Install VLC Media Player 2.2.4 di Ubuntu

Posted on

Install VLC Media Player 2.2.4 (Terbaru) di Ubuntu

VLC Media Player atau yang lebih dikenal dengan VLC adalah sebuah aplikasi pemutar berbagai file-file multimedia, baik berupa video ataupun audio. VLC mendukung berbagai format file audio dan video seperti MPEG Layer 1/2, MP3 – MPEG Layer 3, DivX (1/2/3/4/5/6), Ogg, MPEG-4 ASP, XviD, 3ivX D4 dan lain sebagainya.

Selain dapat memutar file-file multimedia dari komputer lokal, VLC Media Player juga dapat digunakan untuk memutar file-file multimedia dari CD dan DVD, atau melakukan streaming dari internet, serta bisa dijadikan sebagai server untuk kebutuhan streaming di jaringan area lokal ataupun internet.

VLC Media Player adalah sebuah aplikasi yang open source dan multi platform. VLC Media Player menjadi aplikasi pemutar video populer yang banyak digunakan di berbagai sistem operasi. VLC Media Player tersedia untuk digunakan di berbagai sistem operasi, termasuk sistem operasi GNU/Linux, Windows, OS X, iOS, Android, FreeBSD dan sebagainya.

Meski jika dilihat dari tampilannya cukup sederhana dan simpel, VLC Media Player kaya akan fitur-fitur yang sangat lengkap sebagai sebuah aplikasi pemutar file-file multimedia, baik fitur utama ataupun fitur tambahan, seperti kemampuan menampilkan subtitle video, tag format, konversi atau merubah format file, fitur filter, skin yang bisa diganti dengan berbagai skin yang tersedia, dapat dioperasikan melalui berbagai interface, dan dukungan penggunaan Bahasa dalam aplikasi yang sangat banyak termasuk Bahasa Indonesia.

Salah satu kelebihan yang membuat VLC Media Player sangat disukai oleh para penggunanya adalah VLC Media Player memilki codec yang sangat lengkap, sehingga bisa memutar hampir semua format file audio atau video yang ada. Dengan begitu pengguna tidak membutuhkan banyak aplikasi pemutar video dan audio untuk memutar format file yang berbeda-beda, pengguna hanya cukup memiliki VLC Media Player sebagai pemutar video dan audio di perangkat mereka.

Selain itu, sebagai aplikasi yang bisa digunakan secara cuma-cuma, VLC Media Player juga tidak memasang iklan pada aplikasi mereka. Hal ini memberi kenyamanan lebih bagi pengguna dibanding dengan beberapa aplikasi pemutar video atau audio lain yang memilih memasang iklan pada aplikasi mereka.

Versi rilis stable terbaru dari VLC Media Player adalah VLC Media Player versi 2.2.4.

Install VLC Media Player di Ubuntu, Linux Mint dan Turunan Ubuntu Lainnya.

Sementara VLC Media Player sudah merilis VLC Media Player versi 2.2.4 sebagai versi terbaru dari aplikasi VLC Media Player. Namun pada official repository Ubuntu, versi VLC Media Player yang tersedia adalah masih versi 2.2.2.

Kamu tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan VLC Media Player versi 2.2.4 pada perangkat kamu yang menggunakan distro Ubuntu, ataupun distro turunan Ubuntu seperti Linux Mint dan lainnya. Kamu bisa mengikuti tutorial berikut.

Buka Terminal dengan menekan kombinasi keyboard / shortcut CTRL + ALT + T atau buka Terminal melalui menu aplikasi.

Kemudian masukkan perintah berikut di Terminal untuk menambahkan PPA repository agar dapat menginstall VLC Media Player 2.2.4. Kamu bisa copy, kemudian paste perintah berikut di Terminal dengan menggunakan kombinasi keyboard / shortcut CTRL + SHIFT + V :

sudo add-apt-repository ppa:videolan/stable-daily

Setelah berhasil menambah PPA repository untuk VLC Media Player, ketikkan perintah berikut di Terminal untuk memperbaharui daftar repository dan daftar-daftar aplikasi di repository:

sudo apt-get update

Setelah melakukan update dan daftar aplikasi telah diperbaharui. Kemudian kamu dapat menginstall VLC Media Player di perangkat kamu dengan menggunakan perintah berikut :

sudo apt-get install vlc

Tunggu proses instalasi hingga selesai, dan pastikan tidak ada error pada saat proses instalasi.

Setelah proses instalasi selesai, kamu dapat membuka VLC Media Player melalui menu aplikasi dan memutar berbagai format file multimedia untuk menonton Film dan sebagainya.