Insntall Cantata dan MPD di Ubuntu
Insntall Cantata dan MPD di Ubuntu

Install Cantata dan MPD (Music Player Daemon) di Ubuntu Sebagai Aplikasi Pemutar Musik





Pada distribusi Linux, ada begitu banyak aplikasi pemutar musik yang bisa kamu pilih untuk digunakan, kamu tidak akan kekurangan pilihan jika ingin memilih aplikasi pemutar musik untuk Linux yang sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Kamu bisa memilih aplikasi pemutar musik yang ringan, pemutar musik yang kaya fitur dengan kemampuan mempuni atau aplikasi pemutar musik yang memiliki tampilan cantik sesuai dengan selera kamu, bahkan kamu bisa memutar musik melalui Terminal di Linux.

Diantara banyaknya pilihan-pilihan yang bisa kamu pilih tersebut, salah satunya adalah Cantata.

Cantata adalah sebuah aplikasi pemutar musik client yang berjalan diatas Qt dan MPD (Music Player Daemon). Cantata sebenarnya hanyalah sebuah aplikasi client yang hanya menjadi front-end atau tampilan grafisnya (GUI) yang berfungsi untuk mengatur dan mengorganisir daftar-daftar putar lagu, playlist dan sebagainya.

Jadi oleh karena itu Cantata bergantung pada MPD sebagai music server. Untuk menggunakan Cantata, kamu juga harus menginstall MPD (Music Player Daemon).

MPD adalah sebuah aplikasi open source untuk pemutar music server. Seperti namanya, MPD adalah sebuah daemon atau hanya sebuah service yang berjalan pada latar belakang sistem.

Selain Cantanta ada banyak aplikasi yang bisa digunakan sebagai front-end atau client bagi Music Player Daemon (MPD) di Linux, namun Cantata adalah salah satu yang terbaik. Cantata memiliki tampilan yang bagus, terlihat modern dengan interfaces yang simple dan bersih.

Pada awalnya Cantata berjalan dengan depedensi dari KDE, namun sejak versi Cantata 1.4 hingga sekarang, Cantata hanya mengandalkan Qt dan MPD (Music Player Daemon).

Cantata adalah aplikasi open source dan cross platform. Selain bisa digunakan pada sistem operasi Linux, Cantata juga bisa digunakan juga pada sistem operasi Windows dan OS X.



Install Cantata dan MPD (Musik Player Daemon) di Ubuntu

Jika kamu adalah pengguna distro Ubuntu dan turunannya, kamu bisa menginstall Cantata dan MPD pada desktop kamu dengan menggunakan PPA repository.

Buka Terminal dengan menekan kombinasi keyboard / shortcut CTRL + ALT + T atau buka Terminal dari menu aplikasi di Ubuntu kamu.

Kemudian masukkan perintah berikut untuk menambahkan PPA repository pada komputer kamu untuk menginstall Cantata dan MPD daemon. Agar lebih mudah kamu bisa meng-copy perintah berikut dan kemudian paste di Terminal dengan menekan kombinasi keyboard / shortcut CTRL + SHIFT + V.

Untuk pengguna KDE:

sudo add-apt-repository ppa:ubuntuhandbook1/cantata

Untuk bukan pengguna KDE:

sudo add-apt-repository ppa:ubuntuhandbook1/cantata-qt

Setelah selesai, kamu harus melakukan update untuk memperbarui daftar repository yang baru saja ditambahkan dan memperbaharui daftar aplikasi terbaru dari repository.

Masukkan perintah berikut di Terminal untuk melakukan update:

sudo apt-get update

Tunggu proses update hingga selesai dan pastikan tidak ada error pada proses update. Setelah proses update selesai dan berhasil dengan baik, install Cantata dan MPD (Music Player Daemon) pada desktop kamu dengan memasukkan perintah berikut di Terminal:

sudo apt-get install mpd cantata

Tunggu proses instalasi Cantata dan MPD daemon hingga selesai. Pastikan tidak ada error pada saat proses instalasi dan kedua aplikasi tersebut berhasil terinstall.

Untuk mulai menggunakan Cantata untukĀ  memutar musik, ketika pertama kali membuka Cantata kamu diminta untuk melakukan konfigurasi terlebih dahulu. Kamu harus melakukan sedikit konfigurasi pada Cantata dan MPD (Music Player Daemon) untuk mulai menggunakannya.

Mari sedikit bermain-main dengan Cantata dan MPD, kamu bisa mengkonfigurasi Cantata dan MPD dengan mengikuti tutorial berikut ini atau dengan membaca MPD User Manual.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here