Mengatasi Error Update (Apt-transport-https) di Kali Linux

Posted on

Mengatasi Error Tidak Terinstal Apt-transport-https Saat Melakukan Update di Kali Linux

Beberapa waktu yang lalu, saya sempat bingung dengan Kali Linux yang saya gunakan pada perangkat saya. Mengapa? Karena ketika saya ingin melakukan update setelah menambahkan repository muncul sebuah output atau pesan error pada perangkat saya seperti pada gambar di bawah:

Mengatasi Error Apt-transport-https dan Install Apt-transport-https di Kali Linux
Error Pada Saat Update Repository

Pesan error tersebut menyatakan bahwa tidak ditemukannya sebuah file atau method driver “/usr/lib/apt/methods/https” pada Kali Linux saya. Hal ini berarti package “apt-transport-https” belum terinstall pada perangkat tersebut.

Pesan tersebut muncul ketika saya melakukan update repository setelah menambahkan beberapa repository dari Debian pada source list repository atau file “/etc/apt/sources.list” di Kali Linux saya. Setelah ditelusuri, ternyata hal ini terjadi karena saya menambahkan repository versi secure yaitu baris “deb https://foo distro main” pada sources list repository saya.

Dimana ternyata Kali Linux membutuhkan package “apt-transport-https” agar dapat menggunakan repository tersebut. Apt-transport-https adalah sebuah package yang memungkin APT untuk melakukan download dari repository versi secure atau repository yang menggunakan protokol HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure).

Mungkin beberapa dari anda pernah mengalami masalah yang sama seperti saya, terjadi error tersebut pada saat menambahkan repository Debian atau repository tertentu pada Kali Linux. Nah, anda tidak perlu panik dan bingung jika permasalahan yang sama juga terjadi pada anda, anda hanya perlu menginstall package “apt-transport-https”.

Install Paket Apt-transport-https di Kali Linux

Untuk menginstall package “apt-transport-https” di Kali Linux, anda harus memiliki package “apt-transport-https” terlebih dahulu. Anda bisa mendownload package “apt-transport-https” tersebut disini.

Mengatasi Error Apt-transport-https dan Install Apt-transport-https di Kali Linux
Download Apt-transport-https Sesuai Dengan Arsitektur OS

Pilih dan download package tersebut sesuai dengan jenis atau arsitektur dari Kali Linux yang anda gunakan pada perangkat anda. Disini saya menggunakan Kali Linux dengan arsitektur 64 bit, jadi saya mendownload package “apt-transport-https” versi amd64.

Setelah berhasil mendownload package “apt-transport-https” tersebut sesuai dengan arsitektur dari sistem operasi yang anda gunakan. Kemudian periksa dimana file package hasil download tersebut tersimpan. Pindahkan saja file package tersebut ke folder “/home” agar lebih mudah saat melakukan instalasi, seperti gambar dibawah.

Mengatasi Error Apt-transport-https dan Install Apt-transport-https di Kali Linux
Pindahkan File Package Apt-transport-https ke /home

Setelah memindahkan file package tersebut ke folder “/Home”. Buka Terminal di Kali Linux anda untuk menginstall file package tersebut. Install package tersebut dengan menggunakan perintah berikut :

dpkg -i nama_package.deb

Ganti kata “nama_package” pada perintah tersebut dengan nama file package yang sudah anda download tersebut. Contoh pada perangkat saya, sesuai dengan package yang saya download, perintahnya adalah seperti berikut:

dpkg -i apt-transport-https_1.0.9.8.4_amd64.deb

Kemudian tekan Enter dan tunggu proses instalasi package tersebut hingga selesai dan
pastikan tidak ada pesan error pada saat proses instalasi.

Setelah proses instalasi package tersebut selesai dan tidak terjadi error pada saat proses instalasi. Kemudian periksa apakah APT sudah bisa melakukan download dari repository versi secure atau HTTPS dengan mencoba melakukan update dan upgrade kembali. Lakukan update dan upgrade dengan menggunakan perintah berikut:

apt-get update && apt-get upgrade

Pastikan pesan error seperti sebelumnya tidak muncul kembali dan anda sudah bisa melakukan update repository pada Kali Linux anda, walaupun dari repository versi secure.Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda menyelesaikan permasalahan yang sedang anda hadapi. Salam Linuxers!