Cara Membuat Animasi GIF Menggunakan Terminal di Linux
Cara Membuat Animasi GIF Menggunakan Terminal di Linux

Cara Membuat Animasi GIF dari Video Menggunakan Terminal di Linux





GIF adalah sebuah sebuah format file gambar yang bisa bergerak. Format ini cukup populer dalam dunia internet terutama di sosial media. Facebook, Tumblr, Flickr, Google + dan sosial media lainnya mendukung konten berformat file ini, terlebih di Twitter, format file ini sangat populer dan banyak digunakan.

Jika kamu bertanya bagaimana caranya membuat sebuah animasi GIF, kamu bisa membuat file ini dengan menggunakan aplikasi atau layanan online yang bisa membuat GIF. Selain menggunakan aplikasi atau menggunakan layanan online, di Linux kamu bisa membuat animasi GIF hanya dari Terminal.

Dengan hanya dua aplikasi atau tool sederhana di Linux, kamu bisa membuat sebuah animasi GIF dari sebuah video yang kamu inginkan. Aplikasi atau tool yang akan kita gunakan adalah FFmpeg dan ImageMagick.

Yang kamu butuhkan adalah sebuah video yang cocok dijadikan animasi GIF, akan lebih baik jika video tersebut adalah sebuah video yang lucu.

Cara Membuat GIF dari Video Menggunakan Menggunakan FFmpeg dan ImageMagick di Terminal Linux

Pertama kamu harus memiliki FFmpeg, pastikan pada Linux kamu sudah terinstall FFmpeg. Atau jika belum kamu bisa menginstall FFmpeg terlebih dahulu.

Pada distro Debian, Ubuntu dan turunannya, FFmpeg sudah tersedia pada official repositori. Jadi jika kamu menggunakan distro tersebut, kamu bisa menginstall FFmpeg dengan menggunakan perintah berikut:

sudo apt-get update
sudo apt-get installl ffmpeg

Tunggu proses instalasi hingga selesai dan berhasil.

Jika kamu sudah memiliki FFmpeg di Linux. Kamu bisa melakukan konversi video menjadi format GIF. Agar mudah, pindahkan file video yang ingin kamu ubah menjadi animasi GIF tersebut ke folder Home, dan beri nama yang singkat agar mudah diingat.

Ekstrak dan pisahkan file video tersebut menjadi frame-frame video dan simpan mereka dalam format gambar animasi GIF dengan menggunakan perintah berikut. Pastikkan kamu menggunakan format file output menjadi “out%04d.gif”, sehingga frame-frame tersebut akan diberi nama dan disimpan dengan benar sesuai urutan.

ffmpeg -t “durasi” -ss “posisi mulai dari hh:mm:ss” -i “input_video” out%04d.gif.

Ganti kata “durasi” pada perintah tersebut dengan panjang durasi GIF yang ingin kamu buat dalam satuan detik. Ganti kata “posisi mulai dari hh:mm:ss” dengan waktu mulai dari video yang ingin dijadikan GIF dalam format “jam:menit:detik”.

Ganti kata “input_video” pada perintah tersebut dengan nama video yang ingin dijadikan GIF. Sebagai contoh, jika kamu ingin membuat sebuah animasi GIF berdurasi selama 5 detik dari sebuah video bernama “bayi.mp4”.




Bagian dari video yang akan dijadikan GIF dimulai dari detik ke 12 dan akan berakhir 5 detik berikutnya, karena durasi yang diinginkan sepanjang 5 detik. Maka perintah yang harus dimasukkan adalah seperti berikut:

ffmpeg -t 5 -ss 00:00:12 -i bayi.mp4 out%04d.gif

Setelah selesai, kamu akan melihat daftar-daftar frame yang akan dibuat menjadi GIF yang bernama “out[d+].gif” pada Terminal.

Selanjutnya kita harus menggabungkan frame-frame tersebut agar menjadi sebuah file animasi GIF dengan menggunakan ImageMagick.

Pastikan komputer kamu sudah terinstall ImageMagick. Biasanya ImageMagick sudah ada atau terinstall secara default pada Linux. Namun jika belum terinstall, kamu bisa menginstall ImageMagick terlebih dahulu.

Pada distro Debian, Ubuntu dan turunannya, ImageMagick biasanya sudah tersedia pada official repositori. Jadi kamu bisa menginstall ImageMagick dengan menggunakan perintah berikut:

sudo apt-get update 
sudo apt-get install imagemagick

Tunggu proses instalasi hingga selesai dan berhasil.

Jika ImageMagick sudah terinstall. Konversi atau gabungkan frame-frame tersebut kedalam sebuah file animasi GIF menggunakan perintah berikut:

convert -delay “frame”x”fps” -loop 0 out*gif "nama_file_output"

Kata “-delay” pada perintah tersebut menentukan kecepatan animasi tersebut. Kata ini menandakan jumlah frame dalam 1 detik yang akan dibuat menjadi GiF. Kata “-loop 0” menandakan jumlah pengulangan yang tidak terbatas dari animasi GIF tersebut.

Biasanya ketika kamu melihat animasi GIF, animasi tersebut akan terus berulang-ulang ketika sudah pada ujung animasi. Jika kamu menginginkan animasi tersebut dalam jumlah perulangan terbatas, kamu bisa mengganti angka “0” tersebut dengan jumlah perulangan yang kamu inginkan.

Sebagai contoh jika kamu ingin membuat sebuah animasi GIF dengan 60 frame berbeda dalam 1 detik (60 fps) dan animasi tersebut akan melakukan perulangan tanpa batas. Maka perintahnya adalah seperti berikut :

convert -delay 1x60 -loop 0 out*.gif animasi_bayi.gif

Kata “animasi_bayi.gif” pada perintah tersebut adalah nama file output yang akan menjadi GIF.

Tunggu proses konversi dan penggabungan frame tersebut hingga selesai dan menjadi sebuah animasi GIF. Kemudian periksa folder Home, kamu akan melihat sebuah animasi GIF yang bernama “animasi_bayi.gif”

Kamu sudah berhasil membuat sebuah animasi GIF dari sebuah video.

Selanjutnya kamu bisa mengurangi ukuran file animasi GIF yang sudah kamu buat tersebut sehingga menjadi lebih kecil dengan mengompres atau sedikit mengurangi kualitas dari gambar animasi tersebut. Ini opsional.

Kita akan kembali menggunakan tool ImageMagick dengan fitur optimizer GIF. Masukkan perintah berikut untuk mengurangi ukuran file animasi tersebut.

convert -layers Optimize animasi_beruang.gif beruang_kecil.gif

Kata “beruang_kecil.gif” merupakan nama file hasil dari pengurangan ukuran animasi tersebut. Kamu bisa mengubah nama file tersebut dengan nama yang lain sesuai dengan yang kamu inginkan.

Tunggu proses kompres hingga selesai. Kemudian periksa kembali folder Home kamu, maka akan ada file animasi GIF baru dalam ukuran yang lebih kecil yang bernama “bayi_kecil.gif” atau sesuai dengan nama yang kamu masukkan pada perintah tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here