XAMPP dikelola oleh Apache Friend dan merupakan aplikasi open source. Sebagai aplikasi open source, XAMPP berada dibawah lisensi GNU General Public License (GPL)

Seperti yang sudah disebutkan, XAMPP adalah aplikasi cross platform yang bisa digunakan di berbagai sistem operasi. Selain pada sistem operasi GNU/Linux, XAMPP juga bisa dijalankan pada sistem operasi Windows, Solaris dan Mac OS X. Versi terbaru dari XAMPP saat ini adalah XAMPP 7.1.6 yang sudah mendukung bahasa pemrograman PHP 7.1.6.


Cara Install XAMPP di Linux (Ubuntu, Debian, Fedora, Mint, Manjaro dan Distro Lainnya)

Jika kamu menggunakan sistem operasi Linux, baik kamu menggunakan distro Ubuntu, Debian, Linux Mint, Fedora ataupun distribusi Linux lainnya, kamu bisa menginstall XAMPP dengan menggunakan file instalasi yang berformat “.run”. File berformat ini bisa dijalankan di semua distribusi Linux.

Unduh file package atau file instalasi XAMPP untuk Linux yang berformat “.run” langsung di website resmi XAMPP ini. . Unduh XAMPP sesuai dengan versi yang kamu inginkan, hal ini tergantung dengan versi PHP yang ingin kamu gunakan.

Jika kamu ingin menggunakan PHP versi 5.6.30, kamu bisa mengunduh XAMPP 5.6.30. Jika kamu ingin menggunakan PHP versi 7.0.20, kamu bisa mengunduh XAMPP 7.0.20. Atau jika kamu ingin menggunakan PHP versi 7.1.6, kamu bisa mengunduh XAMPP 7.1.6. Silahkan unduh sesuai dengan versi yang ingin kamu gunakan.

Tunggu proses unduhan hingga selesai. Jika sudah selesai, file hasil unduhan tersebut akan berada folder Downloads. Buka Terminal pada Linux kamu dengan menekan kombinasi keyboard CTRL + ALT + T atau buka Terminal melalui menu aplikasi.


Karena file hasil unduhan dari XAMPP tersebut berada pada folder Downloads, agar dapat mengkasesnya, masuk ke folder Downloads dengan mengetikkan perintah berikut di Terminal:

cd ~/Downloads

Selanjutnya ubah hak akses dari file tersebut dengan memasukkan perintah berikut di Terminal:

sudo chmod +x xampp-linux-x64-7.1.6-0-installer.run

Sesuaikan kata “xampp-linux-x64-7.1.6-0-installer.run” pada perintah tersebut dengan nama file hasil unduhan dari XAMPP yang kamu unduh. Jika kamu mengunduh versi XAMPP yang berbeda, atau mengunduh XAMPP di waktu yang berbeda maka nama file tersebut juga akan berbeda. Disini saya menggunakan XAMPP 7.1.6 yang merupakan versi saat ini.

Jika sudah memberik hak akses pada file tersebut. Kamu dapat menginstall XAMPP pada Linux kamu dengan memasukkan perintah berikut di Terminal:

sudo ./xampp-linux-x64-7.1.6-0-installer.run

Jangan lupa untuk menyesuaikan “xampp-linux-x64-7.1.6-0-installer.run” pada perintah tersebut sesuai dengan nama dari XAMPP yang kamu unduh.

Kemudian akan muncul menu pop-up dalam tampilan grafis sebagai menu instalasi XAMPP. Sampai disini kamu sudah bisa melakukan instalasi XAMPP seperti biasanya dengan klik dan next. Pastikan proses instalasi selesai dan berhasil dengan baik tanpa adanya error.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here