Install Pemutar Musik Clementine
Install Pemutar Musik Clementine

Install Pemutar Musik Clementine di Ubuntu





Clementine adalah sebuah aplikasi pemutar musik yang gratis, open source dan cross plaform, yang tersedia untukĀ  berbagai sistem operasi termasuk Windows, OS X dan GNU/Linux.

Dalam pengembangannya, Clementine mengutamakan kecepatan aplikasi serta tampilan yang user friendly sehingga membuat pengguna mudah untuk menggunakan Clementine khususnya dalam memutar dan mencari musik.

Diantara banyaknya pemutar musik yang tersedia untuk digunakan pada sistem operasi GNU/Linux, Clementine menjadi salah satu pemutar musik yang populer dan disukai oleh pengguna sistem operasi GNU/Linux.

Meski mengutamakan kemudahan penggunaan (easy to use) dengan menggunakan tampilan simpel sehingga mudah untuk digunakan, namun Clementine juga terlihat cukup cantik.

Selain itu, Clementine memiliki banyak fitur-fitur yang dibutuhkan dan membuat pengguna suka dalam menggunakan Clementine. Berikut beberapa fitur yang dimiliki oleh Clementine :

  1. Bisa mendengarkan musik dari sumber-sumber internet seperti Radio, layanan musik streaming SoundCloud, Grooveshark dan sebagainya.
  2. Membuat daftar putar atau playlist cerdas otomatis berdasarkan lagu-lagu yang sering kamu dengarkan, berdasarkan lagu-lagu yang baru ditambahkan, berdasarkan lagu-lagu yang terakhir kali diputar dan sebagainya. Kamu juga dapat membuat daftar putar kamu sendiri dari lagu-lagu yang kamu pilih.
  3. Memutar musik dari CD/DVD
  4. Menampilkan visualisasi dari efek-efek suara.
  5. Dengan syarat tertentu, Clementine juga bisa menampilkan lirik, foto dan biografi penyanyi dari lagu tersebut.
  6. Merubah format musik ke dalam format MP3, Ogg Vorbis, Ogg Speex, FLAC atau AAC.
  7. Kamu juga bisa meremote aplikasi Clementine dari Android dengan menggunakan Clementine Remote.
  8. Serta banyak fitur-fitur lainnya.

Versi terbaru dari Clementine adalah Clementine versi 1.3.1 yang dirilis pada tanggal 19 April 2016. Clementine versi 1.3.1 adalah rilis minor yang merupakan perbaikan dari Clementine versi 1.3.0.

Cara Install Clementine di Ubuntu 16.04

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menginstall Clementine di distro UbuntuĀ  16.04 serta turunannya seperti Linux Mint dan lainnya. Yaitu dengan menggunakan file package format “.deb” dan dengan menggunakan PPA repository.



Install Clementine Dengan Menggunakan File Package Deb

Untuk menginstall Clementine 1.3.1 dengan menggunakan File Deb. Buka Terminal dengan menekenan kombinasi keyboard / shortcut CTRL + ALT + T atau buka Terminal melalui menu aplikasi.

Setelah Terminal terbuka, copy dan paste perintah berikut untuk mendownload file package deb Clementine (tekan kombinasi keyboard / shortcut CTRL + SHIFT + V untuk paste di Terminal).

Untuk Ubuntu arsitektur 32 bit :

wget https://github.com/clementine-player/Clementine/releases/download/1.3.1/clementine_1.3.1-xenial_i386.deb

Untuk Ubuntu arsitektur 64 bit :

wget https://github.com/clementine-player/Clementine/releases/download/1.3.1/clementine_1.3.1-xenial_amd64.deb

Tunggu proses download hingga selesai. Jika proses download sudah selesai, install Clementine di Ubuntu kamu dengan menggunakan perintah berikut :

Untuk Ubuntu arsitektur 32 bit :

sudo dpkg -i clementine_1.3.1-xenial_i386.deb

Untuk Ubuntu arsitektur 64 bit :

sudo dpkg -i clementine_1.3.1-xenial_amd64.deb

Jika pada saat proses instalasi terdapat error yang dikarenakan tidak terinstalnya beberapa paket atau dependensi yang yang dibutuhkan pada komputer kamu, masukkan perintah berikut untuk menginstal paket atau dependensi yang dibutuhkan tersebut:

sudo apt-get install -f

Tunggu dan pastikan proses instalasi dependensi tersebut selesai dan berhasil. Seteleh berhasil menginstall paket-paket atau depedensi-depedensi tersebut. Install ulang Clementine dengan perintah instalasi yang sebelumnya kamu gunakan.

Install Clementine Dengan Menggunakan PPA repository:

Untuk menginstall Clementine terbaru di Ubuntu 16.04 dengan menggunakan PPA repository official Clementine. Buka Terminal dengan menekan kombinasi keyboard / shortcut CTRL + ALT + T atau dengan membuka Terminal melalui menu aplikasi.

Kemudian copy dan paste perintah berikut di Terminal :

sudo add-apt-repository ppa:me-davidsansome/clementine

Setelah berhasil menambahkan PPA repository Clementine. Lakukan update repository untuk memperbaharui daftar-daftar aplikasi dengan menggunakan perintah berikut:

sudo apt-get update

Tunggu proses update hingga selesai. Setelah update selesai, Install dengan menggunakan perintah berikut:

sudo apt-get install clementine

Tunggu proses instalasi hingga selesai dan pastikan tidak adanya pemberitahuan error pada saat proses instalasi.

Setelah proses instalasi selesai, kamu dapat buka Clementine di menu aplikasi dan memutar lagu dengan menggunakan Clementine.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here