Install Code Blocks 16.01 di Ubuntu

Posted on

Install IDE Code Blocks 16.01 (Terbaru) di Ubuntu

Apa itu Code::Blocks?

Code::Blocks adalah sebuah IDE untuk bahasa pemrograman C, C++, dan Fortran yang open source dan cross-platform. Code::Blocks tersedia untuk platform Microsoft Windows, Mac OS X, GNU/Linux dan FreeBSD.

Perlu dicatat, Code::Blocks adalah sebuah IDE, bukan sebuah compiler atau linker, sehingga dalam package-nya, Code::Blocks membutuhkan dan menyertakan external compiler seperti MinGW/GCC.

Code::Blocks didesain untuk compatible dengan banyak compiler, termasuk MinGW/GCC seperti yang disebutkan diatas, Visual C++, Digital Mars, Borland C++, LLVM Clang, Watcom, LCC, dan Intel C++ Compiler. Selain bahasa pemrograman C++, juga tersedia compiler untuk bahasa pemrograman lain seperti GNU Fortran, Digital Mars D, dan GNU GDC.

Code::Blocks dilengkapi dengan adanya fasilitas plugin-plugin, sehingga penambahan fitur baru dapat dilakukan dengan cara menginstall plugin tersebut sesuai yang diinginkan. Fitur-fitur yang tersedia tergantung dengan plugin-plugin yang diinstall.

Pada penggunaannya sekarang, Code::Blocks lebih tersedia sebagai alat pengembangan dalam bahasa pemromgraman C dan C++, walau pada kenyataannya Code::Blocks juga bisa disesuaikan dengan melakukan pemasangan tambahan untuk mengembangkan perangkat lunak lainnya seperti GTK+, ARM, AVR, DirectX, FLTK, Fortran, MATLAB, OGRE, OpenGL, Qt, GLFW, GLUT, Lightfeather, SDL, SFML, STL, SmartWin dan lain-lain.

Install Code::Blocks 16.01 di Ubuntu

Sebenarnya Ubuntu sudah menyediakan Code::Blocks pada repository-nya. Namun Code::Blocks yang disediakan tersebut adalah Code::Blocks versi yang sudah lama. Sedangkan versi terbaru Code::Blocks yang sekarang adalah Code::Blocks 16.01 yang memilki berbagai pembaruan fitur dan peningkatan, serta perbaikan dari versi sebelumnya.

Untuk menginstall Code::Blocks 16.01, tambahkan terlebih dahulu Stable PPA dari Code::Blocks. Buka Terminal di Ubuntu melalui Dash, atau dengan menekan kombinasi CTRL + ALT + T pada keyboard.

Setelah Terminal terbuka, ketik atau copy-paste perintah berikut pada Terminal untuk menambahkan PPA repository Code::Blocks.

sudo add-apt-repository ppa:damien-moore/codeblocks-stable

Kemudian lakukan update dan install Code::Blocks dengan mengetikkan perintah berikut di Terminal.

sudo apt update
sudo apt install codeblocks

Tunggu proses update dan instalasi hingga selesai. Setelah selesai, restart atau log out terlebih dahulu Ubuntu agar Code::Blocks dapat muncul di Dash atau menu aplikasi. Selamat!