Install Tilix (Terminix) di Linux, Terminal Emulator Cantik yang Mempunyai Banyak Fitur




Tilix adalah sebuah aplikasi Terminal emulator dengan berbagai kemampuan dan fitur tambahan. Tilix yang sebelumnya bernama Terminix ini, dibuat berbasiskan GTK3. Tilix dibuat dengan mengikuti peraturan Gnome Human Interface Guidelines (HIG).

Aplikasi Terminal emulator ini cukup ringan sehingga berjalan dengan sangat powerful, Tilix juga memiliki tampilan cantik yang dapat dikustom sesuai dengan keinginan dan mempunyai segudang fitur yang dapat memudahkan kamu dalam penggunaannya.

Tilix memungkinkan kamu menjalankan lebih dari satu sesi Terminal. Sesi tersebut dapat kamu jalankan dengan menekan tombol “+” di bagian bar atas aplikasi seperti membuka sebuah tab baru di browser web. Kamu juga dapat dengan mudah baralih dari satu sesi ke satu sesi lainnya dari menu bar tersebut.

Sesi Pada Tilix
Sesi Pada Tilix

Kemudian Tilix juga memungkinkan untuk membuat mutiple panes, dimana kamu dapat membuat beberapa panel atau bagian dalam satu buah sesi. Panel-panel tersebut dapat dibuat dalam jumlah yang tidak tarbatas, kamu bisa dengan mudah membagi Terminal dalam berapa bagian atau panel secara horizontal ataupun vertikal.

Mutiple Panes Pada Tilix
Mutiple Panes Pada Tilix

Tilix juga customizable, kamu dapat melakukan kustomisasi pada Terminal emulator Tilix dengan membuat atau menambah profile baru. Kamu bisa mengubah jenis huruf, ukuran huruf, warna, tampilan, menambahkan background pada Terminal dan sebagainya dengan menggunakan aplikasi Terminal emulator Tilix.

Selain fitur-fitur tersebut, masih ada banyak kemampuan lain yang dimiliki oleh Tilix seperti notifikasi, mendukung pemberian nama judul, setiap sesi bisa menggunakan profile yang berbeda, ukuran bisa diatur dengan cara drag and drop serta bisa digunakan sebagai dropdown Terminal dan banyak kemampuan-kemampuan lainnya.


Install Tilix di Ubuntu dan Turunan Menggunakan PPA Repository

Jika kamu menggunakan Ubuntu 16.04, Ubuntu 16.10, Ubuntu 17.04 serta turunannya seperti Linux Mint 8.x dan lainnya. Kamu bisa menginstall Tilix pada komputer kamu dengan menggunakan PPA repository.

Buka Terminal pada komputer kamu dengan menekan kombinasi keyboard CTRL + ALT + T atau buka Terminal melalui menu aplikasi.

Kemudian masukkan perintah berikut pada Terminal untuk menambahkan PPA repository dari Tilix. Kamu bisa meng-copy perintah tersebut dan paste pada Terminal dengan menekan kombinasi CTRL + SHIFT+ V:

sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/terminix

Tunggu proses penambahnan repository hingga selesai. Kemudian lakukan update untuk memperbaharui daftar repository dan daftar aplikasi dengan memasukkan perintah berikut di Terminal:

sudo apt-get update

Tunggu proses update hingga selesai. Kemudian install Tilix dengan memasukkan perintah berikut di Terminal:

sudo apt-get install tilix

Tunggu proses instalasi hingga selesai dan pastikan tidak ada error pada saat proses instalasi. Jika instalasi sudah selesai dan berhasil, kamu dapat membuka Tilix melalui menu aplikasi dan mulai menggunakannya.


Install Tilix di Linux Menggunakan Source Code

Selain menginstall melalui PPA, kamu juga bisa menginstall Tilix dari menggunakan source code langsung. Cara ini bukan hanya bisa di lakukan pada Ubuntu atau turunannya, juga pada distribusi-ditribusi Linux yang lain.

Unduh file source code dari Tilix di halaman Github Tilix berikut. Unduh source code dari Tilix tersebut dalam bentuk dalam file zip yang bernama “tilix.zip”. Setelah proses unduhan selesai, file hasil unduhan tersebut akan berada pada folder Downloads.

Buka Terminal pada komputer kamu, karena file hasil unduhan tersebut berada pada folder Downloads, masukkan perintah berikut pada Terminal untuk masuk ke direktori Downloads:

cd ~/Downloads

Jika sudah berhasil masuk direktori dimana file tersebut berada, selanjutnya ekstrak terlebih dahulu file zip tersebut dengan memasukkan perintah berikut di Terminal:

sudo unzip tilix.zip -d /

Kemudian setelah berhasil mengekstrak file tersebut, lakukan compile source code dari Tilix dengan menggunakan perintah berikut di Terminal:

sudo glib-compile-schemas /usr/share/glib-2.0/schemas/

Tunggu proses compile hingga selesai dan pastikan berhasil dengan baik. Jika sudah selesai, kamu dapat menjalankan dan mulai menggunakan Tilix dengan membukanya melalui menu aplikasi.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here