Install Whatever di Linux
Install Whatever di Linux

Install Whatever, Aplikasi Desktop Client Evernote untuk Sistem Operasi Linux





Evernote adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk membuat catatan atau mencatat hal-hal penting, menyimpan ide-ide yang terlintas, dan mengumpulkan artikel-artikel bagus yang ditemukan saat melakukan browsing untuk dilihat lagi pada kemudian hari.

Aplikasi ini sangat berguna bagi orang-orang yang pelupa atau orang sibuk yang mengerjakan banyak hal, penulis dan blogger yang ingin menyimpan ide yang terlintas sementara di pikiran mereka untuk dibuka lagi nantinya.

Bagi kamu seorang perencana yang suka membuat to-do-list atau daftar-daftar hal-hal yang harus dilakukan, kamu juga bisa membuat to-do-list di Evernote, kemudian kamu dapat mencentang daftar-daftar tersebut jika telah kamu selesai mengerjakannya.

Dengan menggunakan Evernote kamu dapat membuat dan kemudian menyimpan catatan secara online, catatan-catatan yang kamu buat sebelumnya menggunakan Evernote di smartphone, dapat dibuka nantinya di Evernote versi desktop, sehingga kamu tidak perlu melakukan pengetikan ulang jika kamu harus bekerja pada perangkat lain.

Evernote memiliki 3 menu utama yaitu ; Auto Categories, My Categories , Keywords. Dalam menu-menu tersebut terdapat lagi sub-sub menu dan fitur-fitur lainnya yang sangat memudahkan kamu dalam menggunakan Evernote.

Tapi sayangnya, aplikasi Evernote untuk desktop hanya tersedia untuk sistem operasi Windows dan OS X, Evernote tidak menyediakan aplikasi untuk para pengguna sistem operasi GNU/Linux.

Bagi kamu pengguna sistem operasi GNU/Linux tetap bisa menggunakan Evernote versi web yang bisa dijalankan di berbagai web browser. Namun tidak semua orang nyaman menggunakan versi web, aplikasi desktop lebih nyaman dibandingkan dengan versi web.

Jika kamu tetap ingin menggunakan Evernote versi aplikasi di Linux kamu, kamu bisa menggunakan Whatever, sebuah aplikasi unofficial Evernote untuk sistem operasi GNU/Linux.

Whatever adalah sebuah aplikasi open-source yang unofficial atau tidak resmi untuk sistem operasi GNU/Linux. Whatever dibuat dengan menggunakan framework Electron. Aplikasi yang dibuat dengan menggunakan Electron dikenal banyak memakan RAM, tapi bagaimanapun Whatever cukup ringan.

Whatever memiliki semua fitur yang dimiliki oleh Evernote versi web. Whatever terintegrasi dengan sistem, sehingga dapat ditampilkan di dock dan tray icon untuk membuka Whatever melalui tray icon.



Install Whatever di Debian, Ubuntu, Linux Mint dan Distro Dengan Package Sejenis.

Install Whatever, Aplikasi Evernote untuk Linux
Tampilan Whatever

Untuk menginstall Whatever pada sistem operasi GNU/Linux khususnya distro dengan file package “.deb” seperti Debian dan turunannya; Ubuntu, Linux Mint, dan sebagainya.

Masukkan perintah berikut untuk mendownload file instalasi Whatever dengan menggunakan Wget.

Untuk arsitektur 64 bit :

wget https://jaist.dl.sourceforge.net/project/whatever-evernote-client/v1.0.0/Whatever_1.0.0_amd64.deb

Untuk arsitektur 32 bit :

wget https://jaist.dl.sourceforge.net/project/whatever-evernote-client/v1.0.0/Whatever_1.0.0_i386.deb

Tunggu proses download hingga selesai. Seteleh proses download selesai, masukkan perintah berikut untuk melakukan instalasi:

Untuk arsitektur 64 bit :

sudo dpkg -i Whatever_1.0.0_amd64.deb

Untuk arsitektur 32 bit :

sudo dpkg -i Whatever_1.0.0_i386.deb

Tunggu proses intalasi hingga selesai dan pastikan tidak ada error.  Jika terdapat error pada saat proses instalasi karena tidak adanya dependency libappindicator , jalan perintah berikut di Terminal untuk menginstallnya :

sudo apt-get -f install

Kemudian tunggu hingga proses selesai. Lakukan ulang proses instalasi Whatever dengan perintah instalasi seperti sebelumnya.

Setelah selesai, kamu dapat membuka Whatever melalui menu aplikasi, atau cari di Dash Ubuntu jika kamu menggunakan Ubuntu.

Kamu dapat melukan login jika sudah memiliki akun Evernote, atau jika kamu belum memiliki akun Evernote, kamu dapat membuat akun Evernote atau menggunakan akun Google.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here