Tidak Bisa Mount Partisi WIndows di Linux
Tidak Bisa Mount Partisi WIndows di Linux

Cara Mengatasi Error Linux Tidak Bisa Melakukan Mount Partisi NTFS Windows




Kenapa Linux Tidak Dapat Melakukan Mount Partisi Windows

Jika kamu melakuan dua sistem operasi atau dual boot distribusi Linux dengan sistem operasi Windows 10, Windows 8.1 atau Windows 8 pada perangkat kamu. Kamu pasti akan sering menemukan error atau kesalahan pada Linux saat mencoba membuka atau melakukan mount partisi yang ada pada sistem operasi Windows.

Biasanya muncul pesan gagal melakukan mount partisi dari sistem operasi Windows tersebut dengan alasan partisi tersebut berisi file sistem yang tidak bersih, seperti pada ilustrasi gambar header di atas atau seperti berikut:

Error mounting
/dev/sda6 at /media/sudoway/Multimedia: Command-line `mount -t "ntfs"
-o "uhelper=udisks2,nodev,nosuid,uid=1000,gid=1000"
"/dev/sda6" "/media/sudoway/Multimedia"' exited
with non-zero exit status 14: The disk contains an unclean file
system (0, 0).
Metadata kept in Windows cache, refused to mount. 
Failed to mount '/dev/sda6': Operation not permitted 
The NTFS partition is in an unsafe state. Please resume and shutdown 
Windows fully (no hibernation or fast restarting), or mount the volume 
read-only with the 'ro' mount option

Hal ini disebabkan oleh fitur fast startup yang ada pada sistem operasi Windows 10, Windows 8.1 dan Windows 8. Biasanya pada saat proses shutdown sebuah perangkat, semua metadata file sistem akan dibersihkan, namun ternyata hal ini tidak dilakukan pada Windows 10, Windows 8.1 dan Windows 8 karena fitur fast startup tersebut.
Fitur fast startup yang ada pada Windows tersebut menyimpan metada dari file sistem berupa cache dan registry pada saat komputer dimatikan, hal ini bertujuan agar komputer dapat melakukan startup lebih cepat pada saat dihidupkan.

Fitur fast startup tersebut yang membuat Linux tidak bisa melakukan mount partisi Windows karena pada disk tersebut masih terdapat metadata berupa cache dan registry dari sistem operasi Windows sengaja disimpan.



Mengatasi Linux Tidak Bisa Mount Partisi Windows 10, 8.1, dan 8

Agar Linux dapat melakukan mount partisi dari sistem operasi Windows tersebut, kamu dapat menggunakan perintah “ntfsfix” pada Linux untuk memperbaiki atau membersihkan disk dari metada, sehingga partisi Windows dapat di mount dan dibuka pada Linux.

Buka Terminal pada Linux kamu dengan menekan kombinasi keyboard CTRL + ALT + T atau buka Terminal melalui menu aplikasi.

Masukkan perintah berikut pada Terminal untuk membersihkan partisi Windows yang ingin kamu buka atau mount pada linux:

sudo ntfsfix /dev/sda6

Ganti kata “/dev/sda6” pada perintah tersebut dengan partisi pada perangkat kamu yang ingin dibuka atau mount. Kamu dapat melihat nama partisi (misalnya : /dev/sda6) tersebut pada pesan pemberitahuan error sebelumnya.

Setelah proses fix selesai dan berhasil. Coba lakukan mount atau buka kembali partisi Windows yang ingin kamu buka pada Linux melalui file manager. Partisi tersebut akan terbuka tanpa ada lagi pemberitahuan error. 


Penutup dan Tindakan Lanjut

Ketika kamu menghidupkan sistem operasi Windows kembali nantinya, kemudian kembali menggunakan Linux, mungkin kamu akan mengalami masalah yang sama, Linux tidak bisa melakukan mount partisi dari sistem operasi Windows.

Itu karena cara diatas tidak mengatasi masalah tersebut secara permanen, sehingga jika kamu kembali menggunakan sistem operasi Windows dan kemudian menggunakan Linux, kamu akan mengalami masalah gagal mount yang sama. Untuk mengatasinya kamu sapat memasukkan perintah tersebut kembali.

Jika kamu ingin mengatasi masalah tersebut secara permanen, kamu harus melakukannya dengan cara mematikan fitur fast startup yang ada pada sistem operasi Windows kamu.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here