Rilis Archstrike Distro Baru Linux untuk Pentesting
Rilis Archstrike Distro Baru Linux untuk Pentesting

Rilis Resmi ArchStrike, Distro Pentesting Baru Berbasis Arch Linux





Pengembang ArchStrike telah mengumumkan bahwa ArchStrike telah di-built dalam file ISO dan tersedia secara resmi. Melalui halaman situs web resmi dan akun twitter official ArchStrike, mereka mengatakan bahwa dengan sangat semangat mengumumkan rilis resmi pertama ArchStrike.

Release ArchStrike Announce
Tweet Pengumuman Rilis Pertama ArchStrike

Kabar ini menjadi kabar gembira untuk para penetration tester, security profesional, dan penggemar hacking yang ingin belajar tentang ethickal hacking. Dengan hadirnya ArchStrike, semakin bertambah banyak distribusi-distribusi dari sistem operasi GNU/Linux yang ditujukan khusus dan berisi perlengkapan-perlengkapan untuk menguji keamanan atau penetration testing

Sebelumnya sudah ada BackTrack yang sudah melegenda, Kali Linux yang disebut-sebut sebagai lanjutan BackTrack, ada Juga Parrot OS, BlackArch yang juga berbasis Arch Linux sama seperti ArchStrike dan banyak lainnya. Serta ada juga DracOS, distribusi untuk penetration testing yang dibuat oleh para developer Tanah Air.

ArchStrike adalah sebuah distribusi Linux yang ditujukan untuk keperluan pengujian penetrasi security profesional. ArchStrike dibuat berbasis distribusi Arch Linux yang terkenal ringan dan bersih. Salah satu tujuan pembuatan ArchStrike adalah agar Arch Linux memiliki element sendiri dalam keamanan.

Mungkin ArchStrike terdengar asing atau terdengar baru di telinga kita. Sebenarnya project ini sebelumnya bernama ArchAssault.

Kemudian project tersebut diambil alih oleh brand yang baru. Dengan dimabil alihnya project tersebut, para pengembang ArchStrike menjanjikan kepada para pengguna akan menyajikan sistem operasi untuk penetration testing yang bleeding-adge, open source, dan gratis untuk digunakan oleh siapa saja yang ingin menguji keamanan pada infrastruktur dan sistem mereka.

ArchStrike tersedia untuk sistem 32 bit (i686), 64 bit (x86_64), ARMv6, ARMv7. Secara default, ArchStrike menggunakan OpenBox Window Manager (WM) yang terkenal cukup ringan, seperti ciri khas Arch Linux. ArchStrike mengikuti standard Arch Linux.

ArchStrike memiliki lebih dari 1200 tool untuk pengujian dan peneletian keamanan yang tersedia secara pra instalasi.

ArchStrike memiliki dua repository, yaitu “archstrike” dan “archstrike-testing”. Repository “archstrike” adalah repository yang official, stable untuk ArchStrike Packages. Packages dalam repository ini sudah ditinjau, dicoba, dan akan terus diperbaharui.