Install PSPP, Aplikasi Open Source Pengolah Statistik Alternatif SPSS





PSPP atau GNU PSPP adalah sebuah aplikasi open source yang digunakan untuk mengolah data dan menganalisis statistik. Karena gratis, PSPP sering dijadikan alternatif lain dari aplikasi SPSS milik IBM yang merupakan sebuah aplikasi berbayar.

Aplikasi ini biasanya digunakan oleh para mahasiswa dan para peniliti yang melakukan berbagai riset untuk berbagai keperluan, seperti riset pemasaran, riset pengendalian dan perbaikan mutu, serta riset-riset dalam ilmu lainnya yang memerlukan pengolahan data-data atau statistik.

PSPP merupakan aplikasi yang sepenuhnya gratis, kamu tidak akan dibatasi waktu dalam penggunaannya atau dibatasi jumlah kerjaan yang bisa kamu kerjakan. Kamu tidak perlu membayar atau membeli paket tambahan untuk mendapatkan fitur tingkat lanjut dari PSPP ini. Semua fungsi atau kegunaan dari aplikasi ini sudah tersedia pada aplikasi utama dan sepenuhnya gratis.

Tampilan dari PSPP dibuat mirip dengan SPSS, meski tidak sepenuhnya mirip, . Hal ini bertujuan agar para pengguna yang sudah terbiasa dengan aplikasi SPSS dapat menggunakan PSPP dengan sama mudahnya seperti saat menggunakan SPSS. Jadi seharusnya tidak alasan bagi kamu untuk tidak PSPPĀ  karena alasan tidak familiar.

PSPP ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman C dan merupakan project dari tim GNU. Sebagai aplikasi open source PSPP berada dibawah lisensi GNU General Public License (GPL).
PSPS memiliki banyak fitur-fitur yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan kamu dalam menganalisis data dan statistik. Beberapa kemampuan yang dimiliki oleh PSPP adalah sebagai berikut:

  1. Mendukung lebih dari 1 juta kasus
  2. Mendukung lebih dari 1 juta variable
  3. Sintaks dan file data yang kompatibel dengan SPSS
  4. Bisa digunakan dari Command Line Interfaces atau Graphics User Interfaces
  5. Mendukung format file output text, postscript, pdf, OpenDocument dan HTML
  6. Bisa mengoper data dengan Gnumeric, LibreOffice, OpenOffice dan aplikasi open source lainnya.
  7. Bisa memasukan data dari sumber spreadsheets, text file dan dari database
  8. Tidak perlu membayar atau membeli lisensi
  9. Tidak memiliki tenggat waktu penggunaan
  10. Dan banyak fitur lainnya.

Cara Install PSPP di Debian, Ubuntu, Linux Mint dan Lainnya.

Jika kamu menggunakan distribusi Debian, Ubuntu, Linux Mint dan turunan lain dari distro tersebut. Kamu bisa langsung melakukan instalasi aplikasi PSPP pada perangkat kamu tanpa perlu menambahkan tambahan repository lainnya, PSPP sudah tersedia secara default pada official repository.

Buka Terminal pada Linux kamu dengan menekan kombinasi keyboard CTRL + ALT + T atau buka Terminal melalui menu aplikasi.

Sebelum menginstall PSPP, lakukan update terlebih dahulu agar sistem memperbaharui semua daftar aplikasi dan daftar repository, masukkan perintah berikut di Terminal untuk melakukan update:

sudo apt-get update

Tunggu proses update hingga selesai dan pastikan tidak ada error pada saat proses update. Jika proses update sudah selesai, kamu dapat menginstall PSPP pada Linux kamu dengan memasukkan perintah berikut di Teminal:

sudo apt-get install pspp

Tunggu proses instalasi hingga selesai dan pastikan proses instalasi berhasil dengan baik tanpa adanya error. Jika sudah selesai, kamu dapat membuka PSPP melalui menu aplikasi dan mulai menggunakannya.



Install PSPP Terbaru di Ubuntu Melalui PPA

Jika kamu menggunakan Ubuntu (atau turunannya) yang versi lama, seperti Ubuntu 14.04. PSPP yang disediakan pada official repository versi Ubuntu tersebut adalah versi yang sudah lama. Agar kamu bisa menggunakan PSPP versi terbaru, kamu bisa dapat menginstalnya melalui PPA repository

Buka Terminal di Ubuntu kamu dengan menekan kombinasi keyboard CTRL + ALT + T atau buka Terminal melalui menu aplikasi.

Kemudian tambahkan PPA repository dari PSPP versi terbaru dengan masukkan perintah berikut di Terminal:

sudo add-apt-repository ppa:adamzammit/pspp

Setelah berhasil menambahkan repository, selanjutnya lakukan update untuk memperbaharui daftar aplikasi dari repository yang ada. Masukkan perintah berikut di Terminal untuk melakukan update sistem kamu:

sudo apt-get update

Tunggu proses update hingga selesai, jika sudah selesai. Selanjutnya kamu dapat melakukan instalasi PSPP dengan memasukkan perintah berikut di Terminal:

sudo apt-get install pspp

Tunggu proses instalasi hingga selesai dan pastikan berhasil dengan baik tanpa adanya pemberitahuan error. Jika proses instalasi berhasil, kamu dapat membuka PSSP melalui menu aplikasi dan mulai menggunakannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here