Install Simple Screen Recorder
Install Simple Screen Recorder

Install Simple Screen Recorder di Ubuntu, Aplikasi Perekam Layar Desktop Kaya Fitur





Ada banyak aplikasi screen recorder atau perekam layar yang tersedia dan bisa digunakan pada sistem operasi GNU/Linux. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk menangkap layar pada desktop untuk membuat sebuah video panduan, demo, tutorial, review dan sebagainya.

Jika kamu sedang mencari-cari aplikasi screen recorder untuk perangkat kamu yang menggunakan sistem operasi GNU/Linux, kamu bisa mencoba Simple Screen Recorder, salah satu aplikasi screen recorder terbaik di Linux.

Simple Screen Recorder adalah sebuah aplikasi perekam atau penangkap layar Open Source dan gratis yang diciptakan khusus untuk sistem operasi GNU/Linux. Aplikasi ini tersedia untuk digunakan di berbagai distro Linux seperti Debian, Ubuntu, Fedora, Linux Mint, Gentoo, Slackware, Mageia dan banyak lainnya.

Simple Screen Recorder menawarkan para pengguna sebuah cara yang cepat, mudah serta efektif untuk untuk melakukan perekaman layar pada desktop mereka. Dengan tampilan yang memiliki desain sederhana, membuat para pengguna menjadi mudah untuk mengoperasikannya.

Tidak hanya itu, Simple Screen Recoder juga memiliki banyak kemampuan yang bisa kamu gunakan dalam melakukan perekaman layar. Dengan menggunakan Simple Screen Recorder, kamu bisa membuat video rekaman layar dengan seluruh layar desktop (layar penuh) atau kamu bisa merekam hanya pada area tertentu yang bisa kamu pilih.

Simple Screen Recorder memungkinkan kamu untuk melakukan pause dan resume pada saat proses perekaman yang membuat kamu lebih leluasa dalam merekam. Untuk membuat kamu bisa lebih mengontrol rekaman layar kamu, Simple Screen Recorder menampilkan statistik rekaman pada saat perekaman. Kamu juga dapat menampilkan preview rekaman langsung pada saat proses perekaman sedang berlangsung.

Fitur-fitur Simple Screen Recorder

  1. GUI (Graphical User Interfaces) yang berbasis Qt
  2. Mendukung berbagai jenis codec, seperti MKV, WebM, MP4 dan lainnya.
  3. Merekam aplikasi OpenGPL
  4. Membantu mengurangi frame rates video untuk perangkat yang memiliki spesifikasi rendah
  5. Melakukan pause dan resume pada saat proses perekaman
  6. Menampilkan statistik perekaman pada proses perekaman
  7. Bisa menampilkan preview pada saat proses perekaman
  8. Mampu melakukan sinkronisasi video dan suara dengan cukup baik
  9. Bisa digunakan untuk melakukan video live streaming
  10. Sepenuhnya multithreaded
  11. Dan banyak fitur lainnya




Install Simple Screen Recorder di Ubuntu

Untuk Ubuntu 17.04 dan lebih baru, Simple Screen Recorder sudah tersedia pada official repository Ubuntu. Kamu bisa langsung melakukan update dan menginstallnya tanpa harus menambahkan PPA repository terlebih dahulu.

Jika kamu menggunakan Ubuntu versi sebelum Ubuntu 17.04, kamu bisa menginstall Simple Screen Recorder melalui PPA repository. Tidak hanya Ubuntu, dengan tutorial ini kamu juga bisa menginstall Simple Screen Recorder pada distro turunan Ubuntu, seperti Linux Mint dan sebagainya.

Buka Terminal dengan menekan shortcut / kombinasi CTRL + ALT + T pada keyboard atau buka Terminal melalui menu aplikasi.

Setelah Terminal terbuka, masukkan perintah berikut di Terminal untuk menambah PPA repository dari Simple Screeen Recorder. Agar lebih mudah kamu bisa meng-copy perintah berikut dan kemudian lakukan paste pada Terminal dengan menekan kombinasi keyboard / shortcut CTRL + SHIFT + V pada keyboard.

sudo add-apt-repository ppa:maarten-baert/simplescreenrecorder

Kemudian setelah selesai. Lakukan update untuk memperbaharui daftar repository dan daftar aplikasi dengan menggunakan perintah berikut:

sudo apt-get update

Tunggu proses hingga selesai dan pastikan tidak terjadi error pada saat proses update. Setelah proses update selesai dan berhasil dengan baik, kamu bisa menginstall aplikasi Simple Screen Recorder dengan menggunakan perintah berikut:

sudo apt-get install simplescreenrecorder

Tunggu proses instalasi hingga selesai serta pastikan proses instalasi berhasil dan berjalan dengan baik.

Jika instalasi sudah selesai dan berhasil, kamu bisa melakukan perekaman pada layar kamu dengan menggunkan aplikasi Simple Screen Recorder.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here