Install Pemutar Musik Audacious di Linux
Install Pemutar Musik Audacious di Linux

Install Aplikasi Pemutar Musik Audacious 3.8.2 (Terbaru) di Ubuntu





Audacious adalah sebuah aplikasi pemutar musik yang gratis dan open source. Audacious merupakan turunan dari aplikasi pemutar musik XMMS yang sudah diberhentikan perkembangannya karena beberapa alasan.

Audacious adalah sebuah pemutar musik yang ringan, menggunakan pemutar musik Audacious kamu bisa memutar musik atau lagu pada perangkat kamu tanpa perlu takut Audacious akan mencuri dan menghabiskan banyak sumber daya perangkat kamu, sehingga sumber daya tersebut bisa digunakan oleh aplikasi-aplikasi lain.

Audacious memiliki banyak fitur-fitur atau kemampuan-kemampuan yang cukup mumpuni seperti yang para pengguna butuhkan terhadap sebuah aplikasi pemutar musik, sehingga membuat kamu nyaman menggunakan Audacious dalam memutar musik.

Audacious memungkinkan kamu menambahkan dan memutar musik di Audacious dengan cara menarik sebuah folder, sebuah file atau banyak file musik dari Window Manager dan menjatuhkannya ke Audacious, atau lebih dikenal dengan istilah drag and drop. Audacious juga memiliki tampilan atau user interfaces yang cantik, kamu bisa menggunakan sebuah tampilan interfaces yang modern dengan tema GTK atau kamu juga dapat menggunakan skin dengan tampilan Winamp Classic.

Kemudian kamu dapat mencari sebuah album, seorang penyanyi atau sebuah Band dalam Library musik di Audacious, kamu dapat membuat dan mengedit playlist atau daftar putar lagu yang berisi lagu-lagu sesuai dengan yang kamu inginkan. Audacious memungkinkan kamu untuk memutar musik dari CD / DVD atau melalui internet. Kamu juga bisa menampilkan sebuah visual grafis dari efek suara dengan menggunakan equalizer atau efek LSDPA.

Selain itu, dengan menggunakan plugin tambahan untuk Audacious, sehingga kamu bisa menampilkan lirik dari sebuah lagu yang sedang kamu putar di Audacious, menyetel atau mengatur sebuah alarm yang bisa membangunkan kamu di pagi hari dan banyak fitur-fitur lainnya.

Audaciuos adalah aplikasi pemutar musik yang cross platform. Selain pada sistem operasi GNU/Linux, aplikasi pemutar musik Audacious juga tersedia untuk digunakan pada sistem operasi Windows dan turunan-turunan dari BSD.

Meski sebagai sebuah aplikasi open source, pengembangan Audacious cukup aktif dan masih terus berjalan. Developer yang merupakan para volunteer terus mengembangkan pemutar musik Audacious dan terus merilis versi-versi baru dari Audacious dengan berbagai pembaharuan dan perbaikan.

Versi terbaru dari aplikasi pemutar musik Audacious adalah Audacious versi 3.8.2, Audacious 3.8.2 adalah rilis minor yang dirilis pada tanggal 20 Januari 2017 silam.



Install Audacious 3.8.2 di Ubuntu, Linux Mint dan Turunan Ubuntu Lainnya.

Untuk menginstall pemutar musik Audacious di distro Ubuntu 16.04 dan Ubuntu 16.10, serta distro Linux lain yang merupakan turunan dari Ubuntu seperti Linux Mint dan sebagainya. Kamu bisa melakukan penginstalan Audacious dengan menggunakan PPA repository.

Buka Terminal dengan menekan kombinasi keyboard / shortcut CTRL + ALT + T atau buka Terminal melalui Dash Ubuntu (menu aplikasi).

Masukkan perintah berikut di Terminal untuk menambahkan PPA repository untuk menginstall Audacious. Kamu bisa meng-paste perintah tersebut di Terminal dengan menekan kombinasi keyboard / shortcut CTRL + SHIFT + V:

sudo add-apt-repository ppa:nilarimogard/webupd8

Kemudian setelah berhasil menambahkan PPA repository. Ketikkan perintah berikut di Terminal untuk melakukan update repository agar daftar-daftar aplikasi di daftar repository dapat diperbaharui:

sudo apt-get update

Setelah proses update repository selesai, install aplikasi pemutar musik Audacious dan plugin tambahannya dengan menggunakan perintah berikut :

sudo apt install audacious audacious-plugins

Tunggu proses instalasi hingga selesai dan pastikan tidak ada error pada saat proses instalasi.

Jika berhasil, kamu dapat membuka aplikasi Audacious di menu aplikasi dan mulai memutar musik dengan menggunakan aplikasi pemutar musik Audacious.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here