Cara Mudah Hapus File Sampah di Ubuntu
Cara Mudah Hapus File Sampah di Ubuntu

Cara Mudah Menghapus File Sampah atau Cache di Ubuntu




File sampah atau junk file adalah file-file cache hasil pemrosesan atau penggunaan pada sistem yang tidak lagi dibutuhkan. File sampah ini bisa berupa cache penggunaan browser seperti Mozilla Firefox, cache dari apt pada saat kamu menginstall aplikasi, atau kernel lama yang tidak lagi kamu butuhkan dan sebagainya.

File sampah ini bisa menjadi hal yang menyebalkan, kadang secara tidak sadar file-file sampah ini akan membuat media penyimpanan kamu menjadi penuh tanpa kamu menyadarinya, padahal kamu tidak menyimpan atau menambahkan file-file data baru.

Bahkan cache dari apt yang digunakan untuk menginstall aplikasi bisa berukuran ratusan megabyte. Selain itu, memiliki terlalu banyak cache bisa membuat komputer kamu menjadi lambat

Jika kamu adalah pengguna komputer yang baik, kamu akan memperhatikan hal ini. Dengan menghapus file sampah ini, kamu bisa membebaskan ruang penyimpanan pada perangkat kamu sehingga media penyimpanan memiliki lebih banyak ruang kosong yang bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan data-data lain yang lebih penting.

Dan tentu saja dengan menghapus file sampah dan cache, komputer kamu akan menjadi lebih cepat karena memory kamu sudah kosong dan terbebas dari cache-cache yang tidak lagi digunakan.

Jangan lupa untuk tetap hati-hati dalam menghapus file sampah ini, pastikan kamu benar-benar tidak membutuhkan file tersebut lagi.

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menghapus file sampah ini agar komputer kamu mampu bekerja menjadi lebih baik. Namun cara paling mudahnya adalah dengan menggunakan aplikasi yang bisa kamu menggunakan untuk menghapus sampah.

Dengan menggunakan aplikasi, kamu tidak perlu secara manual menghapus file-file sampah tersebut dan tidak akan membahayakan perangkat kamu. Kamu juga bisa memilih junk-junk yang ingin kamu hapus hanya dengan melakukan dengan melakukan klik.

Kamu bisa menghapus file-file sampah dan cache di Ubuntu dengan menggunakan sebuah aplikasi bernama Ubuntu Cleaner.


Cara Menghapus File Sampah dan Cache di Ubuntu Menggunakan Ubuntu Cleaner

Ubuntu Cleaner adalah sebuah ultilitas atau tools yang berfungsi untuk menghapus file-file sampah di Ubuntu. Dengan menggunakan Ubuntu Cleaner, kamu dapat menghapus file sampah dengan cara yang mudah dan efektif.

Untuk menghapus file sampah di Ubuntu dengan menggunakan Ubuntu Cleaner. Kamu harus memiliki Ubuntu Cleaner terlebih dahulu. Jika kamu belum menginstall Ubuntu Cleaner pada Ubuntu kamu, install terlebih dahulu Ubuntu Cleaner dengan mengikuti tutorial berikut.

Jika kamu sudah memiliki atau menginstall Ubuntu Cleaner pada Ubuntu kamu. Buka Ubuntu Cleaner melalui Dash Ubuntu atau menu aplikasi di Ubuntu.

Setelah aplikasi Ubuntu Cleaner terbuka, kamu akan melihat tampilan seperti pada gambar berikut:

Tampilan Ubuntu Cleaner
Tampilan Ubuntu Cleaner

Untuk melakukan scanning atau memeriksa file sampah yang ada pada perangkat kamu, pilih menu-menu pada bagian samping kiri aplikasi. Disana ada banyak jenis-jenis file sampah yang bisa kamu pilih untuk diperiksa seperti, browser cache, apt cache, old kernel dan sebagainya.

Pilih jenis file sampah yang ingin kamu periksa dengan mencentang jenis file sampah tersebut. Kamu bisa mencentang semua menu-menu tersebut jika kamu ingin memeriksa semua jenis file sampah, atau kamu bisa hanya memilih beberapa menu, seperti berikut:

Scan dan Hasil Scan File Sampah
Scan dan Hasil Scan File Sampah

Kemudian setelah memilih jenis file sampah yang ingin kamu periksa, Ubuntu Cleaner akan otomatis memeriksa semua file sampah yang ada pada sistem. Tunggu proses scanning file sampah tersebut hingga selesai. Jika sudah selesai, maka akan muncul tampilan file-file sampah yang berhasil ditemukan seperti berikut:

Pilih File Sampah yang Ingin Dihapus
Pilih File Sampah yang Ingin Dihapus

Semua daftar-daftar pada menu utama tersebut adalah semua file sampah yang berhasil ditemukan oleh Ubuntu Cleaner, kamu bisa menghapus file-file sampah tersebut sesuai dengan yang kamu inginkan.



Pilih file-file sampah yang ingin kamu hapus dengan mencetang file-file yang ingin kamu hapus, kemudian untuk menghapus file-file yang telah dipilih tersebut, pilih tombol Clean yang berada pada pojok kanan bawah aplikasi.

Menghapus File Sampah di Ubuntu
Menghapus File Sampah di Ubuntu

Kemudian tunggu proses pembersihan atau penghapusan file-file sampah tersebut hingga selesai. Jika sudah selesai, kamu sudah berhasil menghapus file sampah di Ubuntu kamu.

Lakukan pembersihan file sampah dengan rutin. Kamu bisa melakukannya 2 minggu sekali jika kamu sering melakukan instalasi aplikasi, melakukan update, atau menghapus aplikasi dan sebagainya.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here